JULY SPECIAL ! DISKON 96%
Belajar Data Science Bersertifikat, 12 Bulan hanya 180K!
0 Hari 0 Jam 10 Menit 39 Detik

Simak Ragam Project Data Analyst, Yuk Coba!

Belajar Data Science di Rumah 02-Juli-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-jumat-03-1-2023-06-30-194508_x_Thumbnail800.jpg

Data analyst dan juga project data adalah satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Karena pada dasarnya, ketika kita terjun ke dalam dunia kerja sebagai data analyst, kita akan dihadapkan dengan berbagai macam project untuk menjawab permasalahan yang ada. Semakin banyak project yang berhasil diselesaikan maka akan menunjukkan bahwa kita semakin mahir sebagai data analyst.


Di dalam project data analyst akan menampilkan sebuah proses analisis, yang dimulai dari kita menemukan sumber datanya sampai dengan kita membersihkan data tersebut dan juga memproses data tersebut. Project data ini akan sangat berguna bagi seorang calon data analyst untuk bisa mendapatkan sebuah pengalaman menggunakan tools dan juga teknik analisis data yang berbeda-beda. Nah, dalam artikel kali ini kita akan membahas ragam jenis project data analyst. Jadi simak artikel berikut ini ya!


1. Proyek Chatbot dengan Menggunakan Python

Chatbot adalah sebuah bagian yang cukup penting bagi sebuah bisnis. Banyak sekali bisnis yang menawarkan layanan ini kepada para customer atau pelanggan mereka dan hal ini membutuhkan banyak sekali tenaga, waktu dan juga usaha untuk bisa menangani banyaknya pelanggan ini. Nah, dengan menggunakan chatbot ini bisa mengotomatiskan sebagian besar interaksi antara penjual dan pelanggan dengan menjawab beberapa pertanyaan yang cukup sering diajukan oleh para pelanggan. Terdapat dua jenis chatbot ada Chatbot Domain-Specific dan juga Chatbot Open-domain. Chatbot Domain-specific sering dipergunakan untuk keperluan memecahkan beberapa masalah tertentu. Jadi, kalian perlu menyesuaikannya dengan baik agar fungsi chatbot ini menjadi efektif di dalam domain kalian. Sedangkan untuk chatbot open-domain berguna untuk ditanyai jenis pertanyaan apapun, sehingga butuh dilatih dengan data dalam jumlah yang cukup besar.

Data Analyst

Credit by Deriota


Baca juga : Kenali Perbedaan Data Scientist, Data Analyst dan Data Engineer


2. Sistem Rekomendasi Film

Dalam proyek kali ini, kita akan menggunakan bahasa pemrograman R untuk melakukan rekomendasi film dengan melalui machine learning. Sistem rekomendasi ini mengirimkan saran kepada pengguna dengan melalui pemfilteran dengan berdasarkan preferensi pengguna lain dan juga riwayat penjelajahan milik pengguna. Misalnya seperti A dan B menyukai film action dan B menyukai romance, film dengan genre romance bisa disarankan kepada A yang mungkin menyukainya juga. Ini bisa membuat pelanggan tetap terlibat dengan platform yang mereka pakai.

Data Analyst

Credit by Telkomsel


3. Eksplorasi Data Ritel Dengan R

Project dengan menggunakan bahasa R lainnya adalah eksplorasi data ritel. Ritel merupakan bisnis yang biasa terlibat di dalam proses penjualan barang maupun jasa dalam jumlah eceran. Biasanya para konsumennya akan memiliki tujuan untuk menggunakan secara pribadi. Dengan demikian tentu saja pada bidang ritel ini akan menghasilkan banyak sekali data yang perlu untuk dianalisis. Contohnya adalah data customer, data penjualan, data produk, dan masih banyak lagi. Data ritel ini bisa kalian coba untuk menjadi sebuah project data analyst dengan menggunakan cara eksplorasi data ritel tersebut.

Data Analyst

Credit by Information Age


Baca juga : Data Analyst vs Data Scientist, Yuk Kenali Perbedaannya 


4. Analisis Produk dan Customer

Project yang satu ini membuat kalian untuk melakukan analisis terhadap performa produk dan uga desain marketing sehingga dapat mengetahui kebutuhan apa saja yang dibutuhkan oleh para customer. Kalian dapat mulai untuk menganalisis perilaku pelanggan terhadap produk tertentu seperti kebiasaan belanja, voucher yang digunakan, paket yang sering dibeli secara berulang. 


Dengan adanya hal tersebut tim marketing akan lebih mudah untuk mendapatkan insight dan melakukan perbaikan terhadap strategi marketing yang  lebih tepat lagi. Biasanya upaya analisis demikian dengan mudah dilakukan dengan menggunakan SQL. Karena tidak dibutuhkan banyak sekali tahapan selain pemahaman akan pengolahan database sesuai dengan kebutuhan datanya. Kalian dapat menggunakan Db Browser, PostgreSQL, ataupun dengan menggunakan MySQL.

Data Analyst

Credit by Ilmu Ekonomi ID


Sahabat DQ telah mengetahui bagaimana cara pertajam skill dengan mengikuti pelatihandata analyst. Lantas bagaimana caranya ? Caranya mudah, cukup signup sekarang ke DQLab.id lalu pilih menu My Class. Setelah itu kamu sudah bisa menikmati pembelajaran yang praktis dan aplikatif dan jago algoritma data science bersama DQLab! Tunggu apa lagi? Yuk, signup sekarang dan mulai belajar Module Premium di DQLab!


Data Analyst


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login