[LAST DAY] MAU PUNYA SKILL DATA SCIENCE YANG AMAYZING?
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 150K  | Pakai Kode: AMAYZING
BURUAN SERBU!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 0 Jam 21 Menit 56 Detik 

Skill Data Analyst: 5 Soft Skills yang Kamu Butuhkan Untuk Mendapatkan Kerja di 2021

Belajar Data Science di Rumah 20-November-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/b5a8b3e7983129047c3b8a00b8732fcb_x_Thumbnail800.png

Data Analyst adalah seorang yang berperan sebagai penerjemah informasi dengan menggunakan keterampilan teknis yang sangat mempengaruhi operasi bisnis, penjualan, dan berbagai proyek lainnya. Melalui analisis data dan pemahaman tentang tren, pola, dan wawasan bisnis, Kita memiliki kemampuan untuk menyederhanakan saluran penjualan, mengurangi biaya, dan meningkatkan produktivitas. Kemampuan analisis merupakan bekal yang baik bagi seorang Data Analyst, namun masih banyak kemampuan lainnya yang wajib untuk dikuasai baik itu hard skill maupun soft skill Data Analyst.

Nah, jika kamu tertarik untuk berkarir menjadi seorang Data Analyst, peluang sangat terbuka lebar. Namun, ada beberapa seperangkat keterampilan penting yang harus dikuasai ketika ingin menjadi seorang Data Analyst. Kamu perlu membekali diri dengan menguasai apa saja skill yang harus dimiliki oleh seorang Data Analyst yang handal. Pada artikel ini kita akan bahas khusus mulai dari soft skills dulu nih. Yuk simak terus artikel ini untuk mempersiapkan dirimu berkarir menjadi Data Analyst!


1. Domain Knowledge

Soft skill yang pertama wajib dikuasai adalah domain knowledge. Domain knowledge di sini artinya kemampuan untuk memiliki ilmu tentang disiplin atau bidang khusus yang berbeda dengan pengetahuan umum sehingga dapat memahami baik spesifik maupun general konteks dari bidang pekerjaan/industri yang dijalani, seperti pemahaman model bisnis, bagaimana sebuah perusahaan dapat menghasilkan revenue, bagaimana perusahaan tersebut mengelola bisnisnya, siapa saja pemangku kebijakan di perusahaan itu dan apa saja peran dan tanggung jawabnya, apa saja tantangan yang dihadapi perusahaan, istilah-istilah dalam internal tim dan internal perusahaan, dan lain sebagainya.


Baca juga : Kenali Perbedaan Data Scientist, Data Analyst dan Data Engineer


2. Dapat Bekerja Sama Tim dan Komunikasi yang Baik

Dalam suatu tim, untuk mencapai tujuan bersama diperlukan suatu kerjasama dari anggota-anggota yang ada di dalamnya. Mau itu dengan pihak internal maupun eksternal, kerjasama yang baik merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki Data Analyst. Pentingnya menjalin kerjasama dalam organisasi akan berdampak positif terhadap kinerja yang efektif sehingga seorang Data Analyst juga dituntut untuk mampu berkomunikasi dengan jelas di depan berbagai pihak di perusahaan secara verbal maupun tertulis.


3. Mampu Berpikir Logis dan Kritis

Karena salah satu tanggung jawabnya adalah menganalisis data, seorang Data Analyst harus mampu berpikir logis dan metodis guna memudahkannya dalam menganalisis data-data yang ia miliki dengan rapi serta teratur. Kemampuan berpikir kritis juga sangat perlu dikuasai oleh seorang Data Analyst. Mereka harus tahu apa informasi yang perlu dikumpulkan dan bagaimana memprosesnya agar bisa mendapatkan insight yang tepat. Tanpa skill berpikir kritis, tentunya akan membuatmu kesulitan dalam melakukan proses analisis data dari awal hingga akhir.


4. Memiliki Kemampuan Analisis yang Kreatif, Akurasi dan Detail

Seorang Data Analyst memiliki tugas untuk menganalisis berbagai macam data yang telah disaring sedemikian rupa dan diolah kembali sebagai bahan untuk pengambilan keputusan bisnis suatu perusahaan.  Untuk itu, tentunya Data Analyst dituntut memiliki kemampuan analisis yang baik dan kreatif agar mampu mengelolanya dengan efisien. Dalam hal menganalisis, dan menyajikan data, kamu harus bisa memperhatikan data dan hasilnya dengan sangat teliti serta memastikan keakurasiannya. Hal ini diperlukan karena jika terdapat kesalahan dalam informasi yang diterima dari data yang kamu olah, akan menyebabkan kesimpulan yang salah dan dapat membuang-buang waktu serta biaya. Perhatian yang cermat terhadap detail adalah keterampilan yang penting bagi Data analyst. Sebab kamu harus menganalisa kode atau detail teknisnya dengan membaca dan menilai coding yang rumit atau struktur yang teknikal.  


Baca juga : Data Analyst vs Data Scientist, Yuk Kenali Perbedaannya 


5. Yuk Kembangkan Diri Bersama DQLab

Setelah semua paparan diatas masih yakin tidak belajar bersama dengan DQLab? DQLab juga memberikan materi-materi yang ditawarkan lengkap dan sesuai dengan kebutuhan industri, disusun oleh mentor-mentor yang kompeten di bidangnya dari perusahaan unicorn dan startup. Jadi, jangan khawatir, kamu bisa mulai kursus Data Science online bersama DQLab! SIGN UP sekarang di DQLab.id atau klik button dibawah ini untuk nikmati pengalaman belajar yang seru dan menyenangkan! Jangan lupa kunjungi Website DQLab untuk diskon-diskon yang menarik, ya!


Penulis : Salsabila Miftah R

Editor : Annissa Widya Davita


Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!