TEBUS HOKI! BELI 1 GRATIS 1
Belajar Data 6 BULAN GRATIS 6 BULAN hanya Rp180K!

0 Hari 2 Jam 28 Menit 6 Detik

Sudah Tahu Jobdesc Data Scientist 2024?

Belajar Data Science di Rumah 01-Februari-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-rabu-02-2024-02-01-150419_x_Thumbnail800.jpg

Salah satu profesi yang cukup mencuri perhatian kita saat ini adalah data science. Hal ini disebabkan karena perkembangan teknologi yang sangat pesat membuat perkembangan data juga menjadi sangat pesat. Profesi ini juga sangat banyak dibutuhkan oleh perusahaan untuk memproses data milik perusahaan mereka. Dengan bantuan data scientist, perusahaan dapat membuat sebuah informasi baru yang baik bagi bisnis. 


Nah, jika kalian berminat untuk berkarir di dunia data ini, kalian harus memahami apa saja job description dari profesi ini. Job description data scientist ini adalah tugas-tugas yang dikerjakan oleh seorang  data scientist seperti mengumpulkan dan menggabungkan data. Selain hal tersebut, apa sajakah tugas dari data scientist yang sangat penting di dalam sebuah perusahaan? Pada artikel kali ini, kita akan membahas tugas-tugas data scientist ini. Yuk kita simak pembahasannya!


1. Menganalisis Data Perusahaan

Menganalisis data adalah suatu tugas yang wajib dilakukan data scientist. Untuk sebuah perusahaan yang sudah berskala menengah, data scientist akan melakukan beberapa hal seperti mengambil data yang berasal database dengan menggunakan SQL, membuat tabel pivot,dan juga melakukan visualisasi data dalam bentuk grafik. Ada beberapa perusahaan yang memberikan tugas untuk melakukan analisis akun Google Analytic perusahaan. 


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Mengambil Data dari Banyak Sumber

Seorang data scientist juga dituntut untuk mengambil data dari sumber lain. Hal ini dilakukan karena biasanya data milik perusahaan tidaklah cukup untuk mengambil sebuah keputusan bisnis. Sehingga seorang data scientist harus menguasai bagaimana cara mengambil sebuah data dari sumber lain tersebut. Seorang data scientist bisa menggunakan berbagai cara seperti menghubungkan API untuk mendapatkan data tambahan, bisa juga dengan crawling data yang ada di website, dan sebagainya.

Data Scientist



3. Keamanan dan Privasi Data

Keamanan dan privasi data adalah hal sensitif bagi sebuah perusahaan. Hal ini dilakukan untuk menjaga kerahasiaan dari data yang dimiliki oleh perusahaan. Data-data yang diamankan biasanya adalah data-data milik karyawan, data konsumen, dan data sensitif lainnya. Selain itu keamanan data dan privasi data dilakukan untuk menjaga integritas dari sebuah perusahaan. 

Data Scientist


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


4. Eksperimen dan Inovasi

Data scientist juga haruslah memiliki inovasi baru dari data yang sudah mereka kumpulkan dan mereka proses. Dengan memiliki inovasi baru dari data, perusahaan bisa menentukan strategi lainnya yang bisa bersaing di pasar bisnis. Seorang data scientist juga haruslah mengikuti perkembangan terbaru dalam bidang data science untuk memperbarui praktik dan metode kerja mereka, maka dari itu mereka harus melakukan eksperimen terhadap data baru yang mereka dapatkan.


Yuk, bulatkan tekad kamu mulai berkarir atau witch karir di bidang data analyst sekarang juga. Nggak usah overthinking karena tidak memiliki background pendidikan yang linier dengan itu. Kamu bisa mulai bangun portfolio datamu yang outstanding dengan Modul Data Analyst Career Track bersama DQLab dan nikmati modul-modul dari dasar hingga tingkat mahir. Caranya dengan Sign Up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab:

  • Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  • Pilih menu Learn

  • Pilih menu Career Track

  • Lalu Pilih menu Data Analyst

Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :