PROMO BACK TO SCHOOL, HEMATNYA SERU! DISKON 95% + Cashback*
Cuma Rp 159K bisa belajar data science 6 bulan
BURUAN SERBU!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 18 Jam 7 Menit 30 Detik 

Teknik Pengolahan Data dan Implementasinya pada Data Kuantitatif

Belajar Data Science di Rumah 29-September-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2136d5f77c1e6e5ff899864b1e75a4f0_x_Thumbnail800.jpg

Data merupakan kumpulan informasi yang berisi keterangan, hal-hal, fakta yang diperoleh dari kegiatan pengamatan dan berisi gambaran yang luas dari suatu keadaan. Data memiliki beberapa jenis, yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Berdasarkan kedua jenis data itu maka teknik pengolahan data  yang dilakukan juga terdiri dari dua jenis, yaitu teknik pengolahan data kualitatif dan teknik pengolahan data kuantitatif. Kedua jenis teknik tersebut harus digunakan dengan sesuai jenis datanya agar hasil atau kesimpulan yang didapatkan bisa akurat.


Pengolahan data merupakan salah satu proses yang tidak bisa dilewati dan tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Kita sebaiknya teliti dalam permasalahan data mulai dari pengumpulan data, pembersihan data, pengolahan data, sampai dengan pengambilan kesimpulan. Semua itu harus kita lakukan dengan metode, teknik serta prosedur yang sesuai. Pada artikel kali ini kita akan  membahas beberapa hal yang berkaitan dengan teknik pengolahan data kuantitatif. Yuk, simak artikel berikut ini!


1. Data Kuantitatif

Sebelum melanjutkan ke bagian teknik pengolahan data kuantitatif, kita perlu mengetahui terlebih dahulu apa itu data kuantitatif. data kuantitatif merupakan data yang dapat dinyatakan dalam bentuk angka serta dapat diukur atau measurable. Data kuantitatif biasanya merujuk pada angka atau bilangan sehingga umumnya data kuantitatif dianggap lebih terstruktur. Selain itu, data kuantitatif biasanya diperoleh jika kita melakukan penelitian yang bersifat statistik.


Baca juga : Teknik Pengolahan Data Kualitatif: Ketahui Macam-Macam Metode Pengumpulan Data


2. Teknik Pengolahan Data Kuantitatif

Pengolahan data kuantitatif merupakan proses atau tata cara mengolah data yang diterapkan pada jenis data kuantitatif. Pada teknik pengolahan data kuantitatif ini akan lebih berfokus pada pengujian suatu teori, pengukuran maupun uji hipotesis yang dilaksanakan melalui analisis matematika dan analisis statistik. Metode pengumpulan data yang digunakan pada teknik ini pun beragam, seperti bisa bersumber dari data primer seperti langsung turun ke lapangan untuk mengambil data atau bisa melalui kuesioner mau[un bersumber dari data sekunder.  


3. Tahapan Pengolahan Data Kuantitatif

Sama seperti data kualitatif, pengolahan data kuantitatif memiliki beberapa langkah yang perlu diikuti demi mendapatkan hasil analisis yang akurat dan sesuai dengan tujuan penelitian. Adapun tahapan pengolahan data kuantitatif sebagai berikut:

  1. Pengumpulan data

  2. Pembersihan data

  3. Analisis atau pengolahan data

  4. Interpretasi data

  5. Visualisasi data

Beberapa tahapan di atas harus dilaksanakan sesuai dengan ketentuan yang telah diterapkan sebelumnya agar tidak menghambat tahapan selanjutnya.


4. Contoh Teknik Pengolahan Data Kuantitatif

Beberapa metode pengolahan data kuantitatif sudah banyak diterapkan dalam berbagai kegiatan penelitian. Terdapat beberapa metode yang sering digunakan oleh para akademis, seperti:

  1. Analisis deskriptif, merupakan metode atau teknik yang digunakan untuk memberikan gambaran data yang telah terkumpul

  2. Analisis regresi, merupakan metode yang digunakan untuk menentukan hubungan sebab akibat antara variabel satu dengan lainnya.

  3. Analisis faktor, merupakan metode yang digunakan untuk mencari faktor-faktor yang mampu menjelaskan hubungan antara berbagai indikator.


Baca juga : Kenali 3 Jenis Metode Pengolahan Data Kuantitatif


5. Yuk, Kejar Mimpi Menjadi Data Scientist!

Analisis data merupakan proses dalam kegiatan penelitian yang sangat penting. Untuk melaksanakan proses analisis data itu kita memerlukan ilmu-ilmu yang berkaitan dengan itu. Kita bisa mempelajarinya di DQLab . Caranya sangat mudah, yaitu cukup signup di DQLab.id/signup dan kita bisa mulai dengan belajar gratis di DQLab serta dapat mengakses modul-modul dari bahasa pemrograman R, Python, Excel, dan SQL!


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita


Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!