GEBYAR DISKON 95%+10%! KEJUTAN SPESIAL KEMERDEKAAN
Belajar Data Science 6 Bulan Bareng Ahli Bersertifikat hanya Rp. 170K 
BURUAN AMBIL
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 12 Jam 49 Menit 36 Detik 

Ternyata Inilah Manfaat Machine Learning Bagi Kemajuan Perusahaan

Belajar Data Science di Rumah 25-Juni-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/c01345027997cd2df8164babd9219f2b_x_Thumbnail800.jpg

Kecanggihan teknologi saat ini sudah sangat sering kita jumpai dalam kehidupan kita. Salah satu bagian dari kecanggihan teknologi itu adalah Machine Learning. Machine Learning merupakan mesin yang dirancang untuk dapat belajar sendiri tanpa bantuan manusia. Secara sadar atau tidak sadar, manfaat Machine Learning saat ini sudah kita rasakan dalam keseharian kita bahkan dalam berbagai bidang.


Jika diaplikasikan dengan baik, Machine Learning memiliki banyak sekali manfaat. Berdasarkan data dari Deloitte tahun 2018, mengatakan bahwa sekitar 42% eksekutif perusahaan di seluruh dunia percaya bahwa Artificial Intelligence (AI) dan Machine Learning berperan penting terhadap kemajuan perusahaan selama 2 tahun kedepan. Hal ini didukung lebih oleh data dari Gartner yang melakukan survei pada perusahaan di tahun 2019, yang menyimpulkan bahwa perusahaan mengalami kemajuan rata-rata sebesar 270% selama 4 tahun kebelakang setelah mengaplikasikan Machine Learning.


Berdasarkan data-data di atas, terlihat bahwa Machine Learning banyak digunakan untuk kemajuan perusahaan. Kira-kira seperti apa ya peran dari cabang ilmu AI ini?

Yuk kita bahas apa saja sih manfaat Machine Learning dalam bisnis? Simak artikel ini, ya!


1. Meningkatkan Perkembangan Perusahaan

Machine Learning

Kemampuan Machine Learning untuk menyimpan dan mempelajari informasi secara sistematis dapat membantu perusahaan untuk berkembang, tumbuh, atau meningkat seiring berjalannya waktu. Perusahaan tidak hanya memperoleh hasil, tetapi juga analisa untuk menentukan kemungkinan “ kemungkinan lain. Semakin banyak data yang diberikan dan diproses, maka hasil dan variasi serta insight yang diberikannya juga semakin besar.


Baca juga : Yuk Kenali Macam-Macam Algoritma Machine Learning!


2. Tren dan Pola Diidentifikasi dengan Mudah

Machine Learning

Manfaat Machine Learning lainnya yaitu menyangkut kemampuan teknologi ini untuk meninjau volume data yang besar dan mengidentifikasi pola dan tren yang mungkin tidak terlihat oleh manusia. Misalnya, untuk situs web e-commerce atau marketplace, Machine Learning dapat memahami perilaku penjelajahan dan riwayat pembelian pengguna secara otomatis kemudian dapat membantu merekomendasikan produk, penawaran, dan pengingat yang tepat yang relevan bagi mereka.


Kemampuan untuk mengidentifikasi trend atau pola dengan cepat dan akurat memberikan potensi transaksi yang lebih besar bagi perusahaan dan ini menjadi salah satu keunggulan utama Machine Learning.


3. Tidak Perlu Campur Tangan Manusia (Sistem Otomatisasi)

Test Automation for Machine Learning: An Experience Report - Angie Jones

Manfaat Machine Learning yang ketiga adalah dapat membuat sistem yang otomatis yang tidak perlu campur tangan manusia secara langsung. Dengan algoritma yang terbentuk di dalamnya, Machine Learning dapat membuat sistem bekerja secara otomatis sesuai dengan perintah di dalamnya. Sebagai contoh pada sistem email, email secara otomatis dapat memprediksi apakah pesan yang baru masuk tergolong spam atau bukan. Hal ini dikarenakan dalam sistem sudah terdapat algoritma yang mendefinisikan ciri-ciri dari spam atau bukan.


4. Perbaikan Berkelanjutan (Continuous Improvement)

Machine Learning

Saat algoritma Machine Learning memperoleh pengalaman, akurasi dan efisiensinya akan terus meningkat. Ini memungkinkan Machine Learning membuat keputusan yang semakin baik seiring berjalan nya waktu. Misalkan, saat kita ingin membuat sistem ramalan stock perusahaan, karena jumlah data yang terus bertambah, algoritma Machine Learning terus belajar membuat prediksi yang lebih akurat berdasarkan kejadian atau data historis yang didapat dan otomatis keputusan juga akan lebih cepat didapatkan.


Baca juga : Kenali Algoritma Klasifikasi Machine Learning Terpopuler di Tahun 2021


Belajar mengenai Machine Learning tidak bisa dilakukan secara instan. Untuk pemula yang belum pernah mempelajari pemrograman, perlu ketekunan dalam mempelajarinya dengan terus berlatih menggunakan berbagai tipe data dan model yang sesuai. Berbagai sumber seperti YouTube, blog, dan buku dapat menjadi pedoman untuk belajar Machine Learning. 


Selain itu, kamu juga dapat mengikuti kursus yang menyediakan modul tentang Machine Learning seperti DQLab, loh. Materi yang mudah dipahami dan mentor yang ahli di bidangnya mampu membantu proses pembelajaranmu. 

Yuk, bergabung di DQLab.id dan mulai belajar serta mempraktekkan model Machine Learning yang digunakan di industri!


Penulis: Salsabila MR

Editor: Annisa Widya Davita


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :