FLASH PROMO!! AKSES PAKET DATA SCIENCE 6 BULAN 180K!
Diskon Spesial 90% + 50% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 4 Jam 17 Menit 21 Detik 

Suka Olah Data? Kamu Wajib Tau 4 Tugas Data Scientist Ini

Belajar Data Science di Rumah 29-Juni-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/a2dce09c7739caf3181066d128d11f8c_x_Thumbnail800.jpg

Profesi Data Scientist mungkin sudah tidak asing lagi kita dengar pada masa sekarang ini. Data Scientist adalah sebuah profesi yang mengolah data dengan metode ilmiah untuk menghasilkan informasi yang akurat dan bernilai tinggi sehingga dapat membantu pengambilan keputusan. Data Scientist bertugas menganalisis berbagai macam data dalam jumlah besar (Big Data) yang terakumulasi di suatu perusahaan.


Di era Internet seperti sekarang ini, ilmu Data Science sangat diperlukan. Profesi ini pun memiliki prospek karir yang sangat menjanjikan. Data Scientist tidak hanya dibutuhkan di bidang teknologi, namun hampir semua sektor membutuhkan peranan dari Data Scientist. Seperti dalam sektor perbankan, bisnis distribusi, bisnis ritel, pendidikan, kesehatan, media, dan sektor lainnya. 


Banyak tugas-tugas berat dari perusahaan yang berkaitan dengan kemajuan harus siap diemban oleh seorang Data Scientist. Profesi ini akan menghasilkan sesuatu yang berharga bagi perusahaan dan hasil analisanya akan mempengaruhi keputusan bisnis yang pengambilanya oleh pihak tertinggi di perusahaan. Jika diselami lebih dalam, Data Scientist memiliki tugas-tugas yang lebih terperinci. Apa saja tugasnya? Yuk, simak pembahasannya di bawah ini!


1. Data Scientist Menganalisis Data Perusahaan

data scientist

Analisis data merupakan sesuatu yang pasti dilakukan Data Scientist. Untuk perusahaan skala menengah, Data Scientist melakukan hal-hal seperti:

  • Mengambil data dari database menggunakan query SQL.

  • Membuat tabel pivot dengan Microsoft Excel atau menggunakan software lainnya seperti SPSS.

  • Melakukan visualisasi data dalam bentuk grafik

  • Dan kadang kala menggunakan bantuan bahasa pemrograman untuk melakukan analisis data seperti bahasa Python, R dan MATLAB.


Beberapa perusahaan memberikan tugas untuk melakukan analisis akun Google Analytic perusahaan atau platform lain seperti PIWIK yang terkoneksi langsung dengan data penjualan perusahaan. Tugas-tugas seperti ini sangat cocok untuk seseorang yang mulai berkecimpung di profesi Data Scientist.


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Data Scientist Bertanggung Jawab atas Kualitas Data Perusahaan

Bagi perusahaan yang mempunyai skala data yang besar baik data konsumen, penjualan, maupun statistik website membutuhkan seseorang yang mampu menyiapkan infrastruktur data. Dalam hal ini banyak perusahaan yang akan membutuhkan "Data Scientist" dan "Data Engineer" untuk melakukan tanggung jawab ini.


Dalam konteks ini, seseorang dengan latar belakang Software Engineer juga mempunyai peluang lebih untuk diterima sebagai kandidat yang dicari perusahaan. Infrastruktur data yang diinginkan tentu dengan struktur data yang baik, kemudahan akses serta kemudahan untuk melakukan analisis data.


3. Data Scientist Melakukan Penelitian Terkait Data

data scientist

Untuk tugas yang ketiga ini, biasanya sering dilakukan oleh Data Scientist yang bergerak di perusahaan dengan produk berupa jasa analisis data atau analytical platform. Seperti Google Analytic dan PIWIK.


Untuk bidang jasa analisis data, Data Scientist dengan latar belakang ilmu matematika, statistika, dan fisika akan lebih mudah melakukan hal ini. Latar belakang seperti ini mempunyai dasar yang kuat terhadap keilmuan tersebut yang erat kaitannya dengan penelitian.


Seperti yang kita ketahui bahwa produk yang dihasilkan ahli data seperti Data Scientist mempunyai nilai yang sangat tinggi untuk pengembangan selanjutnya oleh praktisi terkait. Hasil penelitian tersebut dapat digunakan sebagai metode penentuan keputusan konsumen pengguna jasa analisis data atau dapat diterapkan lebih lanjut pada produk analytical platform perusahaan.


4. Data Scientist Berkaitan dengan Big Data

data scientist

Tugas terakhir ini berkaitan dengan perusahaan yang berurusan dengan Big Data. Tugas ini berkaitan dengan melakukan analisis data dengan jumlah yang sangat besar, beragam, dan terkumpul dalam waktu yang relatif singkat. Tujuan mengolah data ini adalah untuk menemukan informasi yang ada di balik data. Pengolahan data terdiri dari proses mengumpulkan data, mengolah data, analisis data, dan memvisualisasikan data.


Perusahaan jenis ini akan mencari tenaga Data Scientist yang lebih banyak dari perusahaan biasanya. Data Scientist di bidang ini dituntut untuk mahir menggunakan platform Big Data seperti Hadoop, Hive dan Pig serta pemahaman menggunakan SAS dan R untuk mengurangi beban komputer melakukan analisis data.


Pemahaman yang matang terhadap Machine Learning menjadi pertimbangan yang lebih dan penting di perusahaan jenis ini. Ciri-ciri perusahaan dengan data yang besar ini mempunyai trafik yang sangat tinggi seperti perusahaan telekomunikasi, perusahaan marketplace, dan sejenisnya.


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


Menjadi Data Scientist handal tidak bisa dilakukan secara instan, melainkan perlu latihan terus menerus agar skill semakin terasah. Kamu bisa menyisihkan waktu disela rutinitas untuk fokus belajar skill yang dibutuhkan untuk menjadi Data Scientist. Bisa belajar dari buku, internet, atau mengikuti kursus data science online seperti DQLab.


Nilai plus dengan mengikuti kursus adalah kamu akan lebih fokus dalam penguasaan skill utama yang dibutuhkan. Bersama para mentor data profesional akan membuat proses belajarmu lebih intensif.

Yuk daftar sekarang di DQLab.id untuk dapat akses modul gratis Python dan R untuk Data Science!


Penulis: Salsabila MR

Editor: Annisa Widya Davita

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :