PROMO PAYDAY! SERBU PAKET DATA SCIENCE 3 BULAN CUMA 100K!
Diskon Spesial 95% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 13 Jam 9 Menit 8 Detik 

Soft Skill Terupdate Data Scientist, Pemula Wajib Kuasai

Belajar Data Science di Rumah 07-Oktober-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/bf754325ba0f9178e443835a76ca69fb_x_Thumbnail800.jpg

Data praktis ada di mana-mana di era digital kita. Orang-orang menghasilkan informasi tentang diri mereka sendiri hampir setiap kali mereka menggunakan perangkat dengan berbagai cara seperti menggunakan alat pendeteksi kesehatan digital hingga berbelanja bahan makanan secara online.


Calon talent data perlu memiliki keahlian analisa data yang saat ini dibutuhkan di berbagai industri. Industri kini membutuhkan seseorang untuk menafsirkan data secara efektif dan akurat untuk memahami segala sesuatu mulai dari audiens mereka hingga jumlah penjualan yang dihasilkan oleh sebuah taktik.


Lalu, apa saja Soft Skill pada calon praktisi data?Yuk simak sekarang!


1. Skill Komunikasi

Pekerjaan seorang analis data yang menggali data mentah tidak akan berimpact apappupn jika mereka tidak memiliki keterampilan komunikasi untuk memberi tahu anggota tim lainnya tentang insight yang telah ditemukan dengan bahasa dan cara yang mudah dimengerti. Analis data harus memiliki keterampilan komunikasi yang sangat baik di berbagai media, termasuk penggunaan tools untuk visualisasi data.


Analis data mungkin diminta untuk melaporkan kesimpulan mereka kepada tim dalam pengaturan kelompok, jadi berbicara di depan umum dan presentasi juga merupakan keterampilan yang berharga.


Berkat keterampilan komunikasi terbaik, analis data dapat membantu para pemimpin perusahaan mereka membuat keputusan yang tepat tentang apa yang harus dilakukan selanjutnya.


​​Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Penyelesaian Masalah

Ternyata, melakukan crawling data dan melakukan pembersihan data sampai menemukan insight yang dapat digunakan banyak stakeholders tidak seperti menekan satu tombol saja. Banyak sekali hal hal yang berjalan tidak sesuai rencana dan sempurna. Sehingga butuh langkah cepat, responsif dalam melakukan penyelesaian data. 


Salah satunya adalah Data Analis yang menerapkan keterampilan pemecahan masalah ketika berkolaborasi dengan tim yang hanya memiliki gambaran permasalahan. Sehingga, kemampuan menyelesaikan permasalahan bersama menjadi salah satu hal penting yang dapat dilakukan oleh seorang analis data.


3. Riset

Sahabat DQ mungkin berpikir analisis data memiliki semua informasi yang mereka butuhkan di ujung jari mereka dengan cara riset. Yang benar adalah bahwa analis data harus siap untuk melakukan penggalian jika mereka ingin memaksimalkan data yang mereka kumpulkan.


Jika Sahabat DQ mencoba untuk menceritakan sebuah cerita atau menafsirkan data mentah, Sahabat DQ harus nyaman meneliti dan mengajukan pertanyaan untuk memasukkan informasi itu ke dalam konteks yang tepat.


Analis data menggunakan penelitian untuk tetap mengikuti tren industri sehingga mereka dapat mengikuti kebutuhan bisnis kedpannya. Penelitian juga berguna ketika mereka mempresentasikan insight dari data yang dimiliki untuk memutuskan langkah bisnis kedepannya. 


4. Peka Terhadap Detail

Dalam banyak hal, pekerjaan seorang analis data mirip dengan mencari jarum di tumpukan jerami. Analis data harus dapat memperhatikan hal-hal kecil & sederhana dalam kumpulan big data.


Tugas sebenarnya untuk melaporkan dan mengumpulkan data bisa jadi membosankan dan sulit dibaca, jadi menarik kesimpulan yang berarti dari data tersebut adalah keterampilan yang selalu dapat ditingkatkan,” kata Lauren Petermeyer, manajer strategi dan perencanaan digital di 301 Digital Media.


Perhatian terhadap detail juga berguna ketika analis data membangun proses yang secara efisien menangkap dan menyortir data. Kesalahan kecil dalam satu baris kode dapat membuat seluruh alur kerja menjadi serba salah. Analis data harus selalu waspada terhadap kesalahan kecil yang dapat menyebabkan masalah yang lebih besar dalam sistem.


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


Belajar memulai karir sebagai praktisi data science dengan menggunakan Python, R dan SQL sederhana dengan sign up dan login melalui DQLab Academy! Yuk nikmati kemudahan belajar tanpa ribet melalui live code editor DQLab. Belajar sambil buat portfolio dengan modul DQLab! 


Signup sekarang atau isi form dibawah ini ya Sahabat DQ!

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :