PROMO 12.12 YES! BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 122K!
Diskon Spesial 97% Belajar Data Science Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 12 Jam 16 Menit 38 Detik 

Teknik Analisis Data Kualitatif dengan Metode Delphi

Belajar Data Science di Rumah 11-Januari-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1b647970f919e775f953449ae42e5297_x_Thumbnail800.jpg

Teknik analisis data dalam peramalan bukan hanya melulu soal penelitian kuantitatif saja. Teknik analisis data untuk keperluan peramalan juga bisa diarahkan ke teknik analisis data kualitatif juga loh sahabat DQ. Teknik ini dinamakan dengan teknik analisis delphi atau metode delphi. Metode Delphi merupakan metode sistematis dalam mengumpulkan pendapat dari sekelompok pakar melalui serangkaian kuesioner, di mana ada mekanisme feedback melalui putaran atau ronde pertanyaan yang diadakan sambil menjaga anonimitas tanggapan responden (para ahli). Metode Delphi adalah modifikasi dari teknik brainwriting dan survei. Dalam metode ini, panel digunakan dalam pergerakan komunikasi melalui beberapa kuesioner yang tertuang dalam tulisan yang disusun dalam laporan penelitian. Teknik Delphi dikembangkan pada awal tahun 1950 untuk memperoleh opini ahli. Sebagian besar kebijakan delphi berkaitan dengan pernyataan, argumen, komentar,dan diskusi. Untuk membangun beberapa cara mengevaluasi ide dinyatakan oleh kelompok responden, dan juga harus menetapkan skala penilaian untuk pemilihan kebijakan tersebut.


Teknik analisis delphi biasanya dilakukan sebagai alat verifikasi terhadap hasil analisis yang telah dilakukan oleh peneliti. Mereka melakukan kroscek dan kurasi terhadap data-data yang didapatkan. Kemudian dicocokkan dengan tujuan untuk mengetahui pendapat para ahli. Disini orang-orang dipilih sesuai kredibilitasnya untuk mengetahui topik bahasan yang disampaikan. Orang-orang yang terpilih setidaknya paham terhadap isu dan permasalahan yang terjadi. Tanpa ada selipan, tambahan maupun settingan yang mengada-ada sehingga jawabannya real sesuai dengan kondisi di lapangan yang sebenarnya. Semua pakar atau orang yang berpengetahuan memberikan tanggapan secara terpisah dan anonimitas (saling mengenal di antara mereka) benar- benar dijaga, untuk mencegah keberpihakkan pada salah satu opini seseorang atau dominasi seseorang. Disinilah peranan peneliti untuk tidak dominan satu sama lain. Kira-kira bagaimana penerapan dan penjabaran dari teknik analisis delphi. Yuk mari kita jawab rasa penasaran kamu lewat artikel berikut ini ya! Pada artikel DQLab kali ini, kita akan membahas mengenai teknik analisis delphi sebagai salah satu teknik analisis data dalam penelitian kualitatif. Dengan harapan bisa menjadi tambahan insight dan rekomendasi bagi kalian calon praktisi data, pemula data maupun data enthusiast. Jangan lewatkan artikel berikut ini, pastikan simak baik-baik, stay tune and keep scrolling on this article guys!


1.Penjelasan Tentang Metode Delphi

Teknik Delphi dikembangkan oleh Dalkey dan Helmer di Rand Corporation pada tahun 1950-an. Metode delphi adalah proses yang dilakukan dalam kelompok untuk mensurvei dan mengumpulkan pendapat dari para ahli terkait topik tertentu. Metode delphi berguna untuk menstrukturkan proses komunikasi dalam kelompok yang melibatkan interaksi antara peneliti dan sekelompok ahli terkait topik tertentu. Biasanya Metode Delphi menggunakan bantuan kuesioner untuk mengumpulkan datanya. Metode ini cocok diterapkan ketika dibutuhkan penilaian oleh para ahli secara panel untuk duduk bersama. 


Baca juga : Metode Pengolahan Data: Ketahui Proses Pengolahan Data Dengan Metode Analisis Deskriptif


2.Kapan Menggunakan Metode Delphi

Metode delphi digunakan untuk mendapatkan konsensus mengenai proyeksi atau tren masa depan menggunakan proses pengumpulan informasi yang sistematis. Pada bidang kajian manajemen risiko TI, metode delphi dapat diaplikasikan pada tahapan apapun. Terlebih pada tahap manajemen risiko atau pada fase manapun ketika sebuah konsensus pendapat ahli dibutuhkan. Beberapa tahapan yang sering menggunakan metode ini adalah tahap identifikasi risiko dan penilaian risiko. Teknik ini dapat digunakan menurut ISO 310010. Menurut Skutch dan Hall (1973) metode ini mengumpulkan penilaian tentang hal yang kompleks ketika informasi yang tepat tidak tersedia.


3.Kelebihan Metode Delphi

Kelebihan yang dimiliki oleh Metode Delphi antara lain:

  • Teknik ini sangat fleksibel untuk diaplikasikan dalam berbagai situasi dan berbagai permasalahan yang rumit, dimana seringkali tidak ada metode analisis yang cocok untuk diterapkan.

  • Prosedur iterasinya memungkinkan para ahli untuk memikirkan kembali penilaian mereka berdasarkan feedback dari rekan ahli yang lain.

  • Proses ini juga memberikan lebih banyak waktu kepada partisipan untuk memikirkan kembali ide-ide mereka sebelum memberikan penilaian, hal ini tentunya akan memberikan respon yang lebih berkualitas.

  • Pendekatan anonimitas memungkinkan para ahli untuk lebih bebas berpendapat, tanpa adanya tekanan dari pihak manapun

  • Adanya kemungkinan pengaruh individual juga otomatis dihilangkan.

  • Adanya "pengalihan isu" yang keluar dari fokus utama diskusi dapat dikendalikan oleh project manager

  • Proses ini akan menghasilkan catatan dari pemikiran grup dapat di review saat diperlukan

  • Metode ini dapat digunakan untuk mengevaluasi sebaran pendapat dari para ahli ataupun poin-poin konsensus (hal-hal yang telah disepakati).


4.Teknis Metode Delphi

Dalam kondisi dimana tidak ada data masa lalu yang tersedia (complete absence of data) atau data yang tersedia tidak layak untuk digunakan (unreliable data) atau data yang tersedia tidak sesuai (irrelevant data), maka pendekatan kualitatif atau disebut juga judgemental method merupakan alternatif yang harus diambil. Metode ini dijalankan dengan mengumpulkan pendapat-pendapat yang bersifat subjektif dari berbagai sumber informasi. Dimulai dengan sejumlah para ahli dihubungi melalui pengiriman surat serta dikirimi daftar pertanyaan-pertanyaan (kuesioner). Hasil pengisian kuesioner tersebut setelah diterima kembali, disimpulkan oleh suatu tim perumus. Kesimpulan yang dibuat oleh tim perumus tersebut dikirim kembali kepada setiap para ahli tersebut untuk dipertimbangkan apakah kesimpulan tersebut merangkum serta sesuai dengan jawaban kuesioner yang telah mereka isi sebelumnya.


Baca juga Langkah-Langkah Menggunakan Teknik Analisis Data Kualitatif


5.Upskill Baru di Tahun Baru 2022 Bersama DQLab!

Tahun baru pastinya skill baru dong! Belajar analisis data merupakan salah satu langkah untuk mempelajari hal apapun di ranah data. Melakukan analisis data tentunya bukan hal yang mudah. Dibutuhkan ketekunan dan ketelitian dalam melakukan setiap tahapannya. Agar skill analisis data kamu semakin terasah, tidak salah lagi jika kamu bisa upgrade skill mu bersama DQLab! Kamu bisa loh untuk coba bikin akun gratisnya kesini di DQLab.id dan lakukan signup untuk dapatkan info-info terbaru serta belajar data science. Banyak benefit yang bisa kamu dapatkan jika kamu bergabung untuk belajar bersama DQLab! Nikmati pengalaman belajar data science yang menarik dan cobain berlangganan bersama DQLab yang seru dan menyenangkan dengan live code editor. Cobain juga free module Introduction to Data Science with R dan Introduction to Data Science with Python untuk menguji kemampuan data science kamu gratis! Jika ingin berlangganan kalian bisa mendapatkan benefit yang beragam salah satunya mencoba modul platinum dan career track.


Dapatkan keuntungan-keuntungan yang didapatkan salah satunya tidak perlu install software tambahan. Karena kalian belajar secara langsung terhubung dengan live code editor dari device yang kalian gunakan. Kalian juga bisa mencoba studi kasus penerapan real case industry. Jika kamu kesulitan dalam proses pembelajaran di DQLab, kamu bisa loh gabung ke discord kita untuk menanyakan hal-hal yang kurang jelas dan bingung bagaimana cara penyelesaiannya. Kamu juga diberikan kesempatan mendapatkan job connector dari perusahaan ternama di ranah industri data. Uniknya kamu bisa langsung apply dari akun kamu loh. So, tunggu apalagi, buruan SIGNUP Sekarang ya!


Penulis: Reyvan Maulid

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :