PROMO BACK TO SCHOOL, HEMATNYA SERU! DISKON 95% + Cashback*
Cuma Rp 159K bisa belajar data science 6 bulan
BURUAN SERBU!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 17 Jam 40 Menit 0 Detik 

Tipe Uji Statistik : Statistik Parametrik dan Statistik Non Parametrik

Belajar Data Science di Rumah 13-Agustus-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2ededc8e7f2582e8118722f4a738b933_x_Thumbnail800.jpg

Haloo teman-teman, apakah kalian mengetahui apa itu statistik? apakah perbedaan antara statistik dan statistika? Statistik merupakan angka atau data yang ditampilkan dalam bentuk tabel hingga grafik. Sedangkan statistika merupakan ilmu yang mempelajari tentang statistika mulai dari mengumpulkan, menganalisis, menginterpretasikan dan mempresentasikan data. Statistik sendiri memiliki 2 tipe pengujian data, yaitu statistik parametrik dan statistik non parametrik.

Apakah yang dimaksud dengan statistik parametrik dan statistik non parametrik? Statistik parametrik dan statistik non parametrik merupakan tipe pengujian yang berdasarkan tujuan penelitian yang akan dijawab, jenis data yang diperoleh dan ukuran jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian. Pemilihan tipe pengujian tentunya harus sesuai dengan jenis data yang digunakan, dikarenakan hal ini merupakan salah satu bagian tahapan penting dari metode penelitian. Apakah kalian ingin tahu lebih lanjut terkait statistik parametrik dan non parametrik? Yuk, simak artikel berikut ini!


1.   Statistik Parametrik

Statistik parametrik merupakan teknik pengujian data dalam statistik yang berguna untuk menguji hipotesis dengan melibatkan parameter populasi. Uji statistik parametrik ini hanya dapat digunakan jika asumsi analisis data yang akan diuji sudah terpenuhi, antara lain data yang digunakan berdistribusi normal atau homogen. Ada yang mengatakan bahwa untuk menggunakan uji statistik parametrik haruslah data yang memiliki jumlah sampel yang besar. Namun berdasarkan temuan dari Statmat.id menyatakan bahwa pernyataan itu belum tentu benar dikarenakan ukuran sampel itu merupakan hal yang sangat relatif.


Baca juga : Pengolahan Data Statistik Parametrik dan Non-Parametrik


2. Jenis Uji Statistik Parametrik

Setelah mengetahui pengertian dari uji statistik parametrik, kita perlu mengenali uji statistik parametrik apa saja yang cukup sering digunakan, antara lain:

  1. Uji-T, digunakan untuk menguji signifikansi dalam satu atau dua kelompok sampel

  2. ANOVA, digunakan untuk menguji signifikansi perbedaan dua rerata atau lebih

  3. Regresi, digunakan untuk menguji hubungan antar variabel

  4. Korelasi, digunakan untuk menguji hubungan antar variabel

  5. Analisis jalur, digunakan untuk menguji hubungan sebab akibat yang didapatkan melalui kajian teori yang telah dirumuskan


3. Statistik Non Parametrik

Statistik non parametrik merupakan uji statistik yang dilakukan dengan tanpa adanya pendugaan sebelumnya pada nilai populasi. Uji statistik non [parametrik ini digunakan untuk melihat perbedaan antara rata-rata nilai tengah 2 kelompok daratan yang sudah diberi ranking. Selain itu, uji ini dapat digunakan untuk melihat perbedaan antara nilai mediannya. Keuntungan menggunakan uji statistik non parametrik adalah kita tidak membutuhkan asumsi normalitas. Adapun kekurangannya adalah hasil dari uji metode ini tidak dapat digunakan untuk mengestimasi karakter populasi.


4. Jenis Uji Statistik Non Parametrik

Pada bagian sebelumnya kita telah mengenali apa itu statistik parametrik dan nonparametrik serta contoh jenis uji statistik parametrik. Pada bagian ini kita akan mengenali beberapa jenis uji statistik non parametrik, antara lain Uji Binomial, Run Test, Goodness of Fit Kolmogorov Smirnov satu sampel, Uji Mc nemar, Wilcoxon sampel berpasangan, Uji tanda dua sampel independen, Uji median Mann-Whitney, Rank Spearman, Uji korelasi Kendall-Tau, Uji Chi-Square, dan lainnya


Baca juga : Yuk Pelajari Macam-Macam Metode Analisis Statistika


5. Tertarik Menjadi Data Scientist?

Data scientist kini menjadi profesi primadona dalam dunia data. Apakah kamu tertarik menjadi data scientist? Kini, kita dapat memulai karir data scientist dengan kursus online di DQLab lohh. Caranya sangat mudah, yaitu cukup signup di DQLab dan nikmati momen belajar gratis bersama DQLab dengan mengakses module gratis dari R, Python atau SQL! Yuk, mulai bangun portofolio datamu!



Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!