PROMO PAYDAY! SERBU PAKET DATA SCIENCE 3 BULAN CUMA 100K!
Diskon Spesial 95% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 3 Jam 23 Menit 28 Detik 

Skill Data Scientist yang Paling Diincar pada Bidang Industri

Belajar Data Science di Rumah 11-Juni-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/65e2f5f2ed323fb96383bb636beae077_x_Thumbnail800.jpg

Salah satu profesi data yang banyak dicari yaitu Data Scientist. Kemampuan Data Scientist dapat ditempatkan di berbagai bidang industri. Contohnya bidang kesehatan, food and beverage, e-commerce, dan lain sebagainya. Data Scientist akan bertanggung jawab terhadap data yang ada di perusahaan. Tugasnya yaitu dari memastikan infrastruktur data perusahaan yang baik, analisis data, hingga membangun machine learning. Istilah machine learning ini sudah banyak dibahas di berbagai platform dan diterapkan di perusahaan. Manfaat yang diberikan pun sangat menguntungkan perusahaan. 


Dengan kesempatan karir yang cukup luas, tidak mengherankan bahwa ada banyak orang yang menginginkan karir sebagai Data Scientist dan berasal dari berbagai latar belakang. Baik IT dan non IT, semua memiliki kesempatan asalkan menguasai skill yang dibutuhkan dan diminta oleh perusahaan. Nah, kali ini kita akan membahas skill penting yang paling dicari perusahaan yang membutuhkan Data Scientist. Apa saja? Simak sampai akhir, ya!


1. Penguasaan Ilmu Dasar 

Data Scientist

Data scientist termasuk profesi yang berkaitan dengan data science sehingga wajib menguasai ilmu dasar data science. Data science merupakan bidang ilmu yang terdiri dari tiga pilar ilmu yaitu matematika, statistika, dan komputer (programming). Sebagai seorang data scientist, wajib menguasai ilmu matematika dan statistika karena data scientist menggunakan metode-metode statistika dalam mengolah data. Minimal kita paham perhitungan dasar matematika dan metode statistika yang sering digunakan. 


Data science mengkombinasikan kemajuan teknologi untuk mengolah data sehingga data scientist wajib memiliki dan menguasai skill pemrograman. Selain untuk proses mengolah data, kemampuan pemrograman ini diperlukan untuk membangun machine learning. Tak jarang karena data scientist juga bekerja bersama dengan tim lainnya, ilmu bisnis dan ilmu lainnya yang terkait dengan pekerjaan juga wajib dipelajari dan dipahami dengan baik. 


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Kemampuan Adaptasi dengan Tools Data Science

Data Scientist

Teknologi yang semakin maju tiap waktunya membuat seorang data scientist harus update mengenai tools dan metode yang digunakan untuk mengolah data lebih efektif. Data Scientist harus mampu beradaptasi dengan teknologi terbaru yang bermanfaat bagi pekerjaannya. Beberapa tools yang sering digunakan oleh data scientist yaitu antara lain SQL, SAS, Matlab, Python, R, Java, Tableau, dan Power BI. Setiap tools memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing.


Misalnya seperti SAS disebut sebagai tools data scientist yang powerful namun harganya sangat mahal dibandingkan dengan tools open source lainnya dan biasanya digunakan oleh industri besar. Tableau dan Power BI digunakan untuk memvisualisasikan data lebih interaktif. Sebagai data scientist, minimal menguasai tiga tools tersebut agar dilirik oleh para recruiter dan menjadi kandidat yang diperhitungkan.


3. Sikap Kritis dan Problem Solving

Data Scientist

Sebagai seorang data scientist dituntut memiliki kemampuan problem solving dan berpikir kritis. Kemampuan problem solving diperlukan untuk menentukan solusi apa yang tepat terhadap suatu masalah. Data scientist harus mampu menganalisa masalah yang ada dengan baik. Selain itu kemampuan berpikir kritis diperlukan untuk memahami masalah dari berbagai sudut pandang agar lebih obyektif dalam menyelesaikan masalah. Data scientist harus sering bereksperimen dengan data dan metode-metode terbaru yang dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah.


4. Aktif Upgrade Skill

Data Scientist

Seperti yang kita ketahui, semakin hari teknologi semakin maju. Masalah dalam data akan terus berkembang dan seorang Data Scientist harus bisa menyelesaikan pekerjaannya. Oleh karena itu Data Scientist wajib untuk terus upgrade skill. Bisa dengan mengikuti webinar, komunitas data scientist, challenge data atau kejuaraan data. Dengan mengikuti webinar kita bisa mengetahui bagaimana para senior data scientist merintis karirnya dan apa saja tugas data scientist di berbagai industri. 


Kita bisa memilih mengikuti webinar yang gratis atau berbayar. Kita juga bisa bergabung dengan komunitas data scientist yang banyak didirikan seiring populernya data science. Disana kita bisa mengetahui informasi penting yang berhubungan dengan data science dan data scientist yang mungkin sulit didapatkan jika tidak bergabung dalam komunitas. Selain itu komunitas juga dapat menjadi wadah sharing agar pikiranmu semakin terbuka dan kritis sebagai bekal menjadi seorang data scientist. 


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


Sudah menguasai skill-skill diatas? Jangan lupa untuk buat portfolio data, ya! Portfolio data ini bisa dibilang diantara penting dan tidak penting. Namun jika kamu memiliki portfolio data akan menambah nilai kemampuanmu di mata perusahaan. Portfolio data biasanya berisi project yang pernah kamu kerjakan. 


Bingung mulai dari mana? Yuk, gabung di DQLab.id! Tersedia project dan challenge menarik yang bisa kamu jadikan bahan portfolio datamu, loh. Jangan lewatkan juga event-event data bersama para ahli data. 


Penulis: DIta Kurniasari

Editor: Annissa Widya




Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :