MAU PUNYA SKILL DATA SCIENCE YANG AMAYZING?
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 150K  | Pakai Kode: AMAYZING
BURUAN SERBU!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 0 Jam 51 Menit 16 Detik 

Statistik Inferensial Kenali Jenis Hingga Contoh di Semua Bidang

Belajar Data Science di Rumah 12-Maret-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/c5c6fc9665ddb78961e4e9e0d32efdef_x_Thumbnail800.jpg

Statistika inferensial adalah metode yang biasa digunakan untuk membandingkan perbedaan perlakuan di beberapa grup atau kelompok. Metode ini menggunakan pengukuran dari sample objek pada sebuah eksperimen. Sample tersebut akan ditempatkan pada beberapa kelompok yang berbeda dan setiap kelompok mendapatkan perlakuan yang berbeda. Hasil dari setiap kelompok akan diaplikasikan untuk sampel yang lebih besar. Statistika inferensial banyak digunakan untuk menjelaskan situasi atau fenomena dimana kita bisa menjelaskan kesimpulan berdasarkan ekstrapolasi. Statistika inferensial sangat berbeda dengan statistik deskriptif.

Statistika inferensial memiliki banyak jenis dan setiap jenis digunakan untuk model penelitian yang spesifik dan memiliki karakter sampel yang berbeda-beda. Peneliti harus memahami statistika inferensial sebelum melakukan analisis data yang telah didesain pada penelitian. Statistika inferensial pun sering digunakan di berbagai bidang dan sektor industri. Pada artikel kali ini kita akan membahas beberapa metode statistika yang masuk dalam kategori statistika inferensial beserta contohnya. Yuk simak artikel ini hingga akhir!


1. Regresi Logistik

Regresi logistik atau dikenal juga dengan logit regression adalah sebuah model regresi dimana variabel dependennya berbentuk data kategorik. Regresi logistik digunakan apabila variabel dependennya bersifat dikotomik, misalnya ya dan tidak atau 1 dan 0. Sama seperti model regresi lainnya, regresi logistik adalah sebuah analisis prediktif. Tujuan dari analisis ini adalah untuk menemukan model terbaik untuk mendeskripsikan hubungan antara karakteristik dikotomik sebagai variabel dependen dan variabel independen. Contoh penggunaan regresi logistik adalah untuk menjawab pertanyaan ‘apakah berat badan mempengaruhi serangan jantung?’ dan jawabannya hanya ada dua yaitu ya dan tidak. Berat badan merupakan variabel independen dan jawaban ya dan tidak sebagai variabel dependen.

Statistik


Baca juga : Pengolahan Data Statistik Parametrik dan Non-Parametrik


2. Analysis of Variance

Analysis of variance adalah metode statistika yang sangat populer untuk menguji dan menganalisis perbedaan antara dua atau lebih rata-rata. Metode yang dikenal dengan ANOVA ini bertujuan untuk mencari perbedaan rata-rata yang signifikan antara dua kelompok atau lebih. Contohnya, seorang murid ingin memahami bagaimana pengetahuan geografi murid yang mengikuti ekstrakulikuler bola, baseball, dan basket. Murid tersebut bisa menggunakan analisis ANOVA untuk menganalisis apakah level pengetahuan setiap anak di ekstrakulikuler berbeda atau tidak.


3. Analysis of Covariance

Analysis of covariance digunakan apabila dalam ANOVA terdapat variabel independen yang bersifat kontinu. Analysis of covariance atau dikenal juga dengan ANCOVA adalah gabungan dari ANOVA dan analisis regresi. Metode ini digunakan untuk melihat perbedaan nilai mean dari variabel dependen. Contoh penggunaan ANCOVA adalah untuk mencari ketertarikan konsumen untuk membeli barang yang ditawarkan oleh seorang sales dengan level harga yang berbeda dan bagaimana respon konsumen terhadap produk tersebut.


4. Analisis Korelasi

Analisis korelasi merupakan metode statistika yang digunakan untuk melihat bagaimana kekuatan hubungan antara dua variabel. Analisis ini sangat berguna ketika kita ingin melihat apakah ada kemungkinan koneksi antara dua variabel dan seberapa besar korelasinya. Metode ini bisa digunakan untuk variabel kuantitatif atau variabel kategorik. Contoh korelasi tinggi adalah kalori yang dikonsumsi seseorang sangat mempengaruhi berat badannya, sedangkan contoh korelasi rendah adalah level pendidikan seseorang berpengaruh pada tipe roti yang ia beli.

Statistik


Baca juga : Yuk Pelajari Macam-Macam Metode Analisis Statistika


5. Belajar Statistika untuk Data Science Bersama DQLab

Tahukah kamu jika metode statistika dapat diaplikasikan pada data science? Well pada dasarnya, statistika merupakan bagian dari data science sehingga semua metode statistika baik yang sederhana maupun yang kompleks dapat diaplikasikan pada project data science. 

Metode statistika ini akan lebih powerful dalam bidang data science apabila dikombinasikan dengan tools tertentu seperti R dan Python. Yuk belajar cara mengaplikasikan metode statistik pada data science bersama DQLab

Klik button di bawah ini untuk sign up dan nikmati modul dan e-book gratis dari DQLab sebagai bekal belajar memperdalam data science. Selamat belajar Sahabat DQ!


Penulis: Galuh Nurvinda K

Editor: Annissa Widya Davita


Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!