Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

Tingkatkan Bisnis dengan Ilmu Data Science

Belajar Data Science di Rumah 27-Maret-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/f50ff27deb28e3c53e38382b512900a6_x_Thumbnail800.jpeg

Data Science merupakan salah satu ilmu baru yang sangat bermanfaat untuk mengatasi berbagai permasalahan yang berkaitan dengan data. Fenomena big data merupakan sebuah fenomena dengan jumlah data yang sangat banyak dan jenis data yang beragam. Ukuran data maksimal yang ada sudah bukan lagi sekedar terabyte, namun sudah mencapai zetabyte.Salah satu faktor penyebab lahirnya big data adalah penggunaan teknologi digital.


Perusahaan mulai menyadari bahwa pembuatan keputusan yang hanya menggunakan feeling dan tanpa melibatkan data dalam pengambilan keputusan bukanlah cara yang tepat untuk bisa mempertahankan eksistensi bisnis. Tentunya jika data yang ingin digunakan merupakan big data, maka kita harus bisa menyiapkan metode yang lebih tepat untuk mengolah data tersebut. Misalnya saja penggunaan ilmu Data Science. Dalam artikel ini kita akan membahas bagaimana Data Science bisa meningkatkan bisnis. Yuk, simak pembahasannya!


1. Seberapa Penting Data Science dalam kehidupan Manusia?

Data Science

Perkembangan teknologi digital banyak mengubah kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari. Kita sudah mulai terbiasa dengan kemudahan teknologi digital yang membuat banyak hal menjadi lebih efektif dan efisien. Misalnya saja penggunaan asisten virtual yang terdapat di smartphone, kita cukup memberikan perintah via suara, maka asisten virtual secara otomatis dapat menjalankan perintah tersebut, seperti untuk setting alarm, melakukan panggilan, membuka aplikasi, dan masih banyak lagi. 


Selain itu, kita juga kerap kali mencari informasi dengan search engine seperti Google. Dengan menggunakan ilmu Data Science, mesin akan berusaha menampilkan informasi yang paling relevan sesuai keyword yang kita cari.


Baca juga : Kenapa Data Science Penting? Ini Dia Manfaatnya di Era Digital


2. Peranan Data Science dalam Bisnis

Data Science

Lalu bagaimana peranan Data Science dalam ilmu bisnis? Persaingan bisnis terus meningkat setiap hari nya. Ada banyak sekali kompetitor yang bergerak di bidang yang sama dengan bisnis yang sedang kita jalani. Untuk bisa mempertahankan eksistensi, tentu bisnis harus mengoptimalkan pelayanan yang diberikan ke customer dan memiliki value yang tidak dimiliki oleh kompetitornya. Dengan menggunakan Data Science, para pelaku bisnis dapat dengan mudah mengetahui hal apa saja yang harus ditingkatkan karena memiliki probabilitas yang tinggi untuk membuat customer churn (beralih ke kompetitor). Selain itu, pelaku bisnis juga bisa mengetahui hal mana yang disukai oleh customer.


3. Data Science Bisa Membantu Prediksi

Data Science

Prediksi adalah salah satu cara untuk meramalkan kejadian yang belum terjadi berdasarkan data yang ada di masa lalu. Pembuatan prediksi ini akan sangat dibutuhkan dalam proses pengambilan keputusan. Selain untuk mendapatkan keuntungan yang lebih banyak, prediksi juga dapat digunakan untuk meminimalisir kerugian. Menariknya, kita bisa menggunakan ilmu Data Science untuk membuat prediksi yang memiliki nilai akurasi tinggi. Misalkan untuk menentukan kapan harus melakukan promosi, kapan harus launching produk baru, produk seperti apa yang harus dibuat, dan masih banyak lagi.


4. Memudahkan Bisnis Mengidentifikasi Peluang Baru

Data Science

Bisnis harus terus berkembang untuk mempertahankan eksistensinya. Baik dengan cara mengupdate produk yang sudah ada sebelumnya maupun membuat produk baru. Tapi bagaimana caranya agar pelaku bisnis mengetahui harus membuat produk apa agar tidak mengalami kerugian? Tentu saja dengan menggunakan ilmu Data Science mereka bisa mendapatkan banyak informasi, misalnya untuk mengeksplorasi lebih dalam, membvuat analisis berdasarkan kejadian di market, dan masih banyak lagi.


Baca juga : 3 Contoh Penerapan Data Science yang Sangat Berguna di Dunia Perindustrian


Data Science ternyata merupakan ilmu yang bisa menempatkan diri dimana saja. Bahkan di dunia marketing dan branding yang penuh dengan kreativitas. Perkembangan Data Science di berbagai sektor membuat kita harus mulai membuka mata untuk melihat peluang besar ini. Jika tidak ingin ketinggalan zaman, maka kita harus mengupgrade diri. Salah satu caranya, kamu bisa mempelajari Data Science bersama DQLab. Di sana kamu akan mendapatkan module lengkap, sertifikat sebagai bukti telah menyelesaikan modul pembelajaran dan juga bisa langsung menerapkan pembelajarannya melalui fitur project yang tersedia. 


Tunggu apalagi? Yuk langsung bergabung dengan cara signup di DQLab kemudian nikmati pembelajaran modul gratis “Introduction to Data Science with Python” atau “Introduction to Data Science with R”. Dengan memulai pembelajarannya dari sekarang, kamu siap menghadapi tantangan di era digital dan mewujudkan karirmu sebagai Data Scientist di tahun 2023.


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri 

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login