FLASH PROMO!! BELAJAR DATA SCIENCE ONLINE 6 BULAN 399K
Diskon 89%, Akses 76 Modul Data Science Premium, Metode Praktek Sandbox, Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 4 Jam 12 Menit 1 Detik 

Sistem Operasi SQL dengan 5 Operator Andalannya

Belajar Data Science di Rumah 03-Desember-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/dc1313263fcd9054e136c24f0b44e40d_x_Thumbnail800.jpeg

Data Analyst merupakan salah satu posisi praktisi data yang banyak dicari saat ini. Tingginya kebutuhan akan Data Analyst dipengaruhi oleh maraknya penggunaan teknologi digital. Mempunyai skill SQL yang terampil menjadi sebuah nilai yang berharga bagi prospek karir seorang Data Analyst. 


SQL ini memiliki fungsi untuk menambahkan data, mengubahnya, mengupdatenya, mencari dan juga bisa menghapus sebuah data dari suatu sistem database. Hampir banyak sekali perusahaan sudah memakai SQL dalam menampung database dari perusahaan tersebut.


Pada penjelasan kali ini, DQLab akan membahas tentang jenis-jenis SQL Operator. SQL Operator adalah kata atau karakter khusus yang digunakan untuk melakukan tugas. Tugas-tugas ini dapat berupa apa saja, mulai dari perbandingan kompleks, hingga operasi aritmatika dasar. 


Jika kamu tertarik untuk belajar SQL dan mendalami operator dalam SQL, simak artikel ini sampai akhir untuk mengetahui apa itu operator dalam SQL!


1. Operator Aritmatika

Operator aritmatika merupakan salah satu operator yang sering digunakan dalam SQL. Operator ini bisa membantu untuk menyelesaikan perhitungan-perhitungan aritmatika, baik yang sederhana maupun yang lebih rumit.


Operator aritmatika digunakan untuk melakukan operasi aritmatika seperti penjumlahan, pengurangan, pembagian, dan perkalian. Operator ini biasanya menerima operan numerik. Berikut adalah jenis-jenis operator aritmatika dan simbolnya:


SQL


  • Penambahan: +

  • Pengurangan: -

  • Pembagian: /

  • Perkalian: *

  • Sisa Pembagian: %


Baca juga : Saatnya Belajar SQL, Kenali Rekomendasi Query SQL Bagi Pemula


2. Operator Bitwise

Operator Bitwise merupakan operator yang dapat melakukan manipulasi bit antara dua ekspresi tipe data integer. Operator Bitwise mengubah bilangan bulat menjadi bit biner dan kemudian melakukan operasi AND, OR, atau NOT pada setiap bit individu, sebelum akhirnya mengubah hasil biner kembali menjadi bilangan bulat.


Berikut adalah simbol dari Operator Bitwise:


SQL


3. Operator Perbandingan

Operator perbandingan dalam SQL digunakan untuk memeriksa kesetaraan dua ekspresi. Operator ini memeriksa apakah satu ekspresi identik dengan yang lain. Operator perbandingan umumnya digunakan dalam klausa WHERE dari kueri SQL. Hasil dari operasi perbandingan mungkin TRUE, FALSE atau UNKNOWN.


Ketika salah satu atau kedua ekspresi adalah NULL, maka operator mengembalikan hasilnya dengan UNKNOWN. Operator ini dapat digunakan pada semua jenis ekspresi kecuali ekspresi yang berisi teks, ntext atau gambar.


Contoh operator pembanding yang sering digunakan adalah:


SQL

  • Sama Dengan: =

  • Lebih Besar: >

  • Lebih Kecil: <

  • Lebih Besar Sama Dengan: >=

  • Lebih Kecil Sama Dengan: <=

  • Tidak Sama Dengan: <>


4. Operator Logika

Operator lain yang tidak kalah penting dalam pemrograman SQL adalah operator logika. Perhitungan yang melibatkan logika memang tidak bisa kita pungkiri pasti akan ditemukan dalam beberapa jenis permasalahan. Terlebih jika kita butuh untuk menggunakan lebih dari satu nilai. 


Operator logika adalah operator yang mengambil dua ekspresi sebagai operands dan mengembalikan TRUE atau FALSE sebagai output. Saat bekerja dengan pernyataan dan kueri SQL yang kompleks, operator logika akan sangat berguna dan operator ini bekerja dengan cara yang sama seperti gerbang logika.


Ada beberapa operator logika yang sering digunakan, yaitu:


SQL


5. Operator Gabungan

Operator gabungan melakukan operasi pada variabel dan kemudian mengatur hasil variabel ke hasil operasi. Anggap saja seperti melakukan a = a (+,-,*, dan lain lain). Beberapa jenis operator yang termasuk operator gabungan adalah:


SQL

  • Menambahkan tugas: +=

  • Mengurangi tugas: -=

  • Mengkalikan tugas: *=

  • Membagi tugas: /=

  • Modulus tugas: %=

Contoh penggunaannya, misalkan y adalah variabel.

y = 20.

y+=5 adalah 25, dimana nilai yang telah ada sebelumnya ditambahkan dengan angka baru.


Baca juga : Catat! Ini 3 Keuntungan Belajar SQL dalam Mengolah Data


Penggunaan operator dalam SQL merupakan bagian penting yang perlu dipelajari pula oleh para pemula. Tidak hanya pemula saja, bagi seseorang yang sudah mahir pun akan sering menggunakan operator-operator yang disebutkan di atas. Kalian bisa mulai mencoba mempelajarinya di modul yang ada di DQLab.


Yuk asah skill SQL kamu bersama DQLab! Dengan modul DQLab kamu bisa praktik langsung menulis script SQL dan mengaplikasikan berbagai operator SQL yang dikombinasikan dengan statement SQL lainnya tanpa tools tambahan karena DQLab dilengkapi dengan live code editor.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja Sign Up di DQLab.id dan nikmati belajar Data Science DQLab.


Penulis: Salsabila MR

Editor: Annisa Widya Davita

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :