MAU PUNYA SKILL DATA SCIENCE YANG AMAYZING?
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 150K  | Pakai Kode: AMAYZING
BURUAN SERBU!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 0 Jam 14 Menit 26 Detik 

Step Membuat Visualisasi Data yang Menarik dengan Python

Belajar Data Science di Rumah 09-Agustus-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/5fec67e2ab8944edef05c45057d68719_x_Thumbnail800.jpg

Visualisasi data adalah salah satu senjata ampuh dalam data science. Kata visualisasi ini merujuk pada teknik penggambaran berbagai jenis grafik untuk mewakili data. Umumnya, titik-titik data divisualisasikan dalam bentuk scatter plot atau histogram dengan tujuan agar insight yang didapatkan dari hasil pengolahan data lebih sederhana. Selain itu, manusia cenderung lebih mudah mempelajari sesuatu menggunakan bagan atau gambar, oleh karena itu, visualisasi data dinilai lebih efektif untuk menyampaikan informasi dan mudah diterima oleh otak manusia. Visualisasi data juga dapat membantu data scientist untuk mempresentasikan hasil temuannya kepada stakeholder dan nantinya temuan tersebut akan digunakan untuk data pendukung pengambilan kebijakan.

Bagi seorang big data analyst, visualisasi data yang baik dan jelas adalah kunci untuk mengomunikasikan insight yang mereka temukan dengan lebih baik. Dengan volume data yang terus meningkat, mustahil bagi seorang data scientist untuk bercerita tanpa visualisasi data. Salah satu tools yang banyak digunakan oleh profesional di bidang data untuk mengubah angka menjadi informasi yang insightfull adalah Python. Bahasa pemrograman ini menawarkan berbagai packages visualisasi data yang bisa kita manfaatkan untuk membuat visualisasi yang menarik. Bagaimana caranya? Pada artikel kali ini DQLab akan menjelaskan empat steps yang bisa kita terapkan untuk membuat visualisasi data yang menarik. Penasaran? Yuk simak artikel ini hingga akhir!


1. Import Data

Step ini merupakan step pertama dan terpenting dimana dataset akan dibaca oleh python sehingga data tersebut dapat divisualkan. Salah satu kelebihan python adalah bahasa pemrograman ini bisa disambungkan dengan berbagai tools penyimpanan dan manajemen database, seperti excel, cloud, SQL, dan lain sebagainya. Misalnya, jika data yang kita import adalah data penjualan, maka kita dapat dengan mudah membuat bagan atau grafik yang menunjukkan trend penjualan setiap harinya.


Baca juga : Belajar Python untuk Hasilkan Visualisasi Data


2. Visualisasi Dasar Menggunakan Matplotlib

Matplotlib digunakan untuk membuat plot dan perubahan pada angka. Selain itu, package ini dapat digunakan untuk mengubah ukuran grafik. Pada step ini, seorang big data analyst dapat menyesuaikan grafik yang ia buat menjadi lebih menarik. Pada step ini seorang big data analyst juga dapat menggunakan scatter plot untuk menentukan hubungan antara dua variabel yang akan diplot. Matplotlib merupakan salah satu package yang powerful. Package ini memiliki berbagai fitur pembuatan grafik dengan warna yang menarik.


3. Visualisasi Lanjutan Menggunakan Matplotlib

Maksud dari visualisasi lanjutan pada step ini adalah menambahkan diagram batang, penambahan sumbu horizontal atau vertikal, serta menambahkan diagram donat atau diagram lingkaran. Seperti yang telah dijelaskan pada step sebelumnya, package matplotlib merupakan salah satu package python yang powerful, selain karena banyak fitur diagram yang bisa dibuat menggunakan package ini, matplotlib juga dapat dikolaborasikan dengan fungsi dan package lainnya sehingga visualisasi lebih advanced.


4. Membuat Visualisasi Data dengan Cepat Menggunakan Seaborn

Sama seperti matplotlib, seaborn juga merupakan packages visualisasi data powerful yang dimiliki oleh bahasa pemrograman python. Beberapa kegunaan package ini adalah dapat membangun visualisasi data dengan cepat, memiliki fitur API untuk menekankan fokus pada elemen kunci yang ada di grafik, dan memiliki bermacam-macam tema default yang menarik.


Baca juga : Cara Membuat Visualisasi Data Trend dengan Excel


5. Belajar Mengenal Visualisasi Data bersama DQLab Yuk!

Seperti yang telah dijelaskan di awal, pada era big data, tidak mungkin seorang data scientist bercerita tanpa visualisasi data. Oleh karena itu, skill visualisasi data merupakan salah satu skill yang dibutuhkan dalam proses pengolahan data. Yuk mulai belajar visualisasi data untuk mempersiapkan karir di era big data! Klik button di bawah ini dan nikmati berbagai program belajar dari DQLab sebagai persiapan untuk memasuki era big data. Nikmati pula berbagai fitur pendukung belajar seperti modul interaktif yang dilengkapi live code, video penjelasan, sharing dengan praktisi data, serta challenge untuk mengukur kemampuan analisis dan visualisasi datamu. Tunggu apa lagi? Yuk belajar bersama DQLab!



Penulis: Galuh Nurvinda K

Editor: Annissa Widya Davita

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!