TIKET DQGRATIS UNTUK KAMU!
Sesi Belajar Excel Basic hingga Visualisasi Data Sederhana bersama DQLab  
DAFTAR SEKARANG
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 17 Jam 9 Menit 23 Detik 

Tips Belajar Data Science Gratis untuk NON IT bersama DQLab

Belajar Data Science di Rumah 16-Desember-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/619fe3eb8f57c96ff384043dd034a4e4_x_Thumbnail800.jpg

Belajar Data Science gratis bersama DQLab merupakan cara belajar Data Science yang paling efektif di era modern saat ini. Semakin meningkatnya lowongan pekerjaan di bidang Data Scientist berbanding lurus dengan lembaga kursus Data Science yang semakin menjamur. DQLab, platform belajar Data Science yang menyediakan dan memberikan akses belajar gratis meliputi SQL, R, Python and Excel. Bahasa pemrograman ini merupakan contoh bahasa pemrograman dari sekian banyaknya bahasa pemrograman yang juga sering digunakan untuk melakukan pengolahan data hingga menemukan insight dari setiap data yang sedang kamu olah.


Jika kamu adalah pemula di dunia Data Science, tenang saja karena setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk mempelajarinya. Karena pada dasarnya ilmu Data Science tidak hanya terbatas di background pendidikan tertentu, mengingat pada era Digital Transformation saat ini, ilmu ini dapat digunakan di semua lini bisnis.  Untuk memulai karir sebagai praktisi data, kamu perlu belajar Data Science secara intensif dengan ilmu yang mencakup ilmu Statistika, Matematika, Programming, dan Bisnis. Kabar baiknya adalah, siapa pun bisa mempelajari Data Science dan berkesempatan menjadi praktisi data, tanpa membutuhkan latar pendidikan tertentu. Lalu bagaimana langkah mudah untuk memulai belajar Data Science? Yuk simak artikel selengkapnya ya!


1. Tingkatkan Skill Statistik, Matematika dan Machine Learning

Proyek yang nantinya akan dikerjakan oleh seorang Data Scientist untuk mengolah sebuah data kuantitatif, membuat model, atau membangun algoritma, menuntut kamu untuk memiliki kemampuan dalam memahami Matematika, Statistika dan juga Machine Learning. Ketiga skill ini sangat mendasar bagi seorang Data Scientist. Jika tidak bisa belajar di bangku universitas, kamu bisa mengikuti kursus online gratis di DQLab. 


Baca juga : Belajar Data Science Secara Otodidak? Berikut langkah-langkahnya!


2. Skill Melakukan Data Visualization

Memahami informasi dari data tentunya akan lebih mudah apabila disajikan dalam grafik atau chart, dibandingkan harus melihat spreadsheet ataupun laporan berbentuk teks yang sangat panjang. Selain itu, mata manusia juga akan lebih mudah menangkap informasi dalam bentuk chart atau gambar. Dalam bidang ilmu Data Science, diperlukan ketiga skill ini untuk membantu Data Scientist menjelaskan data menjadi informasi yang mudah dipahami. Data munging merupakan kegiatan melakukan transformasi terhadap raw data menjadi format lain yang lebih mudah untuk dianalisis. Sementara visualisasi dan report merupakan pembuatan representasi visual dari data dan menyajikan hasil analisis tersebut ke dalam laporan. Hal tersebut menjadi penting bagi seorang Data Scientist oleh karena itu kamu perlu mempelajari salah satu bahasa pemrograman dan menekuninya agar menjadi mahir.


3. Bergabung dengan Komunitas atau Ikuti Seminar

Kamu bisa mengikuti seminar ataupun kompetisi untuk mengasah kemampuanmu dalam belajar Data Science dan untuk melihat sudah sejauh mana kemampuan yang kamu miliki. Walaupun kamu bisa belajar secara otodidak, tidak berarti bahwa kamu benar-benar mampu belajar Data Science sendirian saja. Ada baiknya kamu bergabung dengan komunitas belajar Data Science yang pastinya ada banyak sekali yang bisa kamu ikuti. Dengan mengikuti komunitas, kamu bisa saling berbagi ilmu, pengalaman, dan juga berdiskusi dengan anggota lainnya di komunitas tersebut dan juga memperluas jaringanmu.


4. Mengerjakan Proyek yang Berhubungan

Last but not least, dengan menjalankan ketiga tahap sebelumnya secara tuntas, kamu telah memiliki dasar kuat mengenai Data Science. Setelahnya, kamu bisa menerapkan apa yang telah dipelajari dengan mengerjakan proyek maupun studi kasus datamu sendiri. Misalnya, membuat model Machine Learning secara mandiri setelah mempelajari teori mengenai model Machine Learning. 

Salah satu cara yang dapat membantu kamu membuat proyek data adalah mengunduh berbagai dataset yang tersedia di platform online. Kamu bisa mencoba untuk melakukan analisis dan prediksi dalam menggunakan Machine Learning. Hal ini akan menambah pengalaman yang membantu kamu memperkuat pengalaman mengenai konsep dan teori yang telah dipelajari.


Baca juga : Mulai Belajar Data Science GRATIS bersama DQLab selama 1 Bulan Sekarang!


5. Tingkatkan Kompetensimu dengan Module Platinum DQLab

Mempelajari Data Science secara otodidak memang pilihan yang tepat bagi kamu yang enggan untuk mengeluarkan biaya lebih. Namun, ada baiknya kamu untuk meningkatkan pemahamanmu tentang Data Science dengan mengikuti kursus, seperti kursus online. Walau di rumah saja, kamu bisa tetap mendapatkan materi pembelajaran. Terlebih lagi informasi yang tersebar luas di internet mudah didapatkan, akan tetapi masih banyak materi advanced yang hanya bisa kamu dapatkan di lembaga kursus online, seperti di DQLab. Dengan mengakses Module Platinum, selain mendapatkan penawaran eksklusif tentunya kamu juga akan lebih siap menghadapi dunia transformasi digital dengan kompetensi data yang kamu miliki. Apalagi, jika kamu memiliki usaha sendiri, kamu bisa langsung menerapkan strategi Digital Marketing secara mandiri dengan tepat. Tunggu apalagi? Klik tombol di bawah ini untuk menjadi bagian dari DQLab!


Penulis: Salsabila Miftah R

Editor: Annissa Widya Davita


Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!