GIMANA MEMULAI KARIER JADI DATA ANALYST?
Simak caranya di webinar GRATIS dan raih DOORPRIZE menarik!
DAFTAR SEKARANG!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 1 Jam 32 Menit 49 Detik 

Teknik Pengolahan Data Kualitatif, Kenali Manfaat dan Alasan Penggunaannya!

Belajar Data Science di Rumah 29-April-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/89b05fd6f86022715c22e3dcfaa17a58_x_Thumbnail800.jpg

Saat ini, ada banyak ragam data yang bisa digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam pembuatan keputusan. Pembuatan keputusan tanpa menggunakan data layaknya seseorang yang berjalan di dalam kegelapan, tidak tahu apakah langkah yang diambil merupakan langkah yang tepat atau tidak. Jika dilihat berdasarkan jenisnya, data dapat terbagi menjadi data terstruktur (data yang berbentuk tabular dan siap diolah), data tidak terstruktur (membutuhkan proses tambahan sebelum diolah, seperti data video, gambar, audio, dll), serta data semi terstruktur.

Jika dilihat berdasarkan bentuknya, data dapat terbagi menjadi data kuantitatif yang berbentuk angka dan data kualitatif yang berbentuk non angka. Cara pengolahan antara data kualitatif dan data kuantitatif tentu saja tidak bisa disamakan, sehingga itulah mengapa kemudian lahir teknik pengolahan data kuantitatif dan teknik pengolahan data kualitatif. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai manfaat dan alasan penggunaan dari teknik pengolahan data kualitatif. Penasaran kan? Yuk, simak artikelnya!

1. Data Kualitatif

Data kualitatif merupakan data yang digunakan untuk menjelaskan fenomena-fenomena yang terjadi namun tidak dapat dihitung atau tidak dapat dijelaskan menggunakan angka. Di beberapa keadaan terkadang kita membutuhkan kualitas dari suatu objek atau fenomena untuk dijadikan bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan. Tetapi, kualitas sangat susah jika harus dijelaskan secara detail dengan menggunakan angka dan statistik, sehingga akan lebih baik jika disajikan dalam bentuk naratif atau penjelasan deskriptif. 

Meskipun begitu, analisis kualitatif terbilang cukup rawan untuk menghasilkan data yang tidak sesuai fakta, karena ini semua tergantung pada objektivitas pengamat. Jika pengamat dapat bersifat objektif, maka hasilnya bisa dipercaya. Namun jika seandainya pengamat bersifat subjektif, bisa saja data yang dihasilkan bukan lah data yang valid.

Baca juga : Ini yang Akan Kamu Pelajari di Kelas Data Science DQLab!

2. Manfaat Teknik Pengolahan Data Kualitatif

Manfaat yang sangat terasa dari penggunaan teknik pengolahan data kualitatif adalah peneliti akan mendapatkan data dan fakta yang menjelaskan suatu fenomena secara mendalam. Dikarenakan metode penelitian kualitatif berfokus pada kualitas, maka semakin mendalam dan tergali data yang didapatkan, dapat menunjukkan bahwa kualitas dari data tersebut semakin baik. Sehingga itulah mengapa teknik pengolahan data kualitatif biasanya memiliki responden yang lebih sedikit, karena yang ingin dicapai bukanlah banyaknya kuantitas namun kualitas datanya.

3. Alasan Penggunaan Teknik Kualitatif

Ada beberapa alasan mengapa teknik kualitatif dipilih sebagai metode penelitian, diantaranya adalah :

  • Terjadi kesulitan dalam menentukan permasalahan atau tujuan penelitian secara spesifik. Misalkan penggunaan angka yang dirasa tidak cukup merepresentasikan kepuasan seseorang terhadap barang yang telah dibeli, sehingga akan disediakan kolom komentar untuk me-review barang tersebut.

  • Peneliti ingin mempelajari konteks penelitian yang saling berkaitan. Bisa jadi ketika menggunakan penelitian kuantitatif akan dihasilkan kesimpulan bahwa variabel tidak saling berkaitan, namun menggunakan penelitian kualitatif ternyata variabel tersebut memiliki kaitan yang cukup erat.

  • Dibutuhkan pendekatan yang ter-update

  • Tujuan penelitian untuk mempelajari fenomena yang terjadi secara alami.

Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


4. Yuk Mulai Belajar Menjadi Data Scientist Bersama DQLab!       


Gunakan Kode Voucher "DQTRIAL", dan simak informasi di bawah ini mendapatkan 30 Hari FREE TRIAL:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Buka academy.dqlab.id dan pilih menu redeem voucher 

  3. Redeem voucher "DQTRIAL" dan check menu my profile untuk melihat masa subscription yang sudah terakumulasi. 

  4. Selamat, akun kamu sudah terupgrade, dan kamu bisa mulai Belajar Data Science GRATIS 1 bulan.


    Penulis : Gifa Delyani

    Editor : Annissa Widya Davita


      Postingan Terkait

      Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!