GIMANA MEMULAI KARIER JADI DATA ANALYST?
Simak caranya di webinar GRATIS dan raih DOORPRIZE menarik!
DAFTAR SEKARANG!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 1 Jam 27 Menit 26 Detik 

Teknik Pengolahan Data, Kenali Kuantitatif dan Kualitatif

Belajar Data Science di Rumah 24-Juli-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/bbb678683310b716561cba4e15377e0e_x_Thumbnail800.jpeg

Pada proses penelitian tentunya kita menjumpai proses pengolahan data. Pengolahan data merupakan salah satu tahapan penting dalam kegiatan penelitian. Dengan pengolahan data, data yang awalnya tidak memiliki informasi apapun menjadi bermanfaat menghasilkan informasi. Data yang berkualitas akan menghasilkan kesimpulan atau informasi yang berkualitas pula. Untuk mendapatkan data yang berkualitas maka perlu diterapkan teknik pengolahan data yang sesuai dengan jenis data pula.


Teknik pengolahan data merupakan metode yang digunakan dalam pemrosesan data sehingga menghasilkan informasi. Penggunaan teknik pengolahan data tergantung dari jenis data yang akan digunakan. Jika data yang digunakan adalah jenis data kualitatif maka yang digunakan adalah teknik pengolahan data kualitatif. Begitu pula jika data yang digunakan adalah data kuantitatif maka teknik yang digunakan adalah teknik pengolahan data kuantitatif. Pada artikel kali ini  kita akan mengenali beberapa jenis teknik pengolahan data kuantitatif dan kualitatif.


1. Analisis Konten


Teknik analisis konten merupakan salah satu teknik pengolahan data kualitatif. Teknik ini dapat digunakan untuk menganalisis beberapa bentuk dokumentasi, contohnya seperti surat kabar, majalah, radio, televisi dan dokumentasi lainnya. Analisis ini bertujuan untuk menggambarkan karakteristik isi dari suatu pesan. Terdapat beberapa syarat dalam penggunaan analisis konten seperti data yang tersedia sebagian besar dari bahan yang terdokumentasi dan terdapat kerangka teori tertentu atau keterangan pelengkap sebagai metode pendekatan terhadap data tersebut.


Baca juga : Ini yang Akan Kamu Pelajari di Kelas Data Science DQLab!


2. Analisis Naratif


Analisis naratif adalah salah satu teknik pengolahan data kualitatif pula. Analisis naratif digunakan untuk menganalisis suatu narasi. Narasi dapat disebut sebagai cerita. Cerita itu didasarkan pada urutan atau rangkaian peristiwa. Teknik ini berfokus pada bagaimana cerita tersebut dikomunikasikan kepada bidang atau bagian terkait. Dengan menggunakan teknik ini kita dapat terbantu dalam hal memahami atau mengembangkan budaya suatu organisasi.


3. Analisis Deskriptif


Analisis deskriptif merupakan salah satu teknik pengolahan data kuantitatif. Teknik analisis deskriptif bertujuan untuk memberikan kita gambaran dari data yang bervolume cukup besar. Sebagai contoh pada teknik ini kita dapat mengetahui nilai maksimum, nilai minimum, nilai rata0rata, nilai tengah, nilai modus, jangkauan interkuartil, dan lain-lain. Dengan kata lain, teknik analisis deskriptif ini dapat memudahkan kita dalam melihat gambaran umum pada data.


4. Analisis Inferensial


Analisis inferensial merupakan salah satu dari teknik pengolahan data kuantitatif pula. Teknik ini digunakan untuk menganalisis data sampel yang hasilnya dapat diterapkan untuk populasi. Pada saat ini teknik analisis inferensial ini merupakan teknik yang cukup dikenal oleh banyak orang, tidak hanya digunakan oleh mahasiswa dan para akademisi, namun digunakan pula oleh lembaga-lembaga tertentu yang membutuhkannya.

Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist

5. Yuk, Bergabung Menjadi Data Scientist!

Data scientist kini menjadi salah satu profesi yang banyak diincar terutama oleh para generasi milenial. Untuk mengetahui lebih lanjut terkait data scientist kita dapat mempelajarinya di DQLab lohh. Caranya sangat mudah, yaitu cukup signup di DQLab.id/signup dan nikmati momen belajar gratis bersama DQLab dengan mengakses module gratis dari R, Python atau SQL!


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!