TIKET DQGRATIS UNTUK KAMU!
Sesi Belajar Excel Basic hingga Visualisasi Data Sederhana bersama DQLab  
DAFTAR SEKARANG
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 15 Jam 51 Menit 7 Detik 

Sorting Data di Excel, Yuk Intip Tips & Cara Mudah untuk Pemula

Belajar Data Science di Rumah 07-September-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/8b99fb7d9b4e0a3d48301cb2d0bdcd4f_x_Thumbnail800.jpg

Microsoft excel merupakan salah satu software yang paling sering digunakan oleh praktisi maupun untuk perusahaan sekalipun dalam melakukan pekerjaannya. Jika kamu mendapati diri kamu melakukan secara manual, mungkin kini kamu harus mengubahnya dengan menggunakan Excel. Dengan Excel, penggunaannya pun mudah karena kamu dapat memanfaatkan fitur-fitur di dalamnya seperti melakukan perhitungan sederhana, mengurutkan data, hingga kamu bisa mendapatkan sebuah solusi dalam menyelesaikan hanya dengan satu atau dua klik pada tombol fitur yang ada di Excel.


Jika kamu pemula dan belum pengguna Excel yang kuat serta lebih suka dengan cara efisien dan mudah, nah kekhawatiranmu akan berhenti sampai sini saja. Pada artikel DQLab kali ini, akan membantu kamu menggunakan fitur di Excel salah satunya cara menyortir data bagi kamu pemula sekalipun! Yuk, langsung saja simak artikel berikut dan jangan lupa take notes untuk pembelajarannya.


1. Mengurutkan Data Sesuai Huruf Abjad

Saat kamu memiliki data, terkadang data tersebut belum terorganisir dengan baik. Seperti ketika mengekspor daftar kontak atau data lainnya. Apapun masalah lainnya yang kamu sedang hadapi, saatnya kamu mulai menyusun daftar menurut abjad agar ketika kamu bekerja tidak ada yang tertinggal dan bisa meningkatkan produktivitas kerja. Yuk, simak langkah-langkah berikut:

  • Pastikan data yang kamu miliki sudah lengkap


  • Lakukan ‘Blok’ pada row atau kolom yang ingin kamu pilih


  • Setelah itu, navigasikan ke pilihan ‘Data’ di bagian atas dan pilih ‘Sort’

    (Catatan untuk kamu, jika kamu memiliki ‘headers’ dalam kolom jangan lupa untuk ceklis bagian ‘My list has headers’)

  • Lalu, klik tombol OK dan data yang kamu miliki sudah tersusun!



Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Mengurutkan Data Sesuai Custom Order

Terkadang, tidak semua sorting data hanya ingin mengurutkan satu kolom saja, tetapi ingin mengurutkan dua atau bahkan lebih dalam sekaligus. Misalnya seperti, mengurutkan nama pengunjung, tanggal kedatangan pengunjung serta transaksi yang dilakukan. Adapun langkah yang dapat kamu ikuti sebagai berikut:

  • Blok sel yang ingin diurutkan atau disortir


  • Pilih klik ribbon Home dan pada bagian kanan kamu pilih tombol ‘Custome Sort’ dalam Sort


  • Setelah itu, kamu bisa mengurutkan sesuai keinginanmu. Misalnya seperti melakukan pengurutan tanggal kedatangan, nama pengunjung dan transaksi yang dibeli. Maka pengurutannya sebagai berikut


    Jangan lupa untuk ‘Add Level’ lalu isi kotak ‘Then By’ 

  • Klik tombol OK dan data yang kamu miliki sudah tersusun.



3. Penggunaan Warna dalam Menyortir Data

Adapun cara lain untuk kamu yang ingin menyortir data menggunakan warna, biasanya teknik ini digunakan untuk melihat jenis data berdasarkan ketentuan yang sudah ada misalnya seperti pendataan nilai siswa dibawah rata-rata, memiliki nilai rata-rata, atau diatas rata-rata sekalipun. Yuk, langsung saja simak caranya berikut:

  • Pilih atau blok sel yang ingin kamu sortir



  • Klik ‘Data’ yang ada di toolbar kamu, dan pilih ‘Sort’

  • Jika kamu memiliki ‘headers’ dalam kolom jangan lupa untuk ceklis bagian ‘My list has headers’


  • Kamu akan melihat lima kolom, pada kolom pertama kamu ingin mengurutkan nilai. Maka, pilihlah ‘Nilai’. Selanjutnya saat memilih untuk ‘Short On’ pilih ‘Cell Color’.Tekan tanda ‘+’ di bawah kiri untuk melakukan hal yang sama pada nilai hijau, kuning dan merah

    Pada akhir kolom ‘Color/icon’, kamu bisa memilih warna sesuai ketentuan. Pada kasus ini, nilai diatas rata-rata berwarna hijau, nilai rata-rata berwarna kuning, dan dibawah rata-rata berwarna merah.

  • Kemudian pilih OK dan hasilnya akan seperti ini



4. Mempercepat Penyusunan Data di Excel

Dalam dunia kerja, penyusunan data atau mengurutkan informasi data dalam spreadsheet akan lebih cepat. Penggunaannya pun mudah, bagi kamu seorang pemula sekalipun. Banyak filter dalam Excel yang sangat fleksibel untuk bisa mengurutkan data yang kompleks. Menyortir data, berarti mengatur potongan informasi dalam urutan tertentu hanya saja teknik cara menyortir menggunakan cara tertentu. Manfaat paling penting untuk mempelajari cara mengurutkan di Excel waktu menjadi hemat karena tindakannya dilakukan secara otomatis daripada kamu harus mengetik ulang secara manual setiap data yang ada.


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


5. Yuk, Mulai Implementasikan Ilmunya dengan Bergabung Bersama DQLab!

Mudah bukan penggunaannya? Tentunya masih banyak lagi pembelajaran menggunakan Excel jika kamu memulainya bersama DQLab! Jangan khawatir, pembelajaran di DQLab sendiri banyak pilihan module baik Platinum maupun module Premium sekalipun dan tentunya pembelajarannya sendiri bisa dimanapun dan kapapun. Jadi tunggu apa lagi? Yuk mulai daftarkan diri kamu hanya dengan signup di DQLab lalu kamu akan mendapatkan GRATIS module “Introduction to Data Science with R” atau “Introduction to Data Science with Python”. Menuju masa depan yang gemilang dengan memulai belajar Data Science di era digital ini!


Selamat mencoba Sahabat Data DQLab!



Penulis: Agnes Nurlisa

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!