MAU PUNYA SKILL DATA SCIENCE YANG AMAYZING?
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 150K  | Pakai Kode: AMAYZING
BURUAN SERBU!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 2 Jam 2 Menit 15 Detik 

Kenali Perbedaan Skill yang Harus Dikuasai oleh Data Scientist, Data Analyst, dan Data Engineer

Belajar Data Science di Rumah 11-Maret-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/406611a1a7ebac58f699fd203b8e9b3c_x_Thumbnail800.jpg

Bekerja di bidang data memang memiliki tugas dan tanggung jawab yang terlihat mirip antara satu dan yang lainnya karena sama-sama berurusan dengan data. Pada dasarnya antara posisi Data Scientist, Data Analyst, dan Data Engineer saling terikat dan berhubungan. Data Engineer akan mengubah data mentah menjadi data yang siap untuk digunakan oleh Data Scientist ataupun oleh Data Analyst. Tanpa Data Engineer maka tugas kedua posisi tersebut akan bertambah dan akan memakan waktu yang lebih banyak.

Peluang untuk bekerja di bidang data masih terbuka sangat luas bagi siapapun tanpa melihat background pendidikannya terlebih dahulu. Namun sebelum memutuskan untuk terjun dan berkarir di bidang data, ada baiknya kita pahami dulu perbedaan antara posisi yang satu dengan posisi yang lain. Nah, dalam artikel ini kita akan membahas skill apa saja yang harus dikuasai agar bisa menjadi Data Scientist, Data Analyst, ataupun Data Engineer. Penasaran kan? Yuk, simak artikelnya!

1. Data Scientist

Data Scientist merupakan posisi yang bertugas untuk menganalisis data yang berukuran besar dan terbilang cukup kompleks, lalu menginterpretasikan nya. Tugas seorang Data Scientist ini termasuk juga ke proses mendapatkan data. Untuk dapat menyelesaikan tugas tersebut dengan baik, maka seorang Data Scientist diwajibkan untuk dapat menguasai statistika/matematika, bahasa pemrograman seperti Python, R, Java, dll. Machine Learning dan Deep Learning, serta mampu melakukan decision making dan memiliki komunikasi yang bagus dimana dapat menerjemahkan hasil analisa kepada orang yang tidak memiliki background data sebelumnya. Selain itu, seorang Data Scientist juga dituntut untuk mampu melakukan Data Mining dan optimasi data.

Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist

2. Data Engineer

Data Engineer merupakan posisi yang bertugas untuk mengumpulkan data mentah kemudian melakukan pemrosesan ETL (Extract, Transform, Load) sehingga data siap untuk dianalisis oleh Data Scientist ataupun Data Analyst. Sehingga itulah mengapa skill yang harus dikuasai oleh seorang Data Engineer adalah pemrograman tingkat lanjut agar lebih mudah memproses data, kemudian data warehouse, arsitektur data dan pipeline, SQL yang mendalam, juga database. Selain itu, seorang Data Engineer juga terkadang diminta untuk menguasai Machine Learning.

3. Data Analyst

Data Analyst adalah posisi yang lebih bertugas ke arah analisa data numerik kemudian hasilnya dijadikan bahan pertimbangan oleh pemegang kebijakan untuk mengambil keputusan. Data Analyst terkadang juga bertugas membuat dashboard untuk reporting dan monitoring. Adapun skill yang harus dikuasai jika ingin berkarir sebagai Data Analyst adalah bahasa pemrograman seperti R dan Python, SQL dan spreadsheet, matematika/statistika, database, dan data visualisasi. Beberapa perusahaan juga terkadang mewajibkan Data Analyst untuk menguasai Adobe dan Google Analytics.

Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


4. Yuk Mulai Belajar Menjadi Data Scientist Bersama DQLab!       


Gunakan Kode Voucher "DQTRIAL", dan simak informasi di bawah ini mendapatkan 30 Hari FREE TRIAL:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Buka academy.dqlab.id dan pilih menu redeem voucher 

  3. Redeem voucher "DQTRIAL" dan check menu my profile untuk melihat masa subscription yang sudah terakumulasi. 

  4. Selamat, akun kamu sudah terupgrade, dan kamu bisa mulai Belajar Data Science GRATIS 1 bulan.

    Penulis: Gifa Delyani

    Editor : Annissawd


    Postingan Terkait

    Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!