MAU PUNYA SKILL DATA SCIENCE YANG AMAYZING?
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 150K  | Pakai Kode: AMAYZING
BURUAN SERBU!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 1 Jam 30 Menit 34 Detik 

Sukses Berkarir Data Analyst, Intip 5 Kiat Untuk Persiapan Kompetensinya

Belajar Data Science di Rumah 19-Oktober-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/fbf0ab8643acb5f88d4c2b3cf1f7a0ce_x_Thumbnail800.png

Mempertimbangkan untuk berkarir sebagai Data Analyst? Mungkin itu pilihan yang tepat untuk kamu! Tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan dan juga mencari informasi profesi seperti apa yang diinginkan, namun sahabat data DQLab juga harus tahu bahwa akan semakin meningkatnya pesaing jika kamu tidak segera untuk menentukannya. Kata Data Analyst kini semakin terkenal dari waktu ke waktu, karena hampir setiap perusahaan atau instansi di berbagai sektor akan membutuhkan Data Analyst untuk membantu mengolah dan menganalisis dataset yang volumenya besar. Sehingga, peluang untuk bekerja dalam bidang Data Science untuk di masa depan akan semakin tinggi dan semakin banyak peminat orang memulai belajar Data Science. Adapun hal-hal yang harus kamu persiapkan agar sukses menjadi Data Analyst. Pada artikel DQLab kali ini akan memberikan beberapa kiat buat sahabat data DQLab bagaimana menjadi seorang Data Analyst. Penasaran? Yuk langsung saja simak artikel berikut.


1. Mengetahui Scope Profesi Data Analyst

Sebelum lebih lanjut untuk berkarir menjadi Data Analyst, sahabat data DQLab perlu mengetahui lebih lanjut informasi lengkap terkait profesi ini. Data Analyst merupakan praktisi data yang bertanggung jawab dalam mengumpulkan, menginterpretasi, menganalisis, menemukan pola dan melakukan visualisasi pada dataset yang dimiliki perusahaan. Tidak hanya itu, Data Analyst akan selalu bersinggungan dan melakukan kolaborasi atau bekerja secara tim bersama dengan stakeholders atau pebisnis. Data Analyst akan membantu menjawab pertanyaan berdasarkan olahan data, dengan demikian akan membantu pebisnis atau stakeholders untuk mengambil keputusan dengan strategis dan efisien. Data Analyst menggunakan keterampilan pengumpulan dan manipulasi pada data untuk merancang suatu sistem yang baru serta membantu memenuhi tujuan mereka.


Baca juga : Kenali Perbedaan Data Scientist, Data Analyst dan Data Engineer


2. Memiliki Fundamental Matematika dan Bahasa Pemrograman

Pada tanggung jawab yang telah kalian pahami di poin pertama, maka Data Analyst akan menggunakan ilmu pengetahuan matematika dalam menyelesaikan pertanyaannya. Statistik, Algebra, Kalkus, dan ilmu Matematika lainnya sangatlah penting dan wajib dimiliki oleh Data Analyst karena akan membantu dalam proses menganalisis seperti pada Statistik untuk mengetahui data dengan konsep probabilitas. Tidak hanya dengan ilmu pengetahuannya saja, Data Analyst juga membutuhkan tools yaitu seperti bahasa pemrograman R atau Python, Tableau, Microsoft Excel, dan lainnya. Tools-tools yang digunakan akan membantu data mentah atau data yang tidak terstruktur menjadi terstruktur serta menganalisis lebih cepat karena membantu mencari data yang tepat untuk digunakan dan ditindaklanjuti.


3. Memiliki Soft Skill yang Kuat

Apakah kamu gemar memecahkan sebuah teka-teki? Apakah kamu suka menganalisis hal-hal yang terjadi? Atau mungkin sahabat data DQLab membantu memecahkan masalah sekalipun? Maka profesi Data Analyst bisa menjadi salah satu pilihan untuk berkarir dibidang Data Science. Data analyst harus memiliki critical and analytical thinking yang kuat karena pekerjaannya hampir setiap hari mendapatkan sebuah masalah dan harus menemukan solusi yang tepat. Dengan demikian maka akan muncul pemahaman baru hingga dapat meningkatkan produktivitas perusahaan atau instansi tersebut. Memiliki komunikasi dan interpersonal skill juga harus dimiliki, karena Data Analyst akan memberikan sebuah laporan dari data dan memberikan wawasan data tersebut dengan cara mengkomunikasikan baik secara verbal maupun non verbal seperti menggunakan tools visualisasi data yaitu diagram batang, diagram pie, scatter plot, dan lainnya.


4. Membangun Portfolio dan Project

Untuk sukses menjadi Data Analyst, langkah ini sangatlah penting. Recruiter akan melihat kamu berdasarkan pengalaman yang kamu miliki, salah satu pengalaman yang dapat menghasilkan bukti adalah project yang kamu lampirkan dalam portfolio. Project yang kamu lakukan dapat berupa project individual seperti membantu memecahkan masalah dalam forum di suatu komunitas atau mengikuti kelas online yang memiliki project didalamnya. Mengikuti internship juga menjadi salah satu project yang bisa kamu ikuti, karena internship menjadi salah satu batu loncatan bagi kamu untuk mempersiapkan lebih mantang pada hard dan soft skill yang kamu miliki berdasarkan real case industry. Dengan internship juga, dapat membuka peluang untuk bekerja secara tim dan berkolaborasi dengan praktisi Data Analyst secara profesional hal tersebut menjadi kesempatan yang pastinya jangan sampai sahabat data DQLab sia-siakan.


Baca juga : Data Analyst vs Data Scientist, Yuk Kenali Perbedaannya 


5. Bersama DQLab, Kamu Dapat Mengaplikasikannya di Real Case Industry dan Menjadi Data Analyst!

Tenang saja, pembelajaran di DQLab sangatlah fleksibel dan kamu dapat memilih pembelajaran sesuai dengan kebutuhanmu dengan pilihan module yaitu Module Premium dan Module Platinum. DQLab merupakan salah satu kursus online Data Science yang wajib kamu coba dan ikuti, karena module yang tersedia sudah sesuai dengan kebutuhan industry nyata sehingga kamu bisa langsung belajar dan mengaplikasikan ilmu-ilmunya pada real case yang tersedia di fitur project. Ingin memulainya? Kamu bisa langsung daftarkan diri kamu dengan signup di DQLab, setelah itu kamu bisa langsung mengikuti pembelajaran secara GRATIS pada module “Introduction to Data Science with Python” atau “Introduction to Data Science with R”


Tunggu apalagi? Yuk langsung gunakan kesempatannya dan selamat mencoba sahabat data DQLab!

Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!