FLASH PROMO!! BELAJAR DATA SCIENCE ONLINE 6 BULAN 399K
Diskon 89%, Akses 74 Modul Data Science Premium, Metode Praktek Sandbox, Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 8 Jam 5 Menit 31 Detik 

SQL Join, Fungsi Cepat Menggabungkan Kolom Tabel

Belajar Data Science di Rumah 25-Oktober-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/d578e3de1d1c99db6a4e3c5be87ae652_x_Thumbnail800.jpg

SQL (Structured Query Language) merupakan bahasa pemrograman yang digunakan dalam pengelolaan database. SQL ini wajib dikuasai oleh para praktisi data. Dalam SQL, terdapat berbagai jenis fungsi join SQL yang dapat digunakan, salah satunya adalah SQL join table. SQL join table secara umum terbagi menjadi inner join, left join, dan right join. Masing-masing jenis memiliki cara penggunaan yang berbeda-beda sesuai dengan tujuannya.


Fungsi join SQL ini digunakan untuk menggabungkan dua tabel yang memiliki key kolom yang sama. Pada saat mendapatkan data penelitian seringkali kita menemukan data yang masih berbeda-beda kolomnya. Dengan menggunakan fungsi join SQL, kita tidak perlu menggabungkan secara baris per baris.


Namun cukup menggabungkannya menggunakan fungsi dengan mudah. Kira-kira apa itu SQL dan apa saja jenisnya? Yuk, simak sedikit penjelasannya di artikel berikut ini!


1. Apa Itu SQL

SQL (Structured Query Language) merupakan bahasa query yang digunakan untuk mengambil informasi tertentu dari database. SQL menjadi salah satu bahasa pemrograman yang populer. SQL populer dalam pengolahan data dan database.


Walaupun sudah banyak jenis database namun mayoritas database tersebut tetap menggunakan dasar SQL. SQL ini dibutuhkan oleh berbagai profesi terutama dalam bidang data seperti data scientist, database administrator, big data architect.

SQL


Baca juga : Saatnya Belajar SQL, Kenali Rekomendasi Query SQL Bagi Pemula


2. Fungsi Join SQL

Join merupakan salah satu perintah dasar dalam SQL yang secara umum berguna untuk menggabungkan tabel atau kolom tertentu yang saling relasional atau saling terkait. Proses ini dibutuhkan dalam tahapan persiapan analisis data.


Dengan data yang terkumpul dengan baik dan informasinya lengkap, maka tentu akan memudahkan dalam proses analisis data untuk menghasilkan kesimpulan yang lebih informatif dan bisa dijadikan bahan pertimbangan membuat keputusan.

SQL


3. Macam-macam Fungsi Join

Pada SQL, terdapat beberapa jenis fungsi join yaitu inner join, left join, dan right join. Inner join merupakan tipe join yang mengambil semua row dari table asal dan tabel tujuan dengan kondisi nilai key yang terkait saja. Left join merupakan perintah join untuk menampilkan semua tabel di bagian kiri dan tabel bagian kanan.


Tabel bagian kiri akan tampil secara keseluruhan dan jika tabel bagian kiri ada yang tidak cocok dengan tabel bagian kanan maka akan menampilkan tulisan ‘Null’. Right join merupakan perintah join untuk menampilkan semua tabel di bagian kanan dan bagian kiri.


Tabel bagian kanan akan tampil secara keseluruhan dan jika tabel bagian kiri ada yang tidak cocok dengan tabel bagian kanan maka akan menampilkan tulisan ‘Null’. 

SQL


4. Contoh Penggunaan

Setelah memahami fungsi join SQL dan beberapa jenisnya, kita akan mencoba memahami contoh penggunaan salah satu fungsi join dalam SQL, yaitu inner join. Inner join merupakan salah satu fungsi yang digunakan untuk menggabungkan kedua tabel. Adapun syntax inner join secara umum adalah sebagai berikut

SQL


Adapun contoh penerapan syntax INNER JOIN untuk menggabungkan tabel adalah sebagai berikut

SQL


Baca juga : Catat! Ini 3 Keuntungan Belajar SQL dalam Mengolah Data


Bahasa pemrograman SQL sama pentingnya dengan bahasa pemrograman lainnya. Kita akan mencoba untuk mempelajari bahasa pemrograman SQL secara dasar dan mudah dimengerti. Salah satu media atau perantara untuk belajar SQL dari dasar adalah DQLab.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :