PROMO PAYDAY! SERBU PAKET DATA SCIENCE 3 BULAN CUMA 100K!
Diskon Spesial 95% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 20 Jam 53 Menit 28 Detik 

Simak Tutorial Pemula Mahir Jadi Data Scientist Profesional

Belajar Data Science di Rumah 15-September-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/71d5ae2e161b1772eaf4e377786fb5ac_x_Thumbnail800.jpg

Perkembangan data di era teknologi 4.0 ini telah dirasakan dampaknya di berbagai bidang. Adanya data ini perlu dianalisis lebih lanjut oleh para praktisi data untuk menghasilkan informasi atau suatu kesimpulan yang dapat digunakan oleh perusahaan untuk mencapai tujuannya.


Salah satu profesi yang bertanggung jawab dalam hal tersebut adalah data scientist. Lalu, jika ingin turut terjun dalam dunia data, bagaimana menjadi data scientist yang profesional?


Data scientist adalah sebuah profesi yang secara umum bertanggung jawab menganalisis data untuk menghasilkan suatu kesimpulan yang digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan.


Untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik, data scientist perlu menguasai skill dan tools yang dapat digunakan untuk memudahkan proses analisis. Pada artikel kali ini khususnya kita akan mengetahui cara menjadi data scientist yang profesional. Yuk, simak artikel berikut ini!


1. Mengenali Tugas Data Scientist

Saat ini profesi yang berkaitan dengan bidang data merupakan profesi yang cukup diminati banyak orang. Salah satunya adalah data scientist. Data scientist merupakan profesi yang menerapkan data science, yaitu ilmu yang mempelajari hal-hal yang berkaitan dalam proses pengolahan data.


Data scientist memiliki tugas dan tanggung jawab mengumpulkan data, mengolah data, menganalisis data sehingga menghasilkan informasi atau kesimpulan yang dapat digunakan untuk bahan pertimbangan dalam membuat keputusan bagi perusahaan.

data scientist


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Menguasai Skill Data Scientist

Seperti yang telah kita ketahui bahwa ketika ingin menekuni suatu bidang profesi maka kita perlu mengetahui dan menguasai skill apa saja yang perlu dimiliki untuk menunjang kemudahan dalam menjalankan tugas.


Bagi data scientist, terdapat beberapa hardskill yang perlu dimiliki, antara lain menguasai ilmu statistika dan matematika, bahasa pemrograman, data wrangling, database management, data storytelling, dan ilmu bisnis. Adapun softskill yang perlu dimiliki antara lain seperti tekad belajar yang kuat, komunikasi yang baik,dapat bekerja sama, dan lainnya.

data scientist


3. Tools Data Scientist

Data scientist bertugas dan bertanggung jawab dalam mengolah data sehingga menghasilkan kesimpulan. Biasanya, data yang dianalisis ini termasuk ke dalam jenis big data yaitu data yang bervolume besar dan diperoleh dalam waktu yang relatif cepat. Dalam menganalisis big data, diperlukan tools penunjang yang dapat memudahkan proses analisis.


Beberapa diantaranya seperti Google Data Studio, Tableau, Apache Superset, QlikView, Microsoft PowerBI, Apache Spark, Python, R, Azure Machine Learning, Google Cloud AI Platform, Hadoop, dan masih banyak lainnya.

data scientist


4. Konsisten Berlatih

Ketika menekuni suatu keterampilan, selain menguasai materi dasar kita juga perlu konsisten dalam berlatih. Bagi data scientist, berlatih dengan bermacam-macam jenis dataset merupakan salah satu upaya untuk menjadi data scientist yang profesional.


Dengan berlatih mengolah data secara konsisten, maka akan menambah pengalaman dalam mengatasi berbagai jenis dataset dan berbagai jenis permasalahan data yang ada. Jangan khawatir, saat ini terdapat begitu banyak web penyedia dataset ataupun web yang dapat digunakan untuk berlatih menganalisis data secara online.

data scientist


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


Data scientist saat ini menjadi salah satu profesi incaran banyak orang. Profesi ini terbilang cukup menarik, menjanjikan dan menyesuaikan dengan perkembangan zaman yang serba canggih ini. Bagi kalian yang berminat dengan profesi ini bisa langsung mulai belajar dari dasar di DQLab.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.

Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :