PROMO SUPER HUT JAKARTA KE-497!
Belajar Data Science 12 Bulan hanya 175K!

0 Hari 18 Jam 32 Menit 47 Detik

Tips & Tricks Tutorial Gampang Buat Grafik Excel

Belajar Data Science di Rumah 29-September-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-rabu-08-2023-09-29-175457_x_Thumbnail800.jpg

Salah satu tools atau aplikasi pengolahan data yang sering digunakan data analyst adalah microsoft excel. Microsoft Excel ini menjadi pilihan para praktisi data karena dapat mengolah data dalam jumlah yang cukup banyak.


Selain itu excel ini dapat digunakan untuk visualisasi data dengan cara mudah. Salah satu contoh bentuk visualisasi data adalah membuat grafik. Membuat grafik di dalam excel ini tidaklah rumit dan hanya dapat dilakukan hanya dengan beberapa langkah sederhana saja. 


Dalam microsoft excel terdapat banyak sekali fitur dan juga rumus yang dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan pengguna. Dalam proses visualisasi data, terdapat banyak sekali grafik yang bisa digunakan seperti column, Bar, Pie, Surface, dan lain sebagainya.


Penggunaan grafik ini dapat memudahkan para pembaca untuk memahami data yang diolah. Nah, sebenarnya bagaimana sih cara membuat grafik di dalam excel ini?DQLab sudah merangkumnya pada pembahasan di bawah ini. Mari kita simak!


1. Memilih Data

Hal yang pertama dalam membuat grafik pada excel ini adalah memilih data apa saja yang ingin dijadikan bentuk grafik. Kalian dapat memilih bagian mana saja yang ingin kalian jadikan grafik. Sebagai contoh seperti di bawah ini, terdapat data pengeluaran pada empat bulan awal tahun ini.


Jika kalian ingin memasukkan seluruh data kalian, kalian hanya perlu memblok semuanya. Tetapi jika kalian ingin data tertentu saja kalian bisa memilih tabel dan kolom yang diinginkan.


Excel


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Pilih Menu Insert pada Menu Bar

Setelah kalian memblok atau memilih data mana saja yang ingin kalian jadikan grafik, kalian bisa mencari menu insert pada menu bar yang ada pada bagian kiri atas. Nanti kalian akan melihat ikon grafik atau jenis-jenis grafik disana.


Jika kalian ingin melihat lebih jelas grafik-grafik apa saja yang dimiliki excel, kalian dapat memilih recommended charts. 


Excel


3. Memilih Jenis Grafik yang Diinginkan

Jika kalian memilih recommended charts nanti akan muncul halaman pop up dengan pilihan berbagai jenis pilihan grafik yang kalian butuhkan. Untuk melihat pilihan grafik secara lengkap maka kalian dapat memilih menu all charts.


Nanti akan muncul semua jenis grafik yang ada di microsoft excel ini yang bisa kalian pilih.  Selain itu kalian juga bisa memilih berbagai macam bentuk maupun style dari masing-masing jenis grafik.


Excel


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with Excel


4. Mengatur Posisi Grafik Ke Dalam Worksheet

Setelah kalian memilih grafik yang cocok dengan data kalian, maka grafik akan muncul secara otomatis pada worksheet kalian. Agar tabel data milik kalian tidak terganggu dengan grafik yang kalian buat, kalian perlu mengatur posisi dan juga ukurannya.


Adapun langkah yang perlu kalian lakukan adalah mengarahkan kursor ke bagian grafik, kemudian kalian bisa klik dan juga geser. Sedangkan untuk mengubah ukuran grafiknya kalian bisa mengarahkan kursor pada bagian sudut grafik dan menariknya. 


Excel


Di era disruptif teknologi tidak memiliki background STEM bukanlah halangan yang berarti bagi kamu untuk belajar dan menambah skill baru khususnya seputar Data Science dan Data Analyst. Karena skill yang mumpuni lebih dipertimbangkan daripada gelar, untuk itu mulai bangun skill dan portofolio data yang mengagumkan melalui Data Analyst Career Track bersama DQLab


Tidak hanya bahasa pemrograman saya lho yang penting dikuasai, ternyata tools Ms.Excel juga tak kalah penting untuk di kuasai terutama untuk kamu yang saat ini berprofesi sebagai Admin. Ingin ukur kompetensi excelmu? Yuk, coba mini quiz DQLab. Caranya mudah, signup sekarang di DQLab.id lalu pilih menu Quiz atau ikuti Bootcamp Data Analyst with Excel.


Nikmati pembelajaran yang praktis dan aplikatif untuk jago Excel bersama DQLab! Tunggu apa lagi? Yuk, signup sekarang dan mulai belajar Module Platinum Excel. Caranya dengan Sign Up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab:

  • Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup atau isi form dibawah ini ya!

  • Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

  • Subscribe DQLab.id untuk Akses Semua Module Premium!




Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login