BELAJAR DATA SERU, AKSES PAKET DATA SCIENCE 6 BULAN 180K!
Diskon Spesial 90% + 50% Belajar Data Science Bersertifikat
DAFTARKAN DIRIMU
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 6 Jam 33 Menit 40 Detik 

Tips Berkarir Data Scientist Meski Tanpa Pengalaman Kerja

Belajar Data Science di Rumah 05-Januari-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/911ce7d4b7406081e6e13af0376e2d8b_x_Thumbnail800.jpg

Di era pemanfaatan big data, peran data scientist cukup signifikan. Data scientist telah ada sejak lama, namun beberapa tahun kebelakang profesi ini mendapat sorotan yang cukup menarik perhatian karena meningkatnya istilah artificial intelligence dan machine learning. Hal ini meningkatkan keingintahuan masyarakat mengenai profesi data scientist dan bagaimana cara menjadi data scientist. Data scientist bekerja dengan data yang relatif besar, pertambahan produksi yang cukup tinggi, serta bervariasi sehingga perlu memiliki skills khusus agar dapat menangani data tersebut. 

Menjadi data scientist tidak mudah karena memerlukan pendidikan dan banyak keterampilan. Namun, bukan berarti seseorang yang "buta" dengan data tidak dapat menjadi data scientist. Di era modern, akses pendidikan tidak lagi sulit. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjadi data scientist. Misalnya, mengikuti kursus data science, mengambil pendidikan formal bidang data science, mengikuti boot camp, bahkan dengan bantuan internet, seseorang bisa mempelajari data science secara mandiri. Untuk menjadi seorang data scientist, ada sifat dan kebiasaan yang harus dipelajari karena menjadi data scientist tidak hanya membutuhkan skill yang mumpuni tetapi juga attitude dan habit yang perlu diperhatikan. Apa saja sifat dan kebiasaan tersebut? Let"s talk about it!

1. Rasa Ingin Tahu yang Tinggi

Karakter "kepo" yang tinggi untuk terus belajar adalah salah satu karakter penting yang harus dimiliki oleh data scientist. Hal ini karena pekerjaan data scientist mengharuskan ia untuk terus menggali informasi bermanfaat yang bisa didapatkan dari kumpulan data. Teknologi khususnya di dunia ilmu pengetahuan terus berkembang bahkan perkembangannya cukup cepat. Di bidang data science, algoritma machine learning, pemrograman, tools analisis data terus berkembang sehingga data scientist perlu memahami hal-hal baru tersebut agar tidak ketinggalan zaman.


Baca juga : 4 Keseharian Data Scientist, Wajib Diketahui untuk Persiapan Karir


2. Terbiasa Memutuskan Prioritas

Data scientist bekerja dengan hal yang kompleks dan penuh dengan skill teknis sehingga mereka harus membuat daftar tugas dan berusaha menentukan pekerjaan mana dulu yang harus diselesaikan. Seorang data scientist harus terbiasa untuk berpikir kritis, memutuskan sesuatu dengan hati-hati dan teliti serta harus bisa menentukan prioritas agar bisa fokus untuk menyelesaikan suatu tugas tanpa mengganggu tugas yang lain. Karena data scientist mendukung banyak tim, maka ia harus bisa menentukan permasalahan mana yang paling urgent untuk segera dicari solusinya menggunakan data yang relevan.


3. Terbiasa Berkomunikasi yang Baik

Data scientist tidak hanya bekerja di depan layar komputer. Mereka harus bersosialisasi dengan tim lain untuk mencari solusi terbaik dalam suatu permasalahan serta mempresentasikan hasil yang didapatkan kepada orang lain. Dengan membiasakan berkomunikasi dan bersosialisasi dengan orang lain, secara tidak langsung seorang data scientist telah melatih diri sendiri untuk berkomunikasi yang baik dengan orang lain. Skill komunikasi ini sangat penting karena di dunia kerja seorang data scientist harus menjelaskan hasil temuannya kepada setiap tim, klien, bahkan dewan direksi yang belum tentu paham teknik dan metodologi pengolahan data.


4. Keinginan untuk Terus Belajar

Memahami pentingnya metodologi adalah hal penting yang perlu ditanamkan dalam diri seorang data scientist. Hal ini karena setiap data yang akan diolah memiliki tujuan masing-masing sehingga metodologi yang digunakan berbeda-beda. Dalam science, metodologi terus berkembang sehingga data scientist harus memiliki keinginan untuk terus belajar agar dapat memahami metodologi baru yang mungkin akan digunakan di waktu mendatang.


Baca Juga : Jangan Salah! Ini dia Perbedaan Data Scientist, Data Analyst & Data Engineer


5. Yuk Mengulik Data Science Bersama DQLab

Data science merupakan kombinasi dari teori dan praktik sehingga seorang data scientist harus memahami berbagai teori statistika, machine learning, artificial intelligence, serta memahami bagaimana cara penggunaannya. Agar bisa menggunakan teori tersebut dengan tepat, calon data scientist harus banyak berlatih menggunakan algoritma pada tools data science. Semakin banyak berlatih, maka keterampilan praktik akan semakin meningkat. 

Yuk berlatih bersama DQLab! DQLab memiliki berbagai modul data science yang dilengkapi dengan live code editor sehingga kita bisa praktek langsung  menggunakan data yang mencerminkan data real di dunia industri. Klik button di bawah ini atau sign up disini untuk menikmati modul gratis "Introduce to Data Science" serta fasilitas penunjang belajar lainnya. Selamat belajar!


Penulis: Galuh Nurvinda K

Editor: Annissa Widya Davita


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :