Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, dan Excel GRATIS
 SIGN UP  

SQL untuk Profesi Data Analyst, Intip Kegunaan dalam Pekerjaannya

Belajar Data Science di Rumah 20-September-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/7b137c6a8d371e25f38abf1e873ff8f9_x_Thumbnail800.jpg

Siapa yang tidak kenal dengan profesi Data Analyst, baik dari latar belakang pendidikannya hingga profesinya, terbuka untuk semua calon talenta data baik dari NON IT sekalipun.Kini, banyaknya kegiatan mengumpulkan data yang dilakukan karena meningkatkan jumlah data yang ada. Sehingga, semakin banyak juga dibutuhkan seseorang yang bisa mengelola dan memahami semua data. Dengan ini, maka Data Analyst telah muncul membantu melengkapi dari proses pengembangan bisnis. Mengingat Data Analyst dekat dengan kegiatan analisis, maka penggunaan SQL menjadi salah satu skill yang wajib jika kamu kuasai. Pada artikel DQLab kali ini, akan membahas pentingnya SQL Data Analyst dalam organisasi atau instansi manapun, penasaran seperti apa pembahasannya? Yuk, langsung saja simak artikel berikut ini


1. Profesi Data Analyst

Sebelum memasuki lebih dalam, pada poin ini akan membahas secara sederhana profesi Data Analyst terlebih dahulu. Seorang Data Analyst, akan menghabiskan waktu dalam pekerjaannya dengan menggali lebih dalam pada dataset dan memanfaatkannya menjadi data yang berguna untuk perusahaan mereka bekerja. Tugas-tugasnya mencakup seperti menganalisis sistem data, mengotomatiskan informasi yang didapatkan, dan juga membuat laporan kepada pihak yang penting dalam perusahaan untuk menerapkan data sebagai metode berbisnis. Terlepas dari industri atau instansi seperti apa yang dilakukan, kini sudah banyak yang memiliki sumber daya manusia atau pekerja Data Analyst dalam perusahaan mereka karena perlunya seseorang yang ahli dalam bidang pengolahan data, lalu menemukan temuan baru pada data tersebut dalam upaya peningkatan perusahaan mereka. 


Baca juga : Kenali Perbedaan Data Scientist, Data Analyst dan Data Engineer


2. Penggunaan SQL dalam Menganalisis Data

Pada pengembangan data tersebut, maka seorang Data Analyst membutuhkan tools yang bisa digunakan untuk menganalisis secara relasional dalam penafsirannya yaitu dengan menggunakan SQL. Menganalisis data menggunakan SQL untuk memanipulasi data, memahami data, mengakses dan membaca pada data, serta menganalisis data sebelum disimpan kedalam database. Dengan demikian, dapat membantu dalam memperoleh strategi bisnis yang konstruktif dan tepat. Perlu diketahui, SQL merupakan salah satu skill yang sangat dibutuhkan secara global jika kamu ingin berkarir dalam bidang Data Science. Adanya peningkatan jumlah data yang setiap harinya ada, maka memungkinkan profesi Data Analyst menjadi salah satu praktisi juga yang sering dicari dan dipekerjakan agar data bermanfaat.


3. Keterampilan Lainnya yang Harus Dimiliki

Adapun keterampilan lain selain SQL jika kamu ingin berkarir sebagai Data Analyst dan untuk memenuhi kriteria pekerjaan yang inginkan diantaranya seperti 

  • Matematika dan Statistika, akan memudahkan kalian dalam melakukan penyusunan atau pembuatan formula dalam pengoperasiannya. Statistika digunakan sebagai tools untuk menginterpretasikan hasil dari perhitungan formula telah didapatkan

  • Excel, sudah banyak perusahaan yang mencantumkan ‘Excel’ sebagai salah satu skill syarat dalam perusahaan. Seorang Data Analyst harus mahir dan menggunakan fungsi Excel dengan maksimal, karena secara teknis membantu dalam mengatur data dan juga pola pemberitahuan yang baik pada tren serta kegiatan pengolahan data bisa menghindari dari kesalahan yang besar kerugiannya.

  • Bahasa pemrograman, hal ini menjadi salah satu keterampilan penting untuk mengoperasikan data sebagai Data Analyst. Dengan mengetahui satu atau lebih Bahasa pemrograman seperti R atau Python maka dalam menganalisis data menjadi lebih efisien serta membantu dalam uji testing. Tidak harus membuat koding pada setiap tahapan analisis, hal ini Data Analyst sangat berdekatan dengan Big Data sehingga membutuhkan kontrol dalam menganalisanya.


4. Role SQL Data Analyst

Jika kamu sudah memahami pada beberapa poin diatas dan kamu memiliki ketertarikan untuk mencoba bahasa pemrograman, SQL menjadi salah satu pembelajaran yang sesuai terutama bagi pemula sekalipun. Sederhananya, SQL memiliki struktur bahasanya yang sederhana dan aplikasi yang bisa digunakan open-source, selain itu SQL dapat memberi latihan dalam menggunakan dan menafsirkan data serta menarik kesimpulan pada data yang volume besar sekalipun. Dengan melatih analisis data menggunakan SQL, kamu bisa menjadi Data Analyst SQL lho.


SQL Data Analyst sendiri yaitu bekerja merancang skrip dan juga program untuk melakukan fungsi pada data tertentu dan menganalisis serta memelihara data dengan ini dapat membantu meningkatkan bisnis serta produktivitas mereka, biasanya lingkup kerja mereka berada dalam kantor dan melaporkan kepada manajer atau data supervisor. Adapun beberapa pekerjaan yang dilakukan yaitu seperti:

  • Mengintegrasikan Data

  • Membuat Fungsi Database

  • Melakukan Laporan ketika sudah melakukan analisis sesuai dengan topik Database

  • Clean Database, hal ini menghapus file data yang tidak digunakan dan informasi yang tidak relevan untuk memberikan ruang database


Baca juga : Data Analyst vs Data Scientist, Yuk Kenali Perbedaannya


5. Ingin Belajar Analisis Data Menggunakan SQL? Yuk, Mulai Bergabung bersama DQLab

Meskipun mungkin kamu memiliki beberapa kekhawatiran untuk memulai karir di bidang Data Science terutama keterampilan secara teknis yang tidak sesuai dengan latar belakang, tenang saja kamu bisa melakukan pembelajarannya bersama DQLab! Hampir semua praktisi data terutama Data Analyst memiliki keterampilan SQL ini, karena kegunaannya sangat membantu mereka dalam menganalisis data maupun sebagai bantu loncatan yang digunakan merajut karir mereka. Di DQLab, terdapat banyak pembelajaran yang bisa kamu manfaatkan dengan baik serta module pembelajarannya yang fleksibel dan sesuai dengan kebutuhan yaitu module Premium dan module Platinum.


Jika kamu masih bingung atau ragu untuk mencobanya, kamu bisa lho ikut pembelajaran gratis. Caranya mudah, kamu tinggal signup di DQLab lalu kamu bisa nikmati module GRATIS “Introduction to Data Science with R” atau “Introduction to Data Science with Python”. Tunggu apalagi? Yuk, pertajam skill analisismu dan bersiap dalam berkompetisi di industri 4.0.


Selamat mencoba Sahabat Data DQLab!

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!