PROMO PAYDAY! SERBU PAKET DATA SCIENCE 3 BULAN CUMA 100K!
Diskon Spesial 95% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 21 Jam 38 Menit 45 Detik 

Spoiler Rumus Lengkap Excel Bagi Fresh Graduate, Siap Kerja!

Belajar Data Science di Rumah 08-Februari-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/d0ead61b7678f2f5d875e4885198114d_x_Thumbnail800.jpg

Microsoft Excel adalah salah satu software yang digunakan untuk mempermudah proses pengolahan data. Beberapa perusahaan sekarang ini mewajibkan para kandidatnya untuk memiliki keahlian mampu mengoperasikan Excel sebagai syarat untuk melamar pekerjaan. Bagi kalian fresh graduate alias lulusan baru nih, pastinya Excel harus kalian kuasai. 


Kenapa? Karena sekarang excel sudah familiar di perusahaan bidang manapun tanpa terkecuali. Mau kalian bekerja di ranah sales, atau ranah marketing pun Excel tetap dibutuhkan sebagai software pokok dalam menunjang proses pengolahan data perusahaan. Dengan banyaknya ragam rumus serta formula yang disediakan, tentunya Excel sangatlah bermanfaat untuk menyelesaikan pekerjaan kita sehari-hari. Mengingat banyaknya data dan berbagai sheet yang tersedia maka rumus Excel setidaknya dapat membantu produktivitas kerja kita agar lebih rapi dan terstruktur.

Meskipun demikian, walaupun banyak aplikasi spreadsheet yang tersedia ternyata Microsoft Excel selalu menjadi parameter yang digunakan dalam dunia kerja. Beberapa posisi yang dipersyaratkan oleh perusahaan pastinya menggunakan excel sebagai aplikasi pengolah data. 


Pastinya posisi-posisi strategis perusahaan pun juga selalu menggunakan formula khusus. Ketika seorang admin misalnya ingin melakukan pengolahan data, maka perlu menggunakan rumus atau formula untuk menyelesaikan pekerjaannya. Maka dari itu, biasanya kemampuan dasar dalam menggunakan Microsoft Excel selalu menjadi persyaratan wajib dalam setiap job requirements yang ditetapkan perusahaan pelamar kerja dengan menguasai berbagai rumus dasar excel di dunia kerja seperti IF, HLOOKUP, VLOOKUP, SUM, MAX, MIN dan rumus-rumus lainnya. 


Misalnya lagi posisi marketing maka kalian perlu menguasai rumus SUMPRODUCT, COUNT dan lain-lain. Untuk mempercepat pekerjaan dan efisiensi kerja, nampaknya para jobseeker atau fresh graduate perlu mengetahui rumus-rumusnya sebagai bekal kalian dalam meraih pekerjaan impian kalian. Berikut ini DQLab akan berikan kamu spoiler beberapa rumus excel yang bisa kamu pelajari sebagai starter kit menuju dunia kerja utamanya kalian nih para fresh graduate untuk siap kerja. 


Pada artikel DQLab kali ini, kita akan membahas tentang beberapa rumus excel yang bisa kalian pelajari bagi fresh graduate agar siap kerja. Bagi kalian para pemula data tentunya artikel ini wajib untuk disimak dan diketahui sama-sama. Jadi, pastikan simak baik-baik, stay tune and keep scrolling on this article guys!


1. IF dan NOT

Yang pertama adalah fungsi NOT. Fungsi NOT disini adalah salah satu fungsi excel yang digunakan untuk membalikkan nilai logika yang muncul pada Microsoft Excel. Dari yang awalnya bernilai TRUE menjadi FALSE, begitu pula sebaliknya. Fungsi NOT dimanfaatkan oleh para analis data untuk melakukan hasil evaluasi atau merevisi hasil dari pengujian suatu logika. Rumus gabungan antara fungsi NOT dengan penggunaan rumus IF ketika digabungkan akan melakukan uji logika terhadap salah satu kasus. Daripada bingung-bingung, kita langsung ke studi kasusnya aja yuk!


Misalnya pada sebuah seleksi kerja, HRD melakukan cek terhadap integrasi hasil tes kandidat pada kedua tahap. Sebut saja tahapnya adalah tahap interview HRD dan interview user. Jika lolos ke tahap interview HRD maka kandidat langsung masuk ke tahap offering letter dan langsung masuk kerja. 


Kalau kandidat tidak lolos maka HRD akan menguji kembali dengan menyeleksi ke tahap interview user. Kira-kira siapa sajakah kandidat yang berhasil masuk ke dalam tahap offering letter dan siapa yang tidak lolos? Kali ini kita akan gunakan fungsi NOT dengan kasus ini. Berikut adalah data-data kandidat yang melalui tahap seleksi.


excel


Coba sahabat DQ lihat, dari data-data berikut untuk menentukan kandidat yang lulus maka kalian bisa lihat langsung di kolom B. Kolom B berisi kandidat yang lulus dalam tahap interview HRD sehingga dapat melaju ke offering letter atau tanda tangan kontrak. Kemudian disebelahnya, kolom C yang berisi kandidat yang tidak lulus interview HRD tapi masih bisa diberikan kesempatan untuk interview user. Kalau kalian perhatikan ada yang tahap pertama tidak lulus, eh tahap kedua tidak lulus. Tapi ada juga yang tahap pertama tidak lulus menjadi lulus.


excel


Tapi rencananya, kita akan melakukan pembalikan nilai logika menggunakan fungsi NOT. Dari data berikut maka kalian bisa menggunakan rumus excel sebagai berikut untuk mencari nilai kebalikan dari pengujian logika:


excel


Berikut adalah hasil output dari formula diatas:

excel

Kalian bisa lihat sendiri bukan kalau misalnya pada fungsi NOT ini bisa membalikkan nilai pengujian logika dari yang awalnya TRUE menjadi False bahkan sebaliknya. Dari yang awalnya tidak lulus menjadi lulus. Gimana nih keren banget dong yaaa.

excel


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. OR

Yang kedua adalah fungsi OR. Fungsi ini digunakan ketika nilai logika TRUE ada salah satu syarat atau kriteria yang disebutkan bernilai benar atau TRUE. Rumus OR kali ini akan kita kombinasikan dengan rumus IF sebagai rumus pokoknya. Rumus gabungan antara fungsi OR dengan penggunaan rumus IF ketika digabungkan akan melakukan uji logika terhadap salah satu kasus. Daripada bingung-bingung, kita langsung ke studi kasusnya aja yuk!


Misalnya ada data pelamar kerja yang mengikuti seleksi di perusahaan KLP. Ketika masuk dalam tahapan wawancara kerja ternyata dari beberapa kandidat yang terpilih, catatannya yang masuk ke tahap selanjutnya adalah yang memiliki ijazah S1 untuk mengisi kandidat yang dibutuhkan perusahaan. Selain itu, nilai wawancaranya juga harus melebihi diatas 80. Dari data dibawah ini, tentukan siapa saja kandidat yang diterima. Berikut adalah data-datanya:

excel


Coba sahabat DQ perhatikan, dari data-data berikut untuk menentukan kandidat yang lulus maka kalian bisa lihat langsung di kolom C. Kolom C yang memiliki ijazah atau pendidikan terakhir S1. Kemudian disebelahnya, kolom D yang berisi nilai-nilai kandidat dalam hasil tes wawancara (dengan ketentuan nilai lebih dari 80). Pelamar yang tidak memenuhi syarat dan ketentuan dinyatakan TIDAK LULUS dan tidak bisa lanjut ke tahap selanjutnya


Dari data berikut maka kalian bisa menggunakan rumus excel sebagai berikut:

Rumus ini merupakan penggunaan dari gabungan fungsi IF dan OR. Nantinya hasil dari rumus ini akan ditentukan siapakah kandidat yang telah memenuhi kriteria dari seleksi perusahaan. Rumus ini silahkan dienter kemudian copy paste atau bisa drag kebawah sampai selesai. Nanti akan ketahuan hasilnya. Berikut adalah hasilnya:


excel

Dari hasil diatas, ternyata 3 dari 7 kandidat berhasil lolos ke tahap selanjutnya. Ketiga-tiganya memiliki nilai yang tinggi dan sesuai dengan kualifikasi yang diminta perusahaan yaitu S1. Buat kalian yang bertanya-tanya, kenapa kok yang lainnya lulus tapi tidak lanjut. Ya, karena kualifikasi pendidikannya tidak sesuai walaupun memang lolos nilai testnya. Paham yaaa.

excel


3. AND

Perbedaan fungsi OR dan AND terletak pada pengujian fungsinya. Jika pada fungsi OR tadi, nilai logika TRUE akan didapatkan ketika salah satu kriteria yang diujikan mendapatkan nilai benar. Sedangkan kalau fungsi AND nantinya akan menghasilkan nilai logika TRUE ketika semua syarat yang diujikan bernilai TRUE atau Benar. Biar enggak bingung-bingung lagi, kita coba deh pakai studi kasus yuk


Misalnya ada data pelamar kerja yang mengikuti seleksi di perusahaan KLP. Ketika masuk dalam tahapan wawancara kerja ternyata dari beberapa kandidat yang terpilih, catatannya yang masuk ke tahap selanjutnya adalah yang memiliki ijazah SMK untuk mengisi kandidat yang dibutuhkan perusahaan. Selain itu, nilai wawancaranya juga harus melebihi diatas 75. Dari data dibawah ini, tentukan siapa saja kandidat yang diterima. Berikut adalah data-datanya:

excel

Coba sahabat DQ perhatikan, dari data-data berikut untuk menentukan kandidat yang lulus maka kalian bisa lihat langsung di kolom C. Kolom C yang memiliki ijazah atau pendidikan terakhir SMK. Kemudian disebelahnya, kolom D yang berisi nilai-nilai kandidat dalam hasil tes wawancara (dengan ketentuan nilai lebih dari 75). Pelamar yang tidak memenuhi syarat dan ketentuan dinyatakan TIDAK LULUS dan tidak bisa lanjut ke tahap selanjutnya


Dari data berikut maka kalian bisa menggunakan rumus excel sebagai berikut:

excel

Rumus ini merupakan penggunaan dari gabungan fungsi IF dan AND. Nantinya hasil dari rumus ini akan ditentukan siapakah kandidat yang telah memenuhi kriteria dari seleksi perusahaan. Rumus ini silahkan dienter kemudian copy paste atau bisa drag kebawah sampai selesai. Nanti akan ketahuan hasilnya. Berikut adalah hasilnya:

excel

Setelah hasilnya keluar, didapatkan bahwa yang lulus dan memenuhi kriteria hanya Lolita. Dia saja yang memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Dimana perusahaan memiliki kriteria pendidikan dengan kualifikasi SMK. Pasti kalian bertanya-tanya, kenapa lainnya tidak lulus padahal nilainya tinggi-tinggi? Ya, balik lagi dong kan syarat pendidikannya SMK. Jadi kalau misalnya S1 beda cerita lagi. Semoga paham ya sahabat DQ.

excel


4. NOT

Sama seperti bahasan di poin pertama, fungsi NOT digunakan untuk membalikkan kondisi TRUE dan FALSE pada suatu pengujian logika. Ketika kondisi pengujian bernilai TRUE maka hasil fungsi dengan menggunakan NOT menghasilkan nilai False. Ketika kondisi pengujian bernilai FALSE maka hasil dari fungsi NOT menghasilkan nilai TRUE. Kita akan coba melakukan eksperimen dengan fungsi NOT menggunakan pengujian aritmatika berikut

Contoh :

2+6 = 8, bagaimanakah hasil dari fungsi NOT?

excel


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


5. Belajar Excel Dari Dasar Sampai Mahir Yuk Bersama DQLab!

Bingung mau kuasai skill excel untuk persyaratan kerja dan skill wajib untuk pelamar kerja? Gausah ragu dan takut. DQLab jawabannya! Jika kamu penasaran dengan data science dan ingin belajar data science dan excel secara langsung, caranya mudah banget. Kamu bisa loh untuk coba bikin akun gratisnya kesini di DQLab.id dan lakukan signup untuk dapatkan info-info terbaru serta belajar data science.

Pengen mengasah kemampuan kamu sedalam apa sih menguasai Microsoft Excel? Cobain aja quiz basic testnya dari DQLab, free guysss! Kamu juga bisa loh cobain Modul Platinum Excel untuk mengasah kemampuan excel kamu biar lebih oke lagi dan bisa diakses tanpa batas. 


Nikmati pengalaman belajar data science yang menarik bersama DQLab yang seru dan menyenangkan dengan live code editor. Tersedia berbagai macam modul-modul yang terupdate mulai dari free hingga platinum semua dapat diakses jika kamu ingin berlangganan buat akses seluruh modul lengkapnya. Kalian juga bisa mencoba studi kasus penerapan real case industry dan kamu juga diberikan kesempatan mendapatkan job connector dari perusahaan ternama di ranah industri data. Uniknya kamu bisa langsung apply dari akun kamu loh.


Ayo persiapkan dirimu untuk berkarir sebagai praktisi data yang kompeten! Buruan SIGNUP Sekarang ya!


Penulis: Reyvan Maulid


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :