PROMO 7.7! DISKON 98%
Belajar Data Science Bersertifikat, 12 Bulan hanya 177K!

0 Hari 3 Jam 9 Menit 6 Detik

Sukses jadi Data Analyst dengan Roadmap Ini

Belajar Data Science di Rumah 17-Juni-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-kamis-03-2024-06-18-163330_x_Thumbnail800.jpg

Halo teman-teman, tahukah kalian bahwa data analyst ini termasuk profesi yang sedang naik daun dan banyak diminati? Untuk menjadi seorang data analyst saat ini tidaklah susah. Kini kita bisa mengikuti roadmap jadi data analyst yang bisa diterapkan oleh siapapun. Dengan mengikuti roadmap data analyst seseorang bisa mengetahui langkah apa saja yang bisa diterapkan jika ingin menjadi data analyst. pada artikel kali ini khususnya kita akan cari tahu apa saja roadmap data analyst.


Berbagai profesi dalam bidang data umumnya memiliki tugas dan tanggung jawab yang saling terkait. Walaupun masing-masing memiliki tugasnya masing-masing, namun dapat dikatakan bahwa profesi tersebut saling kerja sama. Sebagai contoh mudahnya, seorang data analyst bertugas mengelola database yang telah disiapkan. Setelah datanya sudah dianalisis maka akan dipresentasikan terhadap klien.


Nah, pada artikel kali ini kita akan mengenali roadmap singkat data analyst yang dapat menjadi referensi. Yuk, simak bersama-sama!


1. Menguasai Matematika

Matematika dasar adalah salah satu bidang ilmu utama yang diperlukan dalam bidang analisis data. Seorang praktisi data bisa mengatasi data numerik maupun non numerik. Pengetahuan dasar matematika ini tidak hanya digunakan pada data numerik saja, namun digunakan pula pada data yang bersifat non numerik. Pengetahuan dasar matematika ini dapat digunakan sebagai pondasi dasar dalam membentuk logika berpikir yang baik dan terencana ketika proses pengolahan data.


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Mempelajari Tools

Tools analisis data adalah salah satu skill atau bagian penting yang perlu dikuasai oleh seorang praktisi data. Tools analisis data tentu memiliki ciri khas serta kegunaan masing-masing. Di dalam tools analisis data masing-masing memiliki fitur yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan.


Tools analisis data saat ini bisa dipelajari di mana saja. Kini telah banyak tersedia berbagai macam website yang bisa digunakan untuk belajar tools analisis data dari dasar.

Data Analyst

sumber: crm.org


3. Bahasa Pemrograman

Bahasa pemrograman atau biasa dikenal dengan bahasa komputer merupakan suatu sistem komunikasi antara manusia dan mesin. Bahasa pemrograman ini penting dikuasai oleh para developer. Bahasa pemrograman memiliki beberapa fungsi, salah satunya adalah untuk memerintahkan sebuah komputer untuk mengolah suatu data sesuai dengan logika yang diinginkan. Bahasa pemrograman ini bisa digunakan untuk membuat aplikasi, website, software, dan lainnya.

Data Analyst


4. Kuasai Proses Pengolahan Data

Pengolahan data adalah suatu bagian penting dalam proses analisis data. Seorang data analyst memiliki tugas utama menganalisis data perusahaan yang sebelumnya telah disiapkan oleh data engineer. Proses pengolahan data ini juga memerlukan beberapa hal seperti proses data cleaning, data wrangling, dan lain-lain. Dengan menguasai dasar- dasar dan tahapan pengolahan data ini tentu bisa memudahkan data analyst dalam menyelesaikan pekerjaannya.


Baca juga : Data Analyst vs Data Scientist, Yuk Kenali Perbedaannya 


Data analyst adalah suatu profesi yang memiliki peranan -penting dalam perusahaan. Seorang data analyst ini nantinya akan mengelola data perusahaan yang bisa digunakan untuk membantu dalam pengambilan keputusan perusahaan.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab dan ikuti Bootcamp Data Analyst with SQL and Python.


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita




Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login