[LAST DAY] MAU PUNYA SKILL DATA SCIENCE YANG AMAYZING?
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 150K  | Pakai Kode: AMAYZING
BURUAN SERBU!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 0 Jam 56 Menit 47 Detik 

Tips Jitu Memulai Karir Sebagai Data Analyst Versi DQLab

Belajar Data Science di Rumah 12-Oktober-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/8d077fb8983338cc00f92e76b302e2be_x_Thumbnail800.png

Cara menjadi Data Analyst di zaman yang serba digital seperti sekarang tentunya sering menjadi pertanyaan teman-teman yang ingin berkarir menjadi ahli data khususnya seorang Data Analyst. Semakin meningkatnya kebutuhan perusahaan ataupun startup akan Data Analyst menyebabkan pekerjaan ini semakin dilirik dan bersinar setiap tahunnya.


Data Analyst tidak hanya menjadi profesi yang terbuka bagi orang-orang yang memiliki background pendidikan IT maupun Teknik. Setiap orang memiliki peluang yang sama untuk menjadi ahli di bidang ini, asalkan konsisten dan terus mau meng-upgrade dirinya agar dapat meningkat value nya


Jika kamu tertarik memulai karir sebagai Data Analyst, DQLab punya tips jitu yang bisa sahabat data ikuti! Yuk, langsung simak penjelasan berikut!


1. Kenali Role Data Analyst

Langkah paling awal yang harus kamu lakukan untuk memulai karir menjadi Data Analyst adalah memahami peran dan tugas profesi ini. Data Analyst merupakan pekerjaan yang berhubungan dengan berbagai jenis data serta memiliki peran dalam mengolah, mengambil kesimpulan dan memvisualisasikan data tersebut. Data yang sudah diterjemahkan akan diolah menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk membantu terjadinya proses pengolahan serta manajemen data perusahaan. Pastikan untuk mengenali dan memahami role profesi ini ya sahabat data!


Baca juga : Kenali Perbedaan Data Scientist, Data Analyst dan Data Engineer


2. Pahami dan Kuasai Skill yang Dibutuhkan

Ada beberapa skill Data Analyst yang sangat dibutuhkan oleh berbagai industri seperti Query Database SQL, yang membantu untuk memastikan informasi mudah ditarik atas permintaan dan dianalisis dengan benar serta sangat berguna untuk membantu dalam mengelola kumpulan data dengan volume yang besar. Kemudian, bahasa pemrograman statistik seperti SQL, R dan Python, berbagai jenis alat visualisasi data, seperti d3.js dan ggplot serta komunikasi yang baik.


Tenang aja sahabat data, kamu bisa mempelajari skill-skill tersebut melalui berbagai layanan gratis atau mengikuti kursus online seperti DQLab!


3. Bangun Portfolio Data dan Dapatkan Sertifikasi dan 

Sahabat data, portfolio menjadi salah satu hal yang sangat dibutuhkan untuk melamar kerja karena bisa memberikan suatu pertimbangan bagi perusahaan untuk menilai kamu dari segi skill serta pengalaman. Setelah mempelajari modul DQLab, kamu bisa membangun portfolio data yang berasal dari hasil pengaplikasian belajar tersebut. Ada berbagai project yang tersedia di DQLab, kamu dapat membangun portofolio data sebagai salah satu bentuk representasi project real case industry.


Selain itu, agar kemampuan analisis data kamu semakin dilirik oleh banyak perusahaan, kamu bisa mengikuti program belajar yang memberikan sertifikasi. Sertifikasi tersebut dapat menjadi bukti kemampuan dan keterampilan kamu untuk menjadi Data Analyst yang kompeten. 


4. Perbanyak Relasi!

Tidak kalah penting dari tips-tips sebelumnya, memperbanyak pengalaman dan relasi bisa menjadi salah satu langkah yang tepat untuk membantu sahabat data memulai karir sebagai Data Analyst Mengikuti berbagai kursus, pelatihan, workshop hingga seminar dapat membantu sahabat data membangun relasi dengan sesama data enthusiast serta mendapatkan berbagai informasi dari mereka loh! 


Relasi yang kamu bangun bisa jadi menghantarkan diri kamu untuk lebih dekat dengan karir impianmu sebagai Data Analyst!


Baca juga : Data Analyst vs Data Scientist, Yuk Kenali Perbedaannya 


5. Belajar Data Science dan dapatkan Sertifikat Gratis!

Bagi sahabat data DQLab yang tidak memiliki latar belakang pendidikan Science, Technology, Engineering, Math (STEM) tidak perlu takut untuk belajar ilmu Data Science karena terdapat berbagai program data DQLab untuk pemula yang bisa kamu ikuti. Jadi, kamu tetap bisa belajar dan bersaing dengan mereka yang lebih dulu memiliki background atau memiliki bekal Data Science.


Yuk, belajar Data Science bersama  DQLab dengan cara sign up di DQLab.id. Kamu bisa langsung nikmati pengalaman belajar Data Science dengan modul gratis secara praktis dan fleksibel!

Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!