MAU PUNYA SKILL DATA SCIENCE YANG AMAYZING?
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 150K  | Pakai Kode: AMAYZING
BURUAN SERBU!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 3 Jam 14 Menit 49 Detik 

Tertarik Jadi Data Analyst? Simak 4 Langkah Awal untuk Mulai Karirmu

Belajar Data Science di Rumah 31-Agustus-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/6b77bcd64595d55c8991646d44d4eebc_x_Thumbnail800.jpg

Cara menjadi Data Analyst tentu menjadi pertanyaan bagi kamu yang tertarik memulai karir pada profesi ini. Meningkatnya kebutuhan perusahaan ataupun startup akan Data Analyst menyebabkan pekerjaan ini semakin dilirik setiap tahunnya. Memiliki tugas untuk menganalisis dan visualisasi data menjadi poin utama pekerjaan ini. 


Bagi kamu yang tertarik untuk menjadi Data Analyst, ada berbagai cara agar kamu bisa memulai karir meskipun sebelumnya tidak memiliki background di ranah data.Melalui artikel ini, DQLab akan memberikan informasi mengenai 4 langkah awal untuk memulai karirmu menjadi Data Analyst. Penasaran kan? Yuk, langsung simak dan pahami penjelasan dibawah ini!


1. Pahami Peran dan Tugas Data Analyst

Langkah paling awal yang harus kamu lakukan untuk memulai karir menjadi Data Analyst adalah memahami peran dan tugas profesi ini. Data Analyst merupakan pekerjaan yang berhubungan dengan berbagai jenis data serta memiliki peran dalam mengolah, mengambil kesimpulan dan memvisualisasikan data tersebut. Data yang sudah diterjemahkan akan diolah menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk membantu terjadinya proses pengolahan serta manajemen data perusahaan. Selain itu, seorang Data Analyst juga berperan untuk melakukan analisa data besar (Big Data) dengan tujuan identifikasi tren dan mengembangkannya menjadi bentuk visual atau grafis yang ditampilkan dalam presentasi. Oleh karena itu, seorang data analyst dapat dikatakan sebagai orang yang bertugas untuk menganalisis data dengan tujuan mendapatkan insight, melakukan prediksi bisnis secara kredibel melalui data. 


Yuk, mulai cari-cari dan pahami informasi mengenai peran serta tugas Data Analyst agar mendapatkan gambaran mengenai profesi satu ini!


Baca juga : Kenali Perbedaan Data Scientist, Data Analyst dan Data Engineer


2. Pelajari, Pahami dan Tingkatkan Skill yang Dibutuhkan

Langkah kedua adalah mempelajari, memahami dan meningkatkan skill yang dibutuhkan. Untuk menjadi Data Analyst, tentu kamu harus mengetahui skill apa yang dibutuhkan pada profesi ini. Tidak berhenti pada fase mengetahui aja, namun sangat penting untuk mempelajari, memahami dan juga meningkatkan skill-skill tersebut ya!


Ada beberapa skill Data Analyst yang sangat dibutuhkan oleh berbagai industri seperti Query Database SQL, yang membantu untuk memastikan informasi mudah ditarik atas permintaan dan dianalisis dengan benar serta sangat berguna untuk membantu dalam mengelola kumpulan data dengan volume yang besar. Kemudian, bahasa pemrograman statistik seperti SQL, R dan Python, berbagai jenis alat visualisasi data, seperti d3.js dan ggplot serta komunikasi yang baik.


Kamu bisa mempelajari skill-skill tersebut melalui berbagai layanan gratis ataupun langkah selanjutnya pada artikel ini nih!


3. Mengikuti Kelas atau Pelatihan yang Berhubungan Dengan Data Analyst

Mengikuti kelas atau pelatihan Data Analyst menjadi langkah awal yang baik untuk memulai karirmu. Sebagai salah satu profesi yang bersinar di era revolusi industri 4.0, seorang Data Analyst harus memiliki berbagai skill yang dibutuhkan oleh industri data. Kamu bisa mengikuti berbagai kelas atau pelatihan yang berhubungan dengan Data Analyst seperti yang tersedia pada DQLab.


Dengan kondisi pandemi seperti sekarang, segala aktivitas kita cenderung dilakukan dari rumah. Tujuannya, untuk mencegah serta memutus rantai penyebaran Covid-19. Berbagai aktivitas seperti pekerjaan dan proses pembelajaran pun dilakukan secara online, termasuk kelas atau pelatihan. Kelas atau pelatihan Data Analyst yang dilakukan secara online bersifat lebih fleksibel serta membantu kamu tetap produktif meski dirumah aja. Dengan begitu, langkah kamu untuk memulai karir menjadi Data Analyst tetap terjaga dan on track.


Kamu bisa mulai persiapkan diri dan bangun kompetensi yang dibutuhkan untuk berkarir menjadi Data Analyst dengan berbagai jenis modul yang tersedia di DQLab. Data Analyst Career Track Series bisa menjadi salah satu referensi modul yang cocok banget buat kamu. Selain itu, kamu bisa mendapatkan mentor untuk membimbing kelas atau pelatihanmu!


Baca juga : Data Analyst vs Data Scientist, Yuk Kenali Perbedaannya 


4. Bangun Portfolio Data dan Dapatkan Sertifikasi

Langkah ini akan sangat berguna bagi kamu untuk memulai karir menjadi Data Analyst. Pengalaman dan latihan secara maksimal dapat menjadi tanda bahwa kamu siap memulai karirmu pada profesi satu ini. Meskipun berlatar belakang pendidikan yang mungkin berhubungan dengan Data Analyst seperti ilmu komputer, matematika, statistik dan ekonomi, belum tentu kamu bisa menjadi seorang Data Analyst yang kompeten. Untuk itu, perlu untuk mengikuti program yang bisa membantu kamu untuk belajar Data Analyst lebih mendalam. Dengan begitu, kamu bisa mengasah skill dan meraih berbagai pengalaman baru.


Selain mengikuti program kursus belajar tersebut, agar kemampuan analisis data kamu semakin dilirik oleh banyak perusahaan, kamu bisa mengikuti program belajar yang memberikan sertifikasi. Sertifikasi tersebut dapat menjadi bukti kemampuan dan keterampilan kamu untuk menjadi Data Analyst yang kompeten.


5. Siapa Saja Bisa Jadi Data Analyst Bersama DQLab!

Data Analyst menjadi profesi yang kian bersinar dan menjanjikan khususnya di era digital seperti sekarang. Bagi sahabat data DQLab yang tidak memiliki latar belakang pendidikan Science, Technology, Engineering, Math (STEM) tidak perlu takut untuk memulai karir menjadi Data Analyst asal memiliki kemauan untuk mempelajari dan memahami skill yang dibutuhka karena bidang ini bisa dipelajari oleh siapa saja. Terdapat program-program menarik DQLab yang bisa kamu ikuti. Kamu tetap bisa belajar dan siap bersaing dengan mereka yang lebih dulu memiliki background atau bekal Analisis Data!


Yuk belajar berbagai pengetahuan dan skill yang dibutuhkan Data Analyst bersama  DQLab dengan cara sign up di DQLab.id. Tunggu apa lagi? Mulai karirmu bersama DQLab!



Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!