MAU PUNYA SKILL DATA SCIENCE YANG AMAYZING?
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 150K  | Pakai Kode: AMAYZING
BURUAN SERBU!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 3 Jam 10 Menit 23 Detik 

Teknik Pengolahan Data Kualitatif: Ketahui Macam-Macam Metode Pengumpulan Data

Belajar Data Science di Rumah 24-Februari-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/b5307c925dc8fe090503add7051e1039_x_Thumbnail800.png

Terdapat berbagai jenis data yang dapat digunakan dalam melakukan penelitian. Berdasarkan sifatnya ada dua jenis data yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif merupakan data berbentuk narasi, berbeda dengan data kuantitatif yang berbentuk angka. Secara umum data kualitatif yang dikumpulkan berkaitan dengan fenomena atau gejala sosial yang berpengaruh dalam suatu kelompok atau komunitas.


Teknik pengolahan data kualitatif terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Seperti kita ketahui tahap awal dalam pengolahan data kualitatif adalah pengumpulan data. Terdapat beberapa metode yang bisa digunakan untuk mengumpulkan data kualitatif. Apa saja? Yuk, simak pembahasannya dibawah ini.


1. Focus Group Discussion

Focus Group Discussion (FGD) merupakan metode pengumpulan data kualitatif dengan melakukan diskusi suatu tema yang bertujuan untuk menemukan makna atau pemahaman kelompok tertentu. Diskusi disini bukan berbentuk wawancara melainkan interaksi yang terfokus pada suatu tema. Biasanya bentuk diskusi ini dijembatani oleh moderator. Moderator akan bertugas menjaga jalannya diskusi yang terjadi antar peserta diskusi. Sehingga diskusi akan lebih interaktif dan dinamis.

Baca juga : Ini yang Akan Kamu Pelajari di Kelas Data Science DQLab!


2. Metode Wawancara

Metode wawancara merupakan salah satu teknik pengumpulan data kualitatif. Metode wawancara berlangsung dengan proses tanya jawab antara dua orang atau lebih secara lisan yang bertujuan mendapatkan informasi-informasi atau keterangan-keterangan secara langsung dari responden. Metode wawancara ini juga disebut dengan interview. Proses wawancara ini dapat direkam oleh pewawancara agar dapat dipelajari kembali jawaban-jawaban yang diberikan oleh responden. Selain dengan bertatap muka, proses wawancara juga bisa dilakukan via telepon.


3. Metode Observasi

Teknik pengumpulan data lainnya yaitu dengan metode observasi. Metode observasi adalah teknik pengumpulan data dengan melakukan pengamatan secara langsung di lapangan. Metode ini dilakukan dengan prosedur atau aturan tertentu sehingga hasil observasi dapat ditafsirkan secara ilmiah. Metode observasi biasanya relevan dengan penelitian seperti mengamati interaksi belajar mengajar, mengamati tingkah laku anak terhadap kelompok sekitarnya, dan sebagainya. Informasi yang akan didapatkan dengan metode observasi bisa berupa tempat, pelaku, kegiatan, perilaku, dan lainnya. Hasil dari observasi ini dapat dijadikan gambaran peristiwa atau perilaku pada manusia dan dapat dijadikan alat ukur penelitian.

Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


4. Yuk, BELAJAR DATA SCIENCE GRATIS DI DQLAB SELAMA 1 BULAN!

Gunakan Kode Voucher "DQTRIAL", dan simak informasi di bawah ini mendapatkan 30 Hari FREE TRIAL:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Buka academy.dqlab.id dan pilih menu redeem voucher

  3. Redeem voucher "DQTRIAL" dan check menu my profile untuk melihat masa subscription yang sudah terakumulasi.

  4. Selamat, akun kamu sudah terupgrade, dan kamu bisa mulai Belajar Data Science GRATIS 1 bulan.

Penulis : Dita Kurniasari

Editor : Annissa Widya Davita

Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!