[LAST DAY] MAU PUNYA SKILL DATA SCIENCE YANG AMAYZING?
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 150K  | Pakai Kode: AMAYZING
BURUAN SERBU!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 2 Jam 27 Menit 59 Detik 

Teknik Analisis Data : Kenali 4 Tahapannya Yuk!

Belajar Data Science di Rumah 22-Desember-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/59fe5f13a791627903d09a67ec83fc57_x_Thumbnail800.jpg

Teknik analisis data merupakan suatu proses pengolahan data menjadi informasi. Proses ini bertujuan agar data yang awalnya belum memiliki informasi apa-apa menghasilkan informasi yang dapat digunakan oleh perusahaan. Teknik analisis data merupakan salah satu tahapan yang penting dalam penelitian. Implementasi teknik analisis data pun saat ini telah diterapkan oleh beberapa institusi dari berbagai bidang seperti bidang pendidikan, kesehatan, teknologi, industri, dll.


Teknik analisis data terbagi menjadi dua jenis berdasarkan jenis data yang digunakan, yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Penggunaan teknik analisis data tentunya harus sesuai dan tepat, hal ini dikarenakan akan mempengaruhi hasil akhir analisis. Jika teknik analisis data dan jenis data yang digunakan tidak sesuai, maka data akan sulit diolah dan informasi yang dihasilkan pun rancu. Selanjutnya, kita akan mengetahui bagaimana implementasi teknik analisis data di artikel DQLab berikut ini!


1. Pengolahan Data

Pengolahan data merupakan suatu tahapan mengkonversi data menjadi informasi yang dapat digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan. Pengolahan data dapat diartikan pula sebagai proses menerjemahkan data sesuai dengan tujuan dan rancangan penelitian menggunakan metode atau teknik tertentu yang sesuai. Beberapa fungsi pengolahan data antara lain dapat meminimalisir kebutuhan tenaga manusia, menyimpan hasil pemrosesan, memproses dan menyimpan program data serta mendapatkan hasil akhir yang lebih akurat. Adapun tahapan pengolahan data terdiri dari tiga tahapan dasar, yaitu input processing dan output. 

Teknik Analisis Data


Baca Juga : Langkah-Langkah Menggunakan Teknik Analisis Data Kualitatif


2. Penganalisisan Data

Setelah melakukan proses pengolahan data maka langkah selanjutnya adalah penganalisisan data. Analisis data ini bertujuan untuk menyederhanakan data sehingga mudah ditafsirkan seta dapat menemukan pola dari data. Analisis data terbagi menjadi dua, yaitu analisis statistik dan analisis non statistik. Analisis statistik menggunakan perhitungan statistik dalam proses perhitungannya, sedangkan analisis non statistik yang digunakan untuk data kualitatif ini dilakukan dengan cara membaca data. Langkah-langkah analisis data dapat dilihat pada gambar berikut:



Teknik Analisis Data



3. Penafsiran Hasil Analisis

Setelah melalui tahap analisis data, hasil analisis data tersebut perlu ditafsirkan. Penafsiran hasil analisis bertujuan untuk memudahkan dalam penarikan kesimpulan terhadap hasil penelitian. Kegiatan ini dapat dilakukan dengan cara membandingkan hasil hipotesis yang telah ditetapkan sebelumnya dengan hasil analisis yang diperoleh sehingga akhirnya peneliti dapat memutuskan apakah menerima atau menolak hasil hipotesis yang ditetapkan sebelumnya.


Teknik Analisis Data


4. Manfaat Analisis Data

Analisis data merupakan tahapan penting dalam penelitian kuantitatif dan kualitatif. Pada penelitian kuantitatif serta teknik yang digunakan pun sesuai dengan jenis data dan penelitiannya. Beberapa manfaat analisis data antara lain:

  • mendapatkan hasil pengukuran yang lebih jelas

  • dapat membantu proses identifikasi masalah

  • dapat dilihat secara visual

  • memudahkan proses pengambilan keputusan

  • dapat mengetahui potensi pelanggan dan peningkatan penjualan


Baca Juga : Metode Pengolahan Data: Ketahui Proses Pengolahan Data Dengan Metode Analisis Deskriptif


5. Yuk, Belajar Teknik Analisis Data di DQLab!

Teknik analisis data merupakan salah satu skill yang harus dikuasai saat ini, terutama bagi para praktisi data maupun akademis dan peneliti. Dengan menguasai teknik analisis data tentunya hasil analisis data akan lebih valid. Dasar-dasar teknik analisis data dapat kita pelajari di DQLab . DQLab menyediakan materi berupa modul dan bisa langsung dipelajari secara live code. Caranya cukup mudah loh,  yaitu langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati modul gratis DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita


Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!