FLASH PROMO!! BELAJAR DATA SCIENCE ONLINE 6 BULAN 399K
Diskon 89%, Akses 76 Modul Data Science Premium, Metode Praktek Sandbox, Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 4 Jam 45 Menit 30 Detik 

Teknik Analisis Data dalam Fraud Detection

Belajar Data Science di Rumah 02-November-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/4a39c1d5a2afd5bfd9a95f414c19b247_x_Thumbnail800.jpg

Fraud analytics adalah kombinasi teknologi analitik dan teknik fraud analytics yang akan membantu mendeteksi kemungkinan transaksi yang tidak tepat seperti penipuan atau penyuapan baik sebelum transaksi dilakukan atau setelah transaksi dilakukan.


Fraud detection adalah kegiatan mengidentifikasi penipuan yang telah terjadi serta menjadi salah satu tindakan preventif agar penipuan tidak terjadi. Perusahaan harus menerapkan sistem dan proses yang tepat untuk mendeteksi kecurangan pada tahap awal, bahkan sebelum terjadi. 


Saat ini, aksesibilitas data bisnis dari sumber internal dan eksternal lebih mudah diakses. Hal ini menyebabkan perusahaan asuransi perlu menggunakan teknik analisis data untuk mendeteksi adanya penipuan yang sedang atau akan terjadi.


Analisis fraud data berperan penting dalam deteksi dini dan pemantauan penipuan. Teknik analisis data ini akan membantu perusahaan asuransi untuk mendeteksi kemungkinan kasus penipuan dan menerapkan program pemantauan penipuan yang efektif untuk melindungi aset perusahaan.


Analisis data terbukti sangat andal dalam mendeteksi penipuan di berbagai bidang, salah satunya adalah bidang asuransi untuk mendeteksi fraud. Ada 3 teknik analisis data yang sering digunakan oleh perusahaan asuransi. Apa saja metode tersebut? Yuk kita simak bersama!


1. Pentingnya Fraud Detection

Alasan penting penggunaan analisis data untuk menangani fraud adalah karena saat ini sistem pengendalian internal memiliki kelemahan pengendalian. Untuk menghindari hal ini, perusahaan harus memiliki kontrol atas setiap transaksi yang terjadi dan menguji transaksi menggunakan fraud analysis.


Selain itu, fraud analysis juga membantu mengukur kinerja yang akan membantu perusahaan untuk melakukan standarisasi dan memiliki kontrol terhadap suatu hal yang tidak lazim.


teknik analisis data


Baca juga : Langkah-Langkah Menggunakan Teknik Analisis Data Kualitatif


2. Social Network Analysis

Metode Social Network Analysis atau disingkat dengan SNA mengikuti pendekatan hybrid untuk mendeteksi fraud. Pendekatan hybrid mencakup aturan bisnis perusahaan, metode statistik, pattern analysis dan network linkage analysis.


Saat perusahaan sedang mencari fraud dalam linked analysis, seorang analyst perlu mencari cluster dan bagaimana cara satu cluster berhubungan dengan yang lain. Beberapa sumber data seperti notes, penilaian dan kebangkrutan dapat diintegrasikan ke dalam model.

Teknik Analisis Data


3. Fraud Detection Predictive Analytics for big data

Predictive analytics menggunakan text analytics dan sentiment analysis untuk melihat big data untuk deteksi fraud. Analisis prediktif telah banyak digunakan oleh banyak perusahaan karena membantu mendeteksi penipuan secara proaktif.


Pada awalnya, analisis prediktif digunakan untuk menganalisis informasi statistik yang disimpan dalam database terstruktur tetapi seiring berkembangnya jaman, saat ini analisis prediktif diperluas ke ranah big data. 

teknik analisis data


4. Social Customer Relationship Management

Social Customer Relationship Management atau disingkat dengan Social CRM adalah proses program deteksi penipuan. Saat ini, sangat penting bagi perusahaan asuransi untuk menautkan media sosial ke CRM mereka.


Dengan menghubungkan media sosial ke CRM, perusahaan dapat meningkatkan transparansi dengan konsumen. Transparansi ini dapat digunakan untuk meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap perusahaan. 

Teknik Analisis Data


Baca juga : Contoh Teknik Analisis Data Dalam Penelitian Kuantitatif


Selain di bidang asuransi, teknik analisis data juga bisa digunakan untuk bidang lainnya, misalnya di bidang telekomunikasi, retail, health care, dan lain sebagainya.


Yuk pelajari berbagai teknik analisis data dengan modul dari DQLab! Klik button di bawah ini atau kunjungi DQLab.id untuk sign up dan nikmati FREE MODUL ‘Introduction to Data Science’ with bahasa pemrograman R atau Python.


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :