PROMO PAYDAY! SERBU PAKET DATA SCIENCE 3 BULAN CUMA 100K!
Diskon Spesial 95% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 22 Jam 17 Menit 34 Detik 

Statistik vs Statistika, Kenali Bedanya Sebelum Menulis Jurnal Ilmiah

Belajar Data Science di Rumah 09-Maret-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/07892b2f0606b7578bd826b5c184458c_x_Thumbnail800.jpg

Statistik vs statistika, dua istilah yang terdengar sama namun ternyata memiliki arti dan makna yang berbeda. Ketika berbicara, istilah statistik dan statistika sering digunakan untuk arti yang sama, namun ketika kita menulis sebuah tulisan ilmiah seperti jurnal, kita harus menggunakan istilah yang tepat. Disinilah kita harus memahami apa perbedaan statistik dan statistika. Sebenarnya, baik statistik maupun statistika sama-sama digunakan dalam proses analisis dan pengolahan data. Namun kita harus bisa membedakan kapan kita menggunakan istilah statistik dan kapan kita harus menggunakan istilah statistika.


Walaupun statistik dan statistika sering digunakan untuk menjelaskan sesuatu yang sama, namun ternyata ada perbedaan antara kedua istilah tersebut loh. Perbedaan tersebut bisa dilihat dari berbagai aspek dan ternyata sangat mudah untuk membedakan statistik dan statistika. Bahkan, dari pengertian statistik dan statistika pun sudah berbeda. Penasaran bagaimana cara membedakan kedua istilah tersebut? Yuk simak artikel ini sampai akhir!


1. Berdasarkan Pengertian

Berdasarkan pengertian statistik dan statistika, kedua istilah ini sangat berbeda. Statistik adalah sebuah ilmu yang mempelajari mengenai data dan statistik, sedangkan statistik adalah data-data yang diolah atau dipelajari menggunakan ilmu statistika. Jadi statistik merupakan objek yang dipelajari menggunakan statistika. Nah, dari sini kita sudah bisa membayangkan kalau ternyata statistik dan statistika sangat berbeda, bukan? Selain dari aspek pengertian, ternyata ada juga aspek lain yang bisa membedakan antara statistik dan statistika. 

statistik


Baca juga : Pengolahan Data Statistik Parametrik dan Non-Parametrik


2. Berdasarkan Tujuannya

Jika dari pengertian statistik dan statistika saja sudah berbeda, sudah pasti dari segi tujuannya pun berbeda. Sebagai sebuah ilmu, statistika digunakan untuk mempermudah pekerjaan kita dalam menganalisis dan memproses data. Dengan ilmu ini, kita bisa mengolah, menganalisis, dan menginterpretasikan data yang sebelumnya tidak bisa dibaca menjadi insight yang berguna bagi banyak bidang. Jika statistika merupakan suatu bidang ilmu, maka statistik adalah hasil data yang telah dikumpulkan, diolah, serta diinterpretasikan menjadi suatu output baik grafik, tabel, maupun text. Jadi  tujuan dari statistik adalah sebagai "bahan baku" dari statistika yang digunakan untuk bahan pengambilan keputusan yang lebih baik.


3. Berdasarkan Metodenya

Dalam ilmu statistika, metode yang digunakan yaitu survei dan eksperimen. Kedua metode ini digunakan untuk mengidentifikasi dan menganalisis suatu objek menggunakan media responden. Pada statistika, metode yang digunakan lebih fokus pada pengolahan data yang dikumpulkan dan data-data ini akan dikeluarkan menjadi statistik. Sementara pada statistik, metode yang digunakan merupakan metode interpretatif terhadap output dari statistika untuk dikembangkan menjadi insight yang berguna.

statistik


4. Contoh Statistik dan Statistika

Agar lebih mudah dipahami, yuk kita bahas contoh-contoh statistik dan statistika. Contoh statistika meliputi metode yang digunakan untuk mengolah data seperti, pengolahan data kondisi pekerja di Indonesia menggunakan analisis cohort, prediksi suatu pasar menggunakan metode metode forecasting, menganalisis bagaimana karakteristik konsumen berdasarkan lokasi menggunakan metode clustering, dan lain sebagainya. Sedangkan contoh statistik lebih mengacu pada data yang banyak digunakan untuk analisis statistika seperti data kependudukan milik BPS, data belanja negara milik Kementerian Keuangan, data lahan di suatu daerah dari dinas pertanian, dan lain sebagainya.


Baca juga : Yuk Pelajari Macam-Macam Metode Analisis Statistika


5. Belajar Metode Statistika untuk Data Science dengan Modul DQLab

Tahukah kamu jika banyak metode statistika yang bisa diaplikasikan dalam data science? Tools yang digunakan sedikit berbeda dengan software statistik seperti SPSS atau Minitab. Untuk data science, kita akan lebih banyak menggunakan bahasa pemrograman seperti R dan Python. Yuk belajar cara mengaplikasikan statistika pada data science menggunakan bahasa pemrograman yang banyak digunakan di dunia industri! Klik button di bawah ini untuk sign up dan nikmati modul dan e-book gratis dari DQLab sebelum belajar data science lebih jauh. Selamat belajar!


Penulis: Galuh Nurvinda K

Editor: Annissa Widya Davita

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :