TEBUS HOKI! BELI 1 GRATIS 1
Belajar Data 6 BULAN GRATIS 6 BULAN hanya Rp180K!

0 Hari 12 Jam 10 Menit 31 Detik

Tips Bangun Koneksi & Portfolio Data Analyst

Belajar Data Science di Rumah 13-September-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-senin-03-2023-09-13-135325_x_Thumbnail800.jpg

Di era modern, pertumbuhan produksi data kian meningkat. Data-data ini beraneka ragam, mulai dari data terstruktur hingga tidak terstruktur. Misalnya, data numerik, grafik, audio, video, dan lain sebagainya. Data yang diproduksi sebagian besar berasal dari sosial media dan internet, serta dapat diakses secara gratis.


Dalam proses pengolahan data, perlu adanya ilmu khusus agar data tersebut dapat diekstrak menjadi informasi yang bermanfaat. Salah satu ilmu yang banyak digunakan dalam pemrosesan big data adalah data analysis. Ilmu ini sangat unik karena bisa diaplikasikan hampir di semua sektor industri. 


Bagusnya prospek kerja di bidang data analyst menjadi salah satu trigger banyak orang mulai tertarik untuk berkarir di bidang tersebut. Kabar baiknya, bidang ini bisa dipelajari oleh siapapun asalkan memiliki tekad dan komitmen. Salah satu ‘senjata’ agar bisa terjun menjadi data analyst adalah dengan membangun portfolio dan bertukar pikiran dengan banyak praktisi data untuk menambah ilmu dan koneksi.


DQLab adalah salah satu platform yang bisa memfasilitasi kamu untuk membangun portofolio sekaligus berkenalan dengan banyak praktisi data profesional yang sudah malang melintang di dunia industri. Ingin bertemu dan berkenalan dengan ‘teman seperjuangan’ yang juga sedang belajar? Bisa banget! Gimana caranya? Yuk simak artikel ini sampai akhir!


1. Mengenal Lebih Dalam DQLab

Data Analyst


DQLab merupakan program kursus data science yang dipelopori oleh Universitas Multimedia Nusantara bersama Xeratic. Tujuan dari program DQLab adalah untuk membangun dan mempersiapkan generasi yang siap berkarir di industri data. Fokus karir DQLab adalah data scientist, data analyst, dan data engineer. DQLab akan membantu kita untuk mempelajari kompetensi fundamental yang dibutuhkan untuk berkarir di tiga profesi tersebut. 


Ada beberapa program yang bisa kita ikuti yaitu modul belajar yang ada pada skill track dan career track, proyek data industri untuk membangun portofolio (penunjang karir), dan data challenge untuk mendapatkan feedback dari praktisi data. 


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. DQChallenge

Data Analyst

DQLab Data Challenge adalah salah satu program DQLab untuk membantu membernya untuk memvalidasi skill yang dibutuhkan dalam berkarir di dunia data. Pada program ini, member DQLab akan dibimbing untuk membangun portofolio dengan kasus dan dataset yang diberikan.


Selain itu, member-member ini juga memiliki kesempatan untuk mempresentasikan project dan challenge yang telah dikerjakan kepada praktisi data untuk mendapat feedback untuk mengembangkan kemampuanya. Setelah menyelesaikan modul dan challenge, member DQLab akan mendapatkan sertifikat yang dapat mendukung kevalidan portofolionya.


3. Project dan Modul

Data Analyst

DQLab memiliki beberapa pilihan paket membership, yaitu paket belajar satu bulan, tiga bulan, enam bulan, dan dua belas bulan. Di era digitalisasi, kita tidak perlu takut ketinggalan materi karena banyak modul belajar DQLab yang bisa kita akses.


Modul DQLab terdiri dari modul fundamental dan advanced yang menggunakan bahasa indonesia, sehingga mudah dipelajari, bahkan bagi seseorang yang belum memiliki pengalaman mengolah data. Di setiap modulnya juga akan ada project yang bisa kita gunakan untuk membangun portfolio.


4. Event dan Job Connector

Selain dapat belajar menggunakan modul dan challenge, kita juga dapat belajar dan berbincang secara langsung dengan praktisi data melalui DQLab event yang diselenggarakan secara berkala. DQLab Event ini merupakan acara seminar, pelatihan, dan sharing dengan praktisi data profesional dari perusahaan ternama dan member DQLab yang telah sukses berkarir di industri data. 


Data Analyst


Selain dapat belajar, kita juga memiliki kesempatan untuk bekerja sebagai praktisi data melalui program DQLab Job Connector. Sudah banyak member DQLab yang berhasil berkarir sebagai data analyst, data engineer, dan data scientist melalui DQLab career. 


Baca juga : Data Analyst vs Data Scientist, Yuk Kenali Perbedaannya 


Yuk segera akses modul dan nikmati experience belajar menarik dengan live code editor DQLab. Kapan lagi bisa belajar coding tanpa harus install tools tambahan!


DQLab adalah platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT yang memudahkan beginner untuk mengakses informasi mengenai data science secara lebih mendalam.


DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Jadi sangat cocok untuk kamu yang belum mengenal data science sama sekali. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis dan aplikatif, yuk sign up sekarang di DQLab.id atau ikuti Bootcamp Data Analyst with SQL and Python berikut untuk informasi lebih lengkapnya!


Penulis: Galuh Nurvinda K



Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :