PROMO PAYDAY! SERBU PAKET DATA SCIENCE 3 BULAN CUMA 100K!
Diskon Spesial 95% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 4 Jam 37 Menit 52 Detik 

Step Mudah Menjadi Data Scientist di Tahun 2022

Belajar Data Science di Rumah 15-Juni-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/fc18768ccdbb3e03bb01b2b394883769_x_Thumbnail800.jpg

Seorang data scientist menggunakan data untuk memahami dan menjelaskan fenomena di sekitar mereka, dan membantu organisasi membuat keputusan yang lebih baik. Bekerja sebagai data scientist memiliki tantangan tersendiri, baik dari segi intelektual, bagaimana cara menggunakan tools analisis yang tepat, di bidang teknologi yang terus berkembang dan semakin canggih, dan lain sebagainya. Data scientist merupakan role yang mulai dikenal dan banyak memiliki peminat. Hal ini karena semakin besarnya produksi data sehingga peluang kerjanya masih sangat tinggi.


Data scientist bekerja untuk mencari cara untuk menjawab pertanyaan atau problem menggunakan data. Mereka sering mengembangkan model prediktif untuk peramalan. Seorang data scientist dalam sehari-hari bertugas untuk menemukan pola dan tren dalam kumpulan data untuk mengungkap insight, membuat algoritma dan model data untuk memperkirakan hasil, memanfaatkan teknik machine learning untuk meningkatkan kualitas data atau penawaran produk, memberikan rekomendasi kepada tim lain dan staf senior, menggunakan tools data seperti Python, R, SAS, atau SQL dalam analisis data dan lain sebagainya.


Pertanyaannya, bagaimana cara menjadi data scientist? Pada artikel kali ini DQLab akan menjelaskan langkah mudah yang bisa kamu ikuti untuk berkarir menjadi data scientist.


1. Menentukan Fokus

Data science adalah bidang luas dengan peluang tak terhitung untuk terus berkembang dan mencapai kesuksesan. Jika kamu ingin menjadi data scientist, maka kamu perlu mengidentifikasi industri mana yang akan kamu pilih. Data Science digunakan di sebagian besar industri sampai tingkat tertentu. Ada lima sektor utama di mana para data scientist banyak berkecimpung, yaitu ritel, perawatan kesehatan, keuangan, manufaktur, dan transportasi. 


Industri ini cenderung memiliki permintaan tinggi akan data science karena mereka perlu mengumpulkan data dalam jumlah besar, melakukan analisis yang akurat dan efisien untuk mengidentifikasi tren, memberikan insight yang membantu dalam pengambilan keputusan bisnis, dan mengoptimalkan proses untuk operasi, klien, dan pelanggan.


data scientist


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Mengasah Skills

Skills esensial yang paling dibutuhkan oleh seorang calon data scientist adalah matematika dan computer science. Keterampilan matematika yang harus dikuasai adalah aljabar linier, statistik, kalkulus, dan matematika diskrit. Selain itu, ada skills teknis yang harus dikuasai oleh data scientist, tidak harus semua namun setidaknya ada satu bahasa pemrograman dan database manajemen tools yang dikuasai.


Tools tersebut adalah Python, R, Java, SQL, NoSQL, dan HTML. beberapa industri juga memerlukan skills tambahan seperti Hadoop, Tableau, serta soft skills seperti problem solving.


data scientist


3. Ambil Pendidikan Atau Kursus

Data science adalah bidang yang menggabungkan pemahaman tekori dan praktek. Oleh karena itu, pendidikan dan banyak latihan adalah salah satu cara untuk menjadi data scientist handal. Jika kamu punya banyak waktu luang dan biaya, kamu bisa mulai mengikuti program pendidikan formal di bidang data science karena saat ini sudah ada beberapa kampus di Indonesia yang menyediakan program studi data science.


Namun jika kamu tidak memiliki banyak waktu dan biaya, kamu tetap bisa belajar dengan mengikuti bootcamp atau kursus dengan waktu dan biaya yang bisa kamu sesuaikan.

data scientist


4. Memahami Pekerjaan Entry Level

Setelah mempelajari dan menguasai skills data science, kamu bisa mulai melamar posisi data science entry level. Agar persiapanmu lebih matang, kamu harus mengetahui apa pekerjaan dan tanggung jawab data scientist pemula. Psst, DQLab kasih bocoran, ya! 


Entry level data scientist biasanya bertanggung jawab untuk menyiapkan dan mengelola studi untuk memfasilitasi pengumpulan data, membangun tools untuk mengotomatiskan pengumpulan data, memformat ulang data untuk mempermudah analisis, mengurai kumpulan big data untuk mendapatkan informasi yang berguna, menggunakan data untuk mengembangkan kesimpulan bisnis strategis, serta membuat laporan dan presentasi.


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


Ingin belajar dan mempraktikkan data science secara langsung namun masih bingung harus belajar dari mana? Yuk belajar dengan modul dari DQLab dan praktekkan langsung di modul dengan live code editor DQLab! 


Klik button di bawah ini atau sign up melalui DQLab.id untuk mengakses FREE modul "Introduce to Data Science" dan nikmati pengalaman unik menggunakan live code editor DQLab.


Penulis: Galuh Nurvinda K

Editor: Annissa Widya Davita



Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :