DQLab Super Giveaway! Belajar Data Science 6 Bulan hanya Rp.99.000! DAFTAR

Pakai Kode: KUPON99K. Berakhir 0 Days 22 Jam : 1 Menit : 23 Detik

Ingin Menjadi Data Analyst? Ini 3 Hard Skill yang Wajib Kamu Kuasai!

Belajar Data Science di Rumah 25-September-2020
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/8ac51187b930dae016d428cc6f32dc4a_x_Thumbnail800.jpg

Data Analyst adalah seorang yang berperan sebagai penerjemah informasi dengan seperangkat keahlian yang sangat mempengaruhi operasi bisnia, penjualan, dan berbagai proyek lainnya. Melalui analisis data dan pemahaman tentang tren, pola, dan wawasan bisnis, Kita memiliki kemampuan untuk menyederhanakan saluran penjualan, mengurangi biaya, dan meningkatkan produktivitas. Ada beberapa seperangkat keterampilan penting yang harus dikuasai ketika ingin menjadi seorang Data Analyst.


Dalam artikel ini DQLab akan berbagi mengenai 3 keterampilan paling penting yang dibutuhkan setiap Data Analyst agar dapat memberi user atau perusahaan sebuah wawasan dan informasi yang relevan dan konklusif. Bagi kamu yang sedang mempersiapkan diri untuk berkarir di bidang data, khususnya menjadi Data Analyst, baca artikel ini sampai selesai ya!


1. Kemampuan Bahasa Query Database

Seorang Data Analyst seringkali perlu mengekstrak data untuk melakukan operasi analisis. Untuk melakukan ini dengan baik, Data Analyst harus berpengalaman dalam bahasa kueri database seperti SQL. Keterampilan ini memastikan bahwa informasi dengan mudah ditarik atas permintaan serta dianalisis dengan benar. Ada berbagai bentuk bahasa kueri database yang digunakan saat ini.


Bahasa dan paket statistik lain yang dapat digunakan oleh seorang Data Analyst ialah SAS dan SPSS. Menjadi ahli dalam alat dan bahasa memastikan bahwa Data Analyst dapat bekerja secara efektif dengan pelatihan dan pengawasan minimal. Selain itu, memiliki kemampuan dalam berbagai bahasa perangkat lunak dan pemrograman adalah keterampilan yang relevan bagi seorang analis data yang akan sering diminta untuk bekerja dengan data dalam jumlah besar. Seringkali analis ini memegang sertifikasi dalam perangkat lunak dan bahasa pemrograman tertentu, seperti Python Programming dan R language.


Baca Juga : 3 Tips Sukses Belajar Data Analyst Tanpa Latar Belakang IT Maupun Statistik

2. Pemahaman Statistik yang Kuat

Seorang Data Analyst harus memiliki pengetahuan statistik yang menyeluruh. Ini memungkinkan mereka untuk menentukan kapan harus menggunakan teknik yang berbeda untuk mencapai hasil yang diinginkan. Identifikasi kandidat dengan pengetahuan yang baik di berbagai bidang seperti uji statistik dan pengujian hipotesis (Hypothesis Testing). Kemampuan untuk menerapkan dan memanfaatkan statistik untuk setiap proyek membuat Analisis yang dilakukan memiliki hasil yang bagus dengan didukung berbagai faktor seperti data tahunan atau tren industri.


3. Visualisasi Data dan Komunikasi

Keterampilan penting ini menjawab pertanyaan: bagaimana seorang Data Analyst akan mempresentasikan temuan mereka kepada user? User membutuhkan Data Analyst memiliki keahlian yang ditetapkan untuk menyajikan solusi dalam presentasi yang mudah dinavigasi dan dipahami. Alat visualisasi seperti d3.js dan ggplot adalah contoh jenis visual yang Anda ingin agar mereka terbiasa dan berpengalaman. Tools lain yang sebaiknya kamu kuasai sebagai Data Analyst untuk melakukan visualisasi data adalah Tableau.


Selain memvisualisasikan data, Data Analyst juga harus memiliki kemampuan untuk mempresentasikannya. User membutuhkan seorang analis yang pandai mengkomunikasikan temuan mereka dengan kolega dari berbagai latar belakang, departemen, dan fokus. Seorang Data Analyst yang baik harus merasa nyaman menyajikan presentasi kepada anggota teknis dan non-teknis.


Baca Juga : Data Scientist VS Data Analyst : Pahami Perbedaan Interview Kerja Kedua Peran Ini


4. Yuk Persiapkan Diri Kamu Menjadi Data Analyst bersama DQLab!

Yuk mulai pelajari dan terapkan ilmunya! Sign Up untuk nikmati module GRATIS “Introduction to Data Science” dengan pengalaman belajar yang seru menyenangkan serta aplikatif pada industri nyata! Untuk kamu yang ingin mulai belajar Data Science atau siap berkarir jadi Data Analyst, Data Scientist, dan Data Engineer, persiapkan diri kamu dengan tepat sekarang. Tidak ada kata terlambat untuk belajar. Yuk #MulaiBelajarData di DQLab.

Dengan belajar di DQLab, kamu bisa:

  • Menerapkan teknik mengolah data kotor, hasilkan visualisasi data dan model prediksi dengan studi kasus Retail dan Finansial

  • Dapatkan sesi konsultasi langsung dengan praktisi data lewat data mentoring

  • Bangun portofolio data langsung dari praktisi data Industri

  • Akses Forum DQLab untuk berdiskusi.

Simak informasi di bawah ini untuk mengakses gratis module ‘Introduction to Data Science’:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Akses module Introduction to Data Science

  3. Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

Penulis : Jihar Gifari

Editor : Annissa Widya Davita

Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!