PROMO PUNCAK LEBARAN DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan BERSERTIFIKAT hanya Rp 99K!

0 Hari 4 Jam 4 Menit 2 Detik

Skill Data Engineer Profesional di Berbagai Industri

Belajar Data Science di Rumah 09-Maret-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/22feb0d2e401c2123a8c8d208d6e5812_x_Thumbnail800.jpeg

Data engineer adalah profesional di bidang teknologi informasi. Oleh karena itu, role ini harus memiliki skill dalam berbagai aplikasi dan proses. Data engineer adalah profesi yang berhubungan dengan manajemen data dan memerlukan berbagai macam skill, naik skill teknis maupun non teknis. Salah satu tugas data engineer adalah mengembangkan dan memelihara arsitektur yang digunakan dalam berbagai proyek data science. Profesi ini bertanggung jawab untuk memastikan aliran data antara server dan aplikasi tidak terganggu.


Data engineering menggabungkan elemen software engineering dan data science. Beberapa fungsi utama seorang data engineer adalah mencakup hal-hal seperti mengembangkan proses pengumpulan data, mengintegrasikan software baru dan teknologi manajemen data ke dalam sistem yang ada dan merampingkan proses dasar yang ada untuk pengumpulan dan penggunaan data. Untuk menjadi data engineer, ada beberapa skill yang perlu dikuasai. Apa saja skill tersebut? Yuk kita bahas bersama!


1. Coding

Coding adalah skill dasar yang harus dikuasai jika seseorang ingin menjadi data engineer. Banyak recruiter yang membutuhkan sumber daya manusia yang setidaknya menguasai satu bahasa pemrograman seperti Python, Golang, Ruby, Perl, Scala, Java, SAS, R, MatLab, C dan C++. Coding ini akan sangat berguna karena data yang digunakan berukuran besar sehingga memerlukan tools yang bisa memproses data besar dengan lebih cepat.


Data Engineer


Baca juga : Mengenal Data Engineer dan Prospek Karirnya


2. Data warehousing

Data engineer bertugas untuk menyimpan dan menganalisis data dalam jumlah yang luar biasa besar. Itulah mengapa seorang data engineer harus familiar dan memiliki pengalaman menggunakan data warehouse solution seperti Panoply atau Redshift. Tools ini adalah dua tools yang sangat penting dalam role data engineer dan akan digunakan dalam keseharian seorang data engineer.


Data Engineer


3. Database systems

Data engineer harus memiliki pemahaman yang mendalam tentang manajemen database. Structured Query Language (SQL) merupakan tools database yang paling banyak digunakan di dunia industri. Oleh karena itu, seorang calon data engineer wajib menguasai skill ini. SQL adalah bahasa pengkodean database yang mengekstraksi dan mengelola data yang disimpan dalam tabel. Selain itu, ada solusi database lain seperti Bigtable atau Cassandra yang juga harus dipelajari oleh seorang data engineer, terutama jika mereka ingin mengerjakan freelance data engineering.


Data Engineer


4. Critical thinking

Data engineer harus mampu mengevaluasi masalah dan kemudian mengembangkan solusi yang kreatif dan efektif mengenai database. Selain itu, seorang data engineer sering kali harus mengembangkan solusi database yang sebelumnya belum dikembangkan. Oleh karena itu, seorang data engineer harus memiliki skill critical thinking untuk membantu mereka menganalisis masalah yang mungkin atau sedang terjadi, serta mengembangkan sistem yang lebih efektif agar flow data lebih singkat.


Baca juga : Data Engineer VS Data Scientist


Selain skill di atas, seorang data engineer harus memiliki skill bahasa pemrograman seperti R dan Python. Kabar baiknya, bahasa pemrograman ini sangat mudah dipelajari oleh beginner yang baru mengenal script code. Hanya saja perlu konsistensi dan banyak praktik untuk menguasai bahasa pemrograman. Yuk pelajari cara menulis script code yang efisien dan aplikasikan langsung dengan live code editor dari DQLab! Klik button di bawah ini atau sign up melalui DQLab.id untuk mengakses FREE MODUL ‘Introduction to Data Science with R and Python’ untuk mencoba live code editor DQLab. Tulis script code kamu secara langsung di modul DQLab tanpa harus membuka tools tambahan.


Penulis: Galuh Nurvinda K



Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login