TEBUS HOKI! BELI 1 GRATIS 1
Belajar Data 6 BULAN GRATIS 6 BULAN hanya Rp180K!

0 Hari 3 Jam 24 Menit 5 Detik

Skill Excel untuk Tingkatkan Kompetitif di Industri

Belajar Data Science di Rumah 06-September-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-senin-08-2023-09-06-163054_x_Thumbnail800.jpg

Excel adalah salah satu tools yang paling penting dan serbaguna dalam dunia bisnis dan industri saat ini. Meskipun less coding, namun Excel sangatlah powerfull dalam menyelesaikan berbagai pekerjaan. Hal ini didukung oleh berbagai fitur menarik yang bisa diaplikasikan hanya dengan cara klik pada fitur tersebut, misalnya menghilangkan data duplikat dengan klik fitur “Remove Duplicate”, atau membuat summary dengan klik di bagian “Pivot Table”, dan masih banyak lagi.


Excel bisa menjadi senjata utama yang digunakan untuk menyelesaikan berbagai permasalahan dalam pekerjaan. Sehingga penguasaan akan tools ini adalah hal yang sangat penting mengingat kemampuan akan Excel berdampak signifikan terhadap produktivitas dan skill kita secara profesional.


Hal inilah yang kemudian mendukung pentingnya pelatihan Excel untuk meningkatkan keunggulan yang kompetitif di dunia industri. Dalam artikel ini, akan kita bahas 4 hal yang membuat pelatihan Excel menjadi sangat penting di dunia industri. Yuk, simak pembahasannya!


1. Meningkatkan Produktivitas

Excel


Salah satu alasan utama mengapa pelatihan Excel sangat penting di industri adalah dalam hal meningkatkan produktivitas yang dihasilkan. Tidak bisa dipungkiri, dalam dunia industri akan banyak sekali pekerjaan yang memakan waktu, misalnya pengolahan data, perhitungan kompleks, dan pembuatan laporan. Adanya Excel akan membantu untuk mengotomatiskan tugas-tugas tersebut.


Dengan memanfaatkan rumus, fungsi, dan makro yang benar, kita bisa menghemat waktu yang berharga dan merampungkan tugas-tugas lebih cepat. Sehingga kita bisa lebih fokus pada tugas-tugas yang lebih strategis dan berdampak tinggi dalam pekerjaan kita.


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Meningkatkan Analisis Data

Excel

Data menjadi hal yang sangat penting dalam proses pengambilan keputusan, sehingga tidak heran jika industri modern akan sangat bergantung pada data. Excel bisa menjadi salah satu tools analisis data yang hebat. Adanya pelatihan Excel akan membantu para peserta dalam memahami cara mengelola dan menganalisis data dengan efektif.


Mereka juga nantinya dapat membuat grafik, tabel pivot, dan melakukan analisis statistik yang mendalam untuk mengidentifikasi tren dan pola yang mungkin tidak terlihat pada pandangan pertama. Dengan begitu, akan sangat memungkinan bagi perusahaan untuk mengambil keputusan yang lebih cerdas berdasarkan data yang akurat.


3. Meningkatkan Akurasi

Excel


Salah satu manfaat lain dari pelatihan Excel adalah kejelian kita untuk menghindari human error yang biasa terjadi dalam perhitungan manual karena kita bisa memilih rumus dan fungsi mana yang akan digunakan sesuai dengan kebutuhan.


Sehingga dengan begitu, secara tidak langsung Excel bisa membantu meningkatkan akurasi dalam pekerjaan kita. Akurasi ini sangat penting dalam industri seperti keuangan dan akuntansi, di mana kesalahan kecil dapat memiliki dampak besar pada keputusan bisnis.


4. Meningkatkan Kredibilitas dan Peluang Karir

Excel

Menguasai Excel bisa menjadi salah satu keunggulan kita dalam dunia industri. Percaya atau tidak, kemampuan mengoperasikan Excel kerap kali menjadi syarat dalam banyak pekerjaan dan dapat meningkatkan peluang karir kita.


Perusahaan cenderung mencari karyawan yang memiliki keterampilan Excel yang kuat karena mereka dapat berkontribusi pada efisiensi dan efektivitas operasional. Selain itu, kemampuan Excel yang baik juga meningkatkan kredibilitas kita di tempat kerja, sehingga kita bisa lebih dipercayai dalam proyek-proyek dan pengambilan keputusan.


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with Excel


Pelatihan Excel adalah investasi yang sangat penting di dunia industri modern. Kemampuan untuk mengelola data, meningkatkan produktivitas, dan membuat keputusan yang lebih cerdas adalah aset yang sangat dihargai oleh perusahaan. Selain itu, ini juga meningkatkan peluang karir Anda dan membuat Anda lebih siap menghadapi tantangan industri yang terus berubah.


Tertarik untuk belajar Excel lebih lanjut? Kamu bisa mengakses modul Excel di DQLab dengan cara membeli modul Platinum Excel. Selain program tersebut, DQLab juga kerap kali mengadakan Bootcamp Data Analyst with Excel yang sangat cocok bagi pemula.


DQLab merupakan platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur Chat GPT.  Selain itu DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. 


Yuk sign up di DQLab untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih menarik. Daftar sekarang dan kejar impianmu untuk menjadi Data Analyst!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri



Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :