PROMO 12.12 YES! BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 122K!
Diskon Spesial 97% Belajar Data Science Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 11 Jam 25 Menit 7 Detik 

Tertarik Mempelajari SQL? Ini Tips dan Trik yang Perlu Diperhatikan!

Belajar Data Science di Rumah 07-Desember-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/61c38674982036ab435b24976e2934ff_x_Thumbnail800.png

Structured Query Language atau SQL merupakan salah satu bahasa pemrograman yang saat ini sedang populer dan dibutuhkan banyak perusahaan saat ini. SQL berguna untuk mengumpulkan dan mengelola database. Karena sebagian besar perusahaan dan situs website besar memiliki database, mereka memerlukan seseorang yang dapat mengelolanya.


Banyak yang mengira bahwa SQL hanya dapat dipelajari oleh individu dari latar belakang teknologi dan lain sebagainya, namun hal tersebut salah. SQL dapat dipelajari oleh siapa saja tanpa terkecuali. Dalam artikel ini akan tersedia informasi seputar SQL dan tips dalam mempelajarinya. Yuk, simak bersama!


1. Pengertian SQL

Structured Query Language atau SQL merupakan bahasa query yang dirancang untuk memberikan bantuan dalam pengambilan dan pengelolaan informasi pada sebuah database. Bagi para pemula di bidang teknologi, SQL biasa diartikan sebagai bahasa pemrograman yang digunakan untuk mengakses sebuah data dalam basis relasional.


Keterkaitan dengan standarisasi SQL sudah ada sejak lama, yaitu tahun 1986. Pada awalnya, SQL diinisiasi oleh American National Standard Institute atau ANSI. Dan hingga saat ini, sudah banyak sekali server yang dapat mengartikan SQL, baik dari segi database maupun software atau perangkat lunak.

 

Baca Juga : Belajar Query MySQL Dasar yang Wajib Kamu Tahu Khususnya Untuk Pemula


2. Manfaat SQL

Dalam SQL sendiri terdapat tiga fungsi utama yang sangat bermanfaat ketika diaplikasikan. Fungsi-fungsi tersebut masih memiliki fungsi lain di dalamnya, namun seiring berjalannya waktu, kalian bisa memahami sendiri mengenai fungsi lainnya. Berikut tiga fungsi utama dalam SQL.


  • Dapat memanipulasi dan mengakses database.

  • Mampu mengeksekusi query.

  • Dapat mengatur hak akses user atau pengguna.


3. Tempat Belajar SQL

Seperti yang sempat disampaikan sebelumnya, SQL merupakan bahasa pemrograman yang penting dan perlu kalian pelajari. Selain dari banyak manfaatnya, banyak perusahaan juga yang pasti akan mengincar kalian ketika kalian paham akan SQL. Namun, belajar SQL tidak bisa begitu saja, kalian perlu memperhatikan tempat belajar yang tepat.


Banyak sekali website atau blog yang memberikan materi seputar SQL, tetapi akan lebih tepat jika kalian mempelajarinya pada suatu kursus atau tempat belajar yang khusus mengajarkan tentang data. Di tempat kursus, tidak hanya mendapatkan materi, namun kalian juga bisa mendapatkan pengalaman dari pengajar data kalian.


4. Tips Belajar SQL

Seperti yang tertulis pada judul, artikel ini akan memberikan kalian tips seputar SQL. Tips-tips tersebut dapat kalian praktekkan ketika sedang mempelajari SQL. berikut beberapa tips belajar SQL yang telah dirangkum untuk kalian.


  • Memahami manfaat dan penggunaan SQL.

  • Mengikuti kursus atau bootcamp SQL.

  • Membangun koneksi dengan sesama siswa kursus SQL atau mengikuti komunitas.

  • Mempelajari berbagai kode eror SQL.

  • Memahami perbedaan beragam sistem database.

  • Terus berlatih dengan data sungguhan.

  • Mendownload code editor.


Baca Juga : Saatnya Belajar SQL, Kenali Rekomendasi Query SQL Bagi Pemula


5. Mahir Dalam Materi Seputar SQL Bersama DQLab

Kalian tidak akan menyesal ketika mempelajari SQL karena SQL sangatlah menjanjikan. Kalian bisa mulai sesi belajar SQL bersama DQLab dengan sign up di DQLab.id, lalu ketika sudah sign up, kalian bisa langsung mengerjakan module gratis "Introduction Data Science with Python and R" sebagai materi pertama kalian di DQLab. Ayo, kuasai SQL dan jadilan generasi mahir dalam data bersama DQLab.id!



Penulis : Callista Eugenia

Editor : Annissa Widya Davita

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :