Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, dan Excel GRATIS
 SIGN UP  

Tertarik Belajar Seputar Dunia Science Data? Ketahui Cara Mudahnya Disini!

Belajar Data Science di Rumah 30-November-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/101e7042dc1114408be74bf8b6b08198_x_Thumbnail800.png

Industri data telah menjadi sebuah tren baru dalam kalangan masyarakat. Mengapa? Hal tersebut dikarenakan prospek karirnya yang cemerlang dan menjanjikan sehingga membuat banyak orang tertarik untuk mempelajari dan menggeluti bidang tersebut. Meskipun mempelajari materi seputar data, namun terdapat banyak cara mudah bahkan gratis yang dapat kalian gunakan untuk mempelajarinya.


Namun, sebelum kalian mengetahui cara-cara mudah atau tempat belajar data yang tepat, kalian perlu mengetahui seputar Data Science terlebih dahulu dimulai dari pengertiannya, skill dasar yang diperlukan, prospek karirnya, baru setelah itu kalian dapat mengetahui tempat belajar yang tepat. Jadi, jangan sampai ketinggalan, ya!


1. Pengertian Data Science

Data Science merupakan suatu disiplin ilmu yang mempelajari tentang ilmu komputer, statistik, dan matematika. Data merupakan hal utama yang dipelajari dalam disiplin ilmu ini, khususnya data kuantitatif atau numerik. Tujuan utama dari ilmu Data Science adalah mengumpulkan, menafsirkan, dan menganalisis data yang terkumpul, baik data tersebut terstruktur ataupun tidak terstruktur.


Dengan mempelajari Data Science, selain bisa dimanfaatkan untuk diri sendiri, kalian juga dapat menjalani karir di dalam industri data sebagai salah satu dari banyaknya profesi yang tersedia. Contohnya adalah Data Analyst, Data Science, dan Data Engineer. Ketiga profesi tersebut sedang gencar-gencarnya diminati oleh khalayak dan menjadi incaran perusahaan-perusahaan besar hingga startup.


Baca juga : Belajar Data Science Secara Otodidak? Berikut langkah-langkahnya!


2. Skill Dasar Data Science

Semua profesi yang ada dalam berbagai bidang tentunya memerlukan skill atau kemampuan dasar yang harus dikuasai. Dengan skill dasar tersebut, diharapkan tenaga kerja dapat mengerjakan pekerjaannya dengan lebih efisien dan lebih akurat. Sama halnya dengan Data Science, bagi profesi yang didasari oleh ilmu ini perlu memiliki tiga jenis skill. Skill yang pertama adalah pemrograman, skill ini akan sangat membantu kalian yang akan menjadi seorang Data Analyst atau Data Scientist. Setidaknya kalian perlu memahami bahasa pemrograman Python.


Skill yang kedua adalah statistika, pemahaman akan skill ini merupakan hal yang mendasar untuk profesi dalam bidang data. Selain bermanfaat untuk menentukan algoritma, skill ini juga dapat digunakan dalam pengembangan software machine learning, lho! Kemudian untuk skill yang terakhir adalah visualisasi data, skill ini diperlukan terutama jika kalian akan menjadi seorang Data Analyst karena kalian akan membantu dalam hal penentuan keputusan.


3. Prospek Karir Data Science

Untuk prospek kerja dalam ilmu Data Science, kalian dapat menjadi tiga profesi yang telah disebutkan sebelumnya, yaitu Data Analyst, Data Scientist, dan Data Engineer. Terlebih untuk saat ini di Indonesia sendiri yang sangat dibutuhkan di berbagai industri adalah profesi Data Analyst dan Data Scientist. Kedua profesi ini dibutuhkan untuk mengolah dan menginterpretasikan kumpulan data untuk strategi perusahaan selanjutnya. 


Dilihat dari tugas profesi-profesi tersebut membutuhkan keahlian dan keterampilan dari segi hard skill dan soft skill. Oleh karena itu, meskipun Data Analyst, Data Scientist, dan Data Engineer dibutuhkan oleh banyak perusahaan dalam berbagai bidang, pembelajaran untuk menjadi profesi-profesi tersebut tidaklah mudah.


4. Tempat Belajar Data Science Secara Gratis

Belajar disiplin ilmu Data Science dapat dilakukan dengan berbagai cara, contohnya adalah secara otodidak melalui website, artikel maupun Youtube, atau dengan mengikuti kursus yang tersedia di online platform. Terdapat keuntungan dalam masing-masing cara belajar, apabila secara otodidak kalian dapat menyesuaikan waktu belajar dengan keseharian kalian. Sedangkan dengan mengikuti kursus kalian bisa mendapatkan sertifikat yang pastinya akan berguna untuk awal mula karir kalian dalam industri data.


Terlepas dari keuntungan, tentunya ada kelemahan dalam masing-masing platform. Apabila kalian belajar secara otodidak, kalian perlu mengeluarkan biaya dan tenaga ekstra dalam mendapatkan sertifikat ataupun bukti kalian sudah atau pernah mempelajari ilmu tersebut. Sama halnya dengan belajar di kursus, yang membedakan hanyalah kalian tidak perlu mengeluarkan biaya lebih untuk sertifikat karena sudah termasuk dalam biaya kursus yang kalian ikuti.


Baca juga : Mulai Belajar Data Science GRATIS bersama DQLab selama 1 Bulan Sekarang!


5. Belajar Data Science dengan Lebih Mudah di DQLab

Bagaimana, teman-teman? Kalian sudah cukup mengenal Data Science bukan? Belajar Data Science memang banyak dan cukup rumit, tetapi kalian dapat melakukan sesi belajarnya dengan menyenangkan bersama DQLab. Di DQLab, kalian dapat mengembangkan tidak hanya skill yang diperlukan untuk menjadi profesi data, namun kalian juga dapat berkembang dari segi soft skill yang dimiliki. Apabila kalian tertarik untuk bergabung, kalian dapat sign up di DQLab.id, lalu kalian bisa langsung mengerjakan module ‘Introduction Data Science with Python and R’ secara gratis! Yuk, mulai sesi belajar kalian bersama DQLab.id dan jadilah salah satu profesi beken zaman ini!


Penulis : Callista Eugenia

Editor : Annissa Widya Davita

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!