PROMO PUNCAK LEBARAN DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan BERSERTIFIKAT hanya Rp 99K!

0 Hari 1 Jam 16 Menit 36 Detik

Tingkatkan Skill dengan Pelatihan Employee MySQL

Belajar Data Science di Rumah 03-April-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/9497bce02541d484921198015e5fe7ef_x_Thumbnail800.jpeg

Meningkatnya permintaan akan pekerjaan di bidang data seperti Data Analyst, membuat banyak pihak tertarik untuk mempelajari kemampuan-kemampuan yang dibutuhkan dalam pekerjaan tersebut. Salah satunya yaitu bahasa database seperti SQL.


Bahasa SQL merupakan salah satu dari banyak bahasa pemrograman yang juga sering digunakan untuk melakukan pengolahan data hingga menemukan insight dari setiap data yang sedang kamu olah.


Sebagian besar perusahaan dan situs web besar pasti memiliki database yang digunakan untuk menghasilkan informasi dalam membuat suatu keputusan. Disinilah SQL sangat berperan. Kenapa mempelajari SQL sangat penting?


Secara sederhana, dengan adanya transformasi digital maka setiap aktivitas digital mengandung informasi penting yang bisa dimanfaatkan oleh perusahaan untuk mengambil keputusan. Jika karyawan tidak turut serta beradaptasi dan mempelajari SQL atau database, perusahaan juga akan sulit berkembang.


Lalu bagaimana cara terbaik untuk memulai mempelajari SQL bagi pemula? Yuk segera simak!


1. Pahami Pengertian Bahasa SQL

SQL merupakan singkatan dari Structured Query Language, yang digunakan untuk mengakses, memodifikasi dan mengelola data dan database. Kamu dapat menyimpan masing-masing data dalam bentuk tabel seperti pada Excel. SQL digunakan untuk kamu yang mempunyai aplikasi dengan banyak relasi antar satu data dengan data lainnya.


Contoh database SQL meliputi MySQL, PostgreSQL, dan SQLite. SQL tidak dianjurkan menjadi Bahasa pertama yang dipelajari jika kamu ingin menjadi seorang programmer, karena Bahasa ini digunakan hanya untuk mengakses dan mengelola data seperti yang telah dijelaskan di atas.


Baca juga : Saatnya Belajar SQL, Kenali Rekomendasi Query SQL Bagi Pemula


2. Cara Terbaik Untuk Mulai Belajar SQL

Jika kamu sudah memahami apa itu bahasa SQL, maka setelah itu waktunya kamu memulai mencari cara yang tepat untuk memulai mempelajari SQL. Salah satu cara yang tepat adalah dengan mengikuti kursus online yang bagus. Karena dengan mengikuti kursus online kamu bisa mempelajari kode sintaks, dan fitur-fitur bahasa dengan jelas dan mudah untuk diikuti.


Salah satu kursus online yang bisa kamu ikuti adalah DQLab, karena bersama DQLab memungkinkan kamu untuk belajar SQL sesuai dengan kecepatan yang kamu inginkan. Di DQLab kamu dapat belajar kapanpun kamu ingin belajar.


3. Sumber Informasi untuk Membantu Belajar SQL

Selain dengan kursus online, ada banyak sumber belajar lain yang bisa digunakan. Pertama, menggunakan panduan referensi bahasa yang pada dasarnya menyediakan segala sesuatu tentang bahasa pemrograman, seperti sintaks, konsep, dan pengkodingan.


Kedua adalah melalui video YouTube, ketika mengalami masalah dengan codingmu kamu bisa mencari solusinya melalui YouTube. Video-video tersebut menyediakan banyak pelatihan SQL. 


Terakhir adalah melalui forum SQL online. Forum ini merupakan tempat yang tepat untuk pemrogram pemula jika ingin menemukan jawaban dari segala masalah yang dimiliki. Forum online ini memungkinkan kamu untuk mendapatkan jaringan baru dengan sesama programmer, dalam membantu orang lain maupun saling berbagi pengetahuan. Salah satu contoh forum yang paling banyak digunakan programmer adalah Stack Overflow.


4. Pelajari SQL sebagai Manajemen Data di DQLab!

Setelah memahami penjelasan tersebut, tentu kalian semakin yakin bahwa pelatihan karyawan terhadap manajemen data sangat penting, kan? Baik untuk menambah soft skill SDM perusahaan, juga untuk efektivitas bisnis. Lantas bagaimana cara yang tepat untuk memulai memperkenalkan ini kepada karyawan?


DQLab hadir memberi solusi bagi bisnis kalian. DQLab memiliki program Corporate Service yang akan membantu perusahaan meningkatkan kemampuan digital.


Baca juga : Catat! Ini 3 Keuntungan Belajar SQL dalam Mengolah Data


Tidak hanya belajar manajemen data menggunakan aplikasi seperti MySQL atau SQL Server, tetapi kalian akan mendapatkan berbagai layanan seperti:

  • Konsultasi gratis untuk service yang tepat sesuai kondisi perusahaan

  • Pengembangan Action Plans yang sesuai dengan output yang diinginkan perusahaan

  • Solusi pelatihan atau layanan yang membantu pengembangan kemampuan karyawan

DQLab menjadi pihak yang dapat dipercaya karena telah berpengalaman menjadi partner di perusahaan-perusahaan besar dan membantu mereka berkembang di era digital.


Menariknya lagi, DQLab juga menggandeng pihak ternama untuk meningkatkan potensi karyawan di bidang teknologi. Yuk, segera konsultasikan layanan yang kalian butuhkan dengan corporate training DQLab!!

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login