TIKET DQGRATIS UNTUK KAMU!
Sesi Belajar Excel Basic hingga Visualisasi Data Sederhana bersama DQLab  
DAFTAR SEKARANG
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 18 Jam 14 Menit 43 Detik 

Skill Data Scientist yang Perlu Dimiliki untuk Bersaing di Dunia Kerja

Belajar Data Science di Rumah 07-Oktober-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/6027472c75e8885bd2bc409c636e053c_x_Thumbnail800.png

Data Science merupakan suatu disiplin ilmu yang sedang marak digeluti oleh khalayak luas, hal ini dikarenakan kebanyakan informasi yang didapat berbentuk data, tren yang cepat berubah, dan tenaga kerja atau sumber daya manusia yang diperlukan banyak perusahaan. Meskipun keilmuan tersebut sudah mulai dikenal dan digeluti masyarakat, tetap ada saja sebagian orang yang tidak begitu familiar dengan Data Science, terlebih profesi-profesi di dalamnya.


Dalam artikel kali ini, DQLab akan membantu teman-teman untuk memahami seperti apa profesi Data Scientist tidak lupa bersama dengan informasi mengenai Data Science. Selain itu juga, diharapkan pada akhir artikel kalian dapat memahami dan menyimpulkan apakah Data Scientist merupakan suatu profesi dengan skill yang penting atau tidak. Yuk, simak bersama!


1. Fakta Seputar Data Scientist

Terdapat lima fakta seputar Data Scientist yang mungkin sebagian besar orang belum tahu, profesi ini memiliki lapangan kerja yang sangat luas dan terus menerus bertambah setiap tahunnya. Di luar negeri sendiri kebutuhan akan profesi ini sudah meningkat secara signifikan dibanding beberapa tahun yang lalu, sama halnya dengan Indonesia yang tenaga kerja dalam bidang data masih terbilang sangat sedikit.


Dikarenakan lapangan kerjanya yang luas, dapat diartikan bahwa kebutuhan akan profesi ini sangatlah banyak, maka dari itu upah untuk profesi Data Scientist tergolong cukup tinggi. Profesi ini juga sangat penting untuk perusahaan dalam pengambilan keputusan. Fakta yang sangat menarik lainnya adalah Data Scientist tidak memerlukan lulusan dari jurusan teknologi atau komputer. Dan fakta terakhir, dengan menggeluti profesi Data Scientist, secara otomatis cakupan bidang yang kalian pelajari akan menjadi sangat luas.


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Hard Skill yang Perlu Dimiliki

Setelah membahas mengenai fakta seputar Data Scientist, mungkin kalian akan mulai tertarik untuk mencoba memulai belajar dasar-dasar dari profesi ini. Namun, kalian memerlukan beberapa informasi mengenai skill atau keahlian apa saja yang perlu kalian miliki apabila kalian ingin mencoba karir menjadi Data Scientist. Berikut skill-skillnya.


  • Ilmu statistika dan peluang.

  • Bahasa pemrograman (R dan Python).

  • Pengolahan data atau data wrangling.

  • Manajemen database.

  • Visualisasi data atau data storytelling.

  • Pemahaman Bisnis.

  • Alat atau tools yang biasa digunakan Data Scientist (IBM SPSS, Apache, dan lainnya).


3. Soft Skill yang Perlu Dimiliki

Beralih ke soft skill, sebenarnya tidak hanya profesi Data Scientist saja yang memerlukan soft skill, namun semua profesi juga membutuhkan soft skill yang memadai dan diharapkan dapat membantu individu dalam lingkungan kerjanya. Berikut empat macam soft skill Data Scientist yang perlu kalian kembangkan atau pahami.


  • Keinginan untuk tahu lebih banyak.

  • Sikap mau belajar suatu hal yang baru.

  • Komunikasi yang baik.

  • Kerja sama tim yang baik.


4. Pekerjaan Data Scientist

Dari keahlian yang telah dibahas sebelumnya, mungkin kalian merasa penasaran seperti apa pekerjaan atau tanggung jawab Data Scientist sehari-harinya. Dapat dipastikan bahwa profesi Data Scientist akan lebih mengarah ke hal-hal berbau teknis dibandingkan profesi Data Science lainnya, yaitu Data Analyst. Berikut contoh pekerjaan yang dilakukan Data Scientist.


  • Meneliti data yang ada dalam perusahaan untuk digunakan sebagai metode pengambilan keputusan.

  • Membuat tabel pivot dengan software statistik.

  • Memvisualisasikan data untuk dipresentasikan kepada pemangku kepentingan.

  • Menganalisis data dengan bahasa pemrograman.

  • Menyiapkan infrastruktur data.


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


5. Belajar Dasar Menjadi Data Scientist Bersama Dengan DQLab

DQLab sebagai tempat kursus Data Science dapat kalian jadikan sarana belajar dasar-dasar dalam menjadi ahli data, selain kalian bisa mendapatkan materi belajar yang tuntas, kalian juga bisa mendapatkan pengetahuan seputar dunia kerja dalam bidang data dari pengajar yang merupakan praktisi data berpengalaman. Cara untuk bergabung bersama kami sangat mudah, kalian bisa langsung sign up di DQLab.id, kemudian kalian bisa langsung mengerjakan module ‘Introduction Data Science with Python and R’ secara gratis. Yuk, daftarkan diri kalian dan berkembang bersama DQLab.id!



Penulis : Callista Eugenia

Editor : Annissa Widya Davita

Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!