Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, dan Excel GRATIS
 SIGN UP  

Simak Wrangling Python untuk Remarketing Anti Bingung ? Berikut Pembahasannya

Belajar Data Science di Rumah 23-Februari-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/be0decb68e1585a611f5bdc63e1a0154_x_Thumbnail800.png

Wrangling Python adalah langkah paling penting untuk dilakukan setelah melakukan akuisisi data. Tahapan ini akan melakukan pengubahan data mentah menjadi bentuk yang lebih fungsional untuk analisis data, pembuatan model, dan visualisasi data. Misalnya, dalam kumpulan raw data terdapat beberapa field kolom yang sangat rentan akan kekeliruan pengisian yang dilakukan oleh pengguna yang pada akhirnya menyebabkan data sangat kotor. Tahapan wrangling ini juga akan melibatkan operasi pra-pemrosesan, restrukturisasi, hingga pembersihan data yang kotor. Sehingga akan dihasilkan kumpulan data dalam format yang mudah diakses, siap untuk dianalisis dan divisualisasikan.


Setelah seluruh data terformat dengan sangat baik dan rapi maka akan sangat mudah pemrosesan data selanjutnya atau biasa dikenal dengan consume data. Misalnya jika kia ingin menemukan insight dari kumpulan data, ingin membentuk visualisasi data yang bersih, melakukan pemberian poin kepada pelanggan loyal, atau bahkan ingin melakukan re-marketing terhadap bisnismu.


Remarketing, merupakan suatu teknik marketing yang bisa dilakukan dapam memberikan promosi bertarget kepada pelanggan, dengan memiliki informasi yang bersih maka tentu saja remarketing akan berjalan dengan sangat mudah dan akurat. Artikel ini akan membahas beberapa keuntungan ketika melakukan penerapan wrangling python untuk kepentingan bisnis. Yuk belajar bersama DQLab.


1. Kesamaan Format Tipe Data

Restrukturisasi dalam penerapan wrangling python akan menghasilkan data data yang terstruktur mulai dari tipe data, format atau standarisasi kolom baik kolom nama, email, nomor telepon, dan alamat rumah. Hal ini akan memudahkan tim data dalam menentukan insight yang akan dibuat dan menguntungkan kedua belah pihak. Misalnya jika ingin menentukan pelanggan yang memiliki poin tertinggi maka ketika ada perbedaan email namun ternyata pelanggan tersebut memiliki dua email yang berbeda tetapi hanya salah penulisan pada abjad tertentu maka sales pelanggan tersebut dapat dikumpulkan dan dijadikan satu.


Baca juga : Belajar Data Science: Kenali Dasar Bahasa Pemrograman Python yang Cocok bagi Pemula


2. Visualisasi Data Bersih

Setelah menemukan insight data, keuntungan selanjutnya yang didapat adalah visualisasi data dengan menggunakan data yang sudah bersih. Efek restrukturisasi yang sangat membantu dalam hal penggalian insight akan lebih memudahkan dalam pembangunan insight. Sehingga, dalam hal visualisasi data, data yang digunakan adalah data yang siap pakai dan sudah sangat bersih dan tidak menimbulkan redudansi data yang mengacaukan visualisasi.


3. Remarketing Sangat Penting

Remarketing adalah implementasi teknik pemasaran. Misalnya, bisnismu ingin memberikan promosi yang sangat berkaitan dengan produk produk terbaru. Sehingga, kamu dapat melakukan pemilahan terhadap penjualan produk tersebut. Sebagai contoh, produk X banyak dibeli oleh pelanggan A,B,C,D,E. Peluang pembelian lebih banyak akan tertuju pada beberapa customer tersebut. Sehingga, remarketing kamu dapat menuju ke beberapa pelanggan tersebut. Misalnya dengan melakukan blasting melalui email, sms, atau WA.


Baca juga : Python : Kenali 3 Buku yang Akan Mempercepat Kamu Dalam Belajar Python


4. Yuk, BELAJAR DATA SCIENCE GRATIS DI DQLAB SELAMA 1 BULAN!

Gunakan Kode Voucher "DQTRIAL", dan simak informasi di bawah ini mendapatkan 30 Hari FREE TRIAL:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Buka academy.dqlab.id dan pilih menu redeem voucher

  3. Redeem voucher "DQTRIAL" dan check menu my profile untuk melihat masa subscription yang sudah terakumulasi.

  4. Selamat, akun kamu sudah terupgrade, dan kamu bisa mulai Belajar Data Science GRATIS 1 bulan.

Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!