PROMO 12.12 YES! BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 122K!
Diskon Spesial 97% Belajar Data Science Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 17 Jam 47 Menit 31 Detik 

Teknik Analisis Data Yuk Kupas Pengertian, Tujuan & Jenis

Belajar Data Science di Rumah 08-Januari-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/11cae2b9da986e04b376fdd9e8582f71_x_Thumbnail800.jpg

Sebelum membahas lebih lanjut tentang pengertian teknik analisis data. Pebisnis dan organisasi yang paling sukses adalah mereka yang terus menerus belajar dan beradaptasi. Tidak peduli industri apa yang kamu jalani, penting untuk memahami apa yang telah terjadi di masa lalu, apa yang terjadi sekarang, dan untuk mengantisipasi apa yang mungkin terjadi di masa depan. Jadi bagaimana perusahaan melakukan itu? Jawabannya adalah dengan analisis data. Sebagian besar perusahaan mengumpulkan data sepanjang waktu tetapi, dalam bentuk mentahnya, data ini tidak benar-benar berarti apa-apa. Itu yang kamu lakukan dengan data yang diperhitungkan. Analisis data adalah proses menganalisis data mentah untuk menarik poa, tren dan wawasan yang dapat memberitahumu sesuatu yang bermakna tentang bidang bisnis tertentu. Wawasan ini kemudian digunakan untuk membuat keputusan yang cerdas dan digerakkan oleh data.


Pada artikel ini, kita akan melihat bagaimana ilmu data telah mengubah dunia saat ini.dan bagaimana hal itu telah merevolusi cara kita memandang data. Kita akan sama-sama mempelajarinya langkah hingga pengertian teknik analisis data bersama DQLab.  Jadi, tidak usah berlama-lama lagi mari kita simak artikel ini sampai selesai ya. 


1. Pengertian Teknik Analisis Data

Teknik analisis data adalah cara untuk mendapatkan sebuah data menjadi informasi sehingga karakteristik data tersebut menjadi mudah untuk dipahami dan juga bermanfaat untuk menemukan solusi permasalahan yang terutama adalah rumusan masalah tentang sebuah topik penelitian. Analisis data juga dapat membantu menemukan penyelesaian solusi untuk dilakukan, terutama jika berhubungan dengan kegiatan penelitian.


Baca juga : Belajar Teknik Analisis Data? Ikuti Tips Mudah Versi DQLab


2. Tujuan Teknik Analisis Data

Teknik analisis data tentu memiliki tujuan yang akan dicapai dalam penggunaannya pada suatu penelitian. Analisis data merupakan tahapan yang penting dalam penelitian. Teknik analisis data ini sangat erat kaitannya atau tergantung dengan desain penelitian dan masalah yang telah ditentukan sebelumnya. Dapat dikatakan bahwa teknik analisis data hanya dapat dilakukan ketika poin-poin penelitian sudah terpenuhi, misalnya pengumpulan data yang tepat yang disesuaikan dengan permasalahan pada penelitian tertentu.

Tujuan teknik analisis data adalah untuk menentukan atau mendapatkan simpulan secara keseluruhan yang berasal dari data-data penelitian yang telah dikumpulkan oleh peneliti. Selain itu, teknik analisis data bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan mengenai data-data penelitian, sehingga dapat dipahami oleh orang lain.


3. Jenis Teknik Analisis Data

Analisis data sendiri terbagi atas dua jenis teknik utama. Yaitu analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Dimana teknik analisis data kualitatif adalah jenis analisis data yang datanya tidak dapat diangkakan bisa juga disebut dengan sifat non numerik. Sedangkan teknik analisis data kuantitatif adalah jenis teknik analisis data berupa data numerik sehingga memudahkan peneliti untuk menghitung nya secara akurat. Contoh sumber data yang hasilnya berupa numerik adalah data hasil survei.


4. Langkah Teknik Analisis Data

Teknik analisis data dalam penerapannya harus memperhatikan langkah-langkah. Langkah-langkah yang harus diperhatikan dalam teknik analisis data ialah, pengolahan data, penganalisisan data, dan penafsiran data. Dimana pada tahap pengolahan data terdiri dari beberapa komponen antara lain, editing, pengkodean, dan tabulasi. Kemudian terdapat langkah untuk penganalisisan data bertujuan untuk menyederhanakan, mengklasifikasikan dan memudahkan data tersebut dipahami. Langkah terakhir yaitu penafsiran hasil analisis yaitu, penarikan kesimpulan dengan menyesuaikan antara hipotesis dengan hasil penelitian yang telah ditemukan.


Baca juga : Serba Sebi Teknik Analisis Data Deskriptif Kualitatif


5. Upgrade Skill Analisis Data di Awal Tahun 2022 Bersama DQLab, Yuk!

Belajar python merupakan langkah awal yang tepat untuk memulai karir sebagai seorang data scientist sehingga skill analisis data dan pengolahan data kamu semakin terasah dengan modul dan materi terupdate yang ditawarkan DQLab. Jika, kebetulan kamu pemula yang ingin belajar seputar dasar statistik dengan pemrograman python atau R tetapi bingung harus mulai belajar dari mana. Sudah coba belajar otodidak, malah overdosis informasi?Jangan khawatir yuk, buruan bergabung bersama DQLab. Kamu tidak akan bingung dengan urusan waktu, karena dengan kursus data science online waktu belajar kamu bisa lebih fleksibel dan dapat diakses dimanapun dan kapanpun. 

Dengan materi-materi yang ditawarkan lengkap dan sesuai dengan kebutuhan industri, disusun oleh mentor-mentor yang kompeten di bidangnya dari perusahaan unicorn dan startup. Jadi, jangan khawatir, kamu bisa mulai kursus data science online bersama DQLab! Sign up sekarang di DQLab.id atau klik button dibawah ini untuk nikmati pengalaman belajar yang seru dan menyenangkan! 



Penulis: Rian Tineges

Editor: Annissa Widya Davita

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :