TEBUS HOKI! BELI 1 GRATIS 1
Belajar Data 6 BULAN GRATIS 6 BULAN hanya Rp180K!

0 Hari 11 Jam 31 Menit 3 Detik

Tips Grafik Excel: Lebih dari Sekadar Diagram Batang

Belajar Data Science di Rumah 11-September-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-rabu-08-2023-09-12-134446_x_Thumbnail800.jpg

Microsoft Excel adalah salah satu tools yang banyak digunakan oleh praktisi data. Tidak hanya bermanfaat dalam proses analisis data saja, namun Excel juga sangat mampu untuk membuat grafik.


Proses pengolahan data tidak akan jauh-jauh dari penggunaan grafik, karena dengan adanya grafik bisa membuat data lebih mudah dipahami, sehingga meski tidak dijelaskan secara detail pun, orang-orang tetap bisa memahami maksudnya. Tentu saja dengan catatan bahwa istilah yang digunakan sudah disepakati bersama.


Berbicara tentang visualisasi data, selama ini kita seringkali melihat hanya beberapa grafik saja yang digunakan dalam membuat visualisasi data, misalnya grafik batang, garis, atau pie chart yang umum digunakan.


Padahal Excel memiliki kemampuan yang jauh lebih hebat untuk menciptakan grafik yang unik dan menarik. Sehingga dalam artikel ini, kita akan menjelajahi beberapa grafik unik dan menarik serta cara untuk membuatnya dengan menggunakan Excel. Yuk, simak pembahasannya!


1. Grafik Radar: Visualisasi Multi-Dimensi

Excel

Pict by: Extend Office


Grafik pertama yang bisa dicoba adalah grafik radar. Grafik ini bisa menjadi pilihan yang cukup menarik saat kita ingin membandingkan beberapa variabel dalam beberapa kategori. Grafik ini terdiri dari sejumlah sumbu yang menyebar seperti jaring laba-laba.


Kita bisa membuat grafik radar di Excel dengan cara berikut:

- Pilih data yang ingin divisualisasikan.

- Pilih "Insert" dan kemudian "Radar Chart" untuk memilih tipe grafik ini.

- Excel akan membuat grafik radar dasar yang dapat kita atur (kustomisasi) lebih lanjut, seperti memberikan nama sumbu, memberikan nama label atau mengganti warna.


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


 2. Grafik Heatmap: Tampilkan Data dalam Warna

Excel

Pict by : Extend Office


Grafik heatmap juga bisa menjadi salah satu pilihan untuk menampilkan data dalam bentuk warna. Dengan menggunakan grafik ini, kita bisa melihat pola dan trend yang terkandung dalam data yang kompleks dengan cepat.


Berikut adalah cara membuat grafik heatmap:

- Susun data yang akan digunakan dalam format tabel dengan baris dan kolom.

- Highlight data yang ingin digunakan dengan cara melakukan blok di cell yang berisi data.

- Pilih "Conditional Formatting" di tab "Home," kemudian pilih "Color Scales." Nantinya, kita bisa memilih berbagai skema warna.


3. Grafik Peta: Lokasi Data dalam Peta Interaktif

Excel

Pict by: Microsoft Support


Bentuk visualisasi unik selanjutnya adalah visualisasi yang berkaitan dengan lokasi geografis. Dengan tersedianya data geografis (adanya koordinat lokasi) tersebut, maka kita bisa dengan mudah untuk membuat grafik peta interaktif dalam Excel.


Berikut adalah langkah-langkahnya:

- Pilih data yang memuat koordinat geografis, seperti lintang dan bujur.

- Pilih "Insert" dan kemudian "3D Map" (tergantung pada versi Excel yang kita miliki). Ini akan membuka "Power Map" di Excel.

- kita dapat menyesuaikan tampilan peta, mengimpor data, serta membuat animasi perjalanan melalui data geografis yang kita miliki.


4. Grafik Gantt: Rencanakan Proyek Anda dengan Gaya

Excel

Pict by : Vizzlo


Grafik unik yang cukup jarang digunakan si Excel adalah grafik Gantt. Padahal grafik ini bisa menjadi tools yang bagus untuk merencanakan dan mengelola proyek. Nantinya setiap rencana atau jadwal bisa digambarkan dengan tampilan bar horizontal. Setiap bar akan menggambarkan durasi dari setiap rencana atau jadwal tersebut.


Berikut ini adalah tahapan dalam membuat grafik tersebut:

- Buat tabel dengan kolom untuk tugas, tanggal mulai, dan durasi.

- Pilih data yang sudah disiapkan terbut, kemudian pilih "Insert" dan "Bar Chart." Selanjutnya pilih "Stacked Bar."


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with Excel


Dengan memanfaatkan kreativitas, kita bisa membuat grafik yang unik namun tetap mampu mengkomunikasikan data kita dengan lebih baik. Excel sendiri merupakan tools yang jauh lebih hebat dari yang pernah kita bayangkan. Oleh karenanya, kita bisa memanfaatkan Excel untuk membuat grafik yang bisa menarik perhatian para audiens.


Tertarik untuk belajar Excel lebih lanjut? Kamu bisa mengakses modul Excel di DQLab dengan cara membeli modul Platinum Excel. Selain program tersebut, DQLab juga kerap kali mengadakan Bootcamp Data Analyst with Excel yang sangat cocok bagi pemula.


DQLab merupakan platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur Chat GPT.  Selain itu DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula.

 

Yuk sign up di DQLab untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih menarik. Daftar sekarang dan kejar impianmu untuk menjadi Data Analyst!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri

Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :