DISKON 95%! BIG PROMO 8.8 MENARIK DI TANGGAL CANTIK
Belajar Data Science 6 Bulan bareng ahli + dapat sertifikat hanya Rp. 188K 
BURUAN AMBIL
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 3 Jam 42 Menit 32 Detik 

Sudah Tahu SQL Join Table? Yuk Belajar Bersama DQLab

Belajar Data Science di Rumah 19-Juli-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/7781ed5885c5931dc91f7d3682ee2c73_x_Thumbnail800.jpg

SQL merupakan kepanjangan dari Standard Query Language. SQL merupakan salah satu bahasa pemrograman yang digunakan untuk mengakses, mengubah, dan memanipulasi data dari database. 


SQL memiliki tiga jenis query, yakni DDL (Data Definition Language), DML (Data Manipulation Language), dan DCL (Data Control Language). Pada dunia kerja, SQL akan membantu kalian untuk mengetahui set data secara detail. SQL ini menjadi salah satu skill penting yang harus dimiliki oleh seorang praktisi data. 

  

Belajar SQL tidaklah sulit, karena struktur bahasa yang digunakan sederhana yakni dengan menggunakan kata-kata dalam bahasa inggris seperti select, from, where, join dan lain-lain. Pada artikel kali ini, kita akan membahas lebih dalam seputar join, mulai dari definisi join, pentingnya menggunakan join, jenis-jenis join dan kapan join dapat digunakan. 


Penasaran? Yuk simak artikel dibawah ini!

 

1. Definisi Join

sql

Join merupakan salah satu perintah pada SQL untuk melihat data pada sebuah table yang berelasi atau tidak tapi masih memiliki hubungan terkait. Artinya kalian dapat melihat atau menampilkan data dari beberapa tabel dan melihat terdapat kesamaan antar tabel meskipun terdapat isi data yang berbeda.


Misalnya kalian ingin melihat hubungan antara tabel alamat pelanggan dengan tabel nomor pelanggan berdasarkan nama pelanggan. Nah, disini kalian akan menggunakan kolom nama pelanggan sebagai primary key (PK) untuk menggabungkan kedua tabel tersebut.


Baca juga : Saatnya Belajar SQL, Kenali Rekomendasi Query SQL Bagi Pemula


2. Pentingnya Join pada SQL

Fungsi join adalah untuk menghubungkan satu tabel dengan tabel lainnya. Kenapa penggunaan join pada SQL itu penting? Penggunaan join memperbolehkan kalian untuk mengambil data dari beberapa tabel dengan menggunakan satu query


Join sangat diperlukan karena rancangan tabel pada sistem biasanya sudah di normalisasi untuk menghindari redundansi pada data. Pada bahasa pemrograman SQL, operasi join antar tabel merupakan operasi dasar pada database yang sangat penting. 


3. Jenis-Jenis Join yang Sering Digunakan

Terdapat empat jenis join yang dapat kalian gunakan jika kalian akan berkecimpung ke dunia data. Jenis-jenis join diantaranya inner join, left join, right join, dan full join.

sql

  1.  Inner Join

    Inner join menjadi salah satu perintah di SQL yang sering digunakan oleh praktisi data. Inner join digunakan untuk menggabungkan beberapa tabel sehingga data yang didapat akan memiliki nilai yang sama pada sebuah database.

  1. Left Join

    Left join adalah salah satu perintah join yang berfungsi untuk menampilkan semua data dari tabel sebelah kiri yang di join kan dengan data dari tabel sebelah kanan yang memiliki nilai sama. 

  1. Right Join

    Right join memiliki fungsi yang berkebalikan dengan left join, yang artinya fungsi ini akan menampilkan semua data dari tabel sebelah kanan yang di join kan dengan data dari tabel sebelah kiri yang memiliki nilai sama.

  1. Full Join

    Full join merupakan salah satu perintah untuk menggabungkan seluruh data dari kedua tabel yang akan di join kan. Intinya adalah fungsi ini merupakan gabungan dari semua fungsi yang sudah dijelaskan di atas karena hasil dari full join akan menggabungkan kedua tabel.


Baca juga : Catat! Ini 3 Keuntungan Belajar SQL dalam Mengolah Data


4. Kapan Join Digunakan

Perintah join pada SQL digunakan pada saat kalian ingin menggabungkan beberapa tabel. Hal ini terjadi jika data yang kalian perlukan berada pada tabel yang berbeda. Misalnya, kalian memiliki Tabel A dan Tabel B dari database. Dari kedua tabel tersebut kalian hanya memerlukan beberapa data saja. Pada keadaan ini kalian akan membuat sebuah query untuk mengambil datanya. 


Agar data yang kalian ambil sesuai dengan kebutuhan, kalian dapat menggunakan perintah join untuk mengambil beberapa kolom yang kalian butuhkan. Penggunaan join dapat disesuaikan dengan kebutuhan data yang sedang kalian olah. 


Belajar SQL dapat dilakukan oleh semua orang, termasuk pemula yang akan berkarir menjadi seorang praktisi data. Bagi kalian yang ingin memperdalam ilmu seputar SQL, kalian dapat mulai belajar di DQLab. 


Disini kalian tidak hanya belajar materi seputar SQL tetapi kalian juga akan bisa mengerjakan project SQL untuk mengasah skill kalian. Tidak hanya itu, kalian juga dapat mempelajari bahasa pemrograman lain seperti R dan Python. 


Yuk mulai belajar data science dengan melakukan sign up di DQLab.id!


Penulis : Winda Sarah Audina



Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :