Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

Tips Jitu Percepat Jenjang Karir Data Analyst

Belajar Data Science di Rumah 05-Januari-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/8ee29d604dd6d8f1df7f2fae098d43f9_x_Thumbnail800.jpeg

Profesi data analyst semakin diminati karena digitalisasi yang berkembang pesat. Profesi ini membantu sebuah perusahaan untuk mendapatkan keputusan yang lebih tepat karena didasarkan pada data. Banyak yang telah mengetahui bahwa menjadi seorang data analyst tidak harus memiliki latar belakang pendidikan khusus. Selama memiliki skill yang mumpuni dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan, siapapun berkesempatan untuk menjadi data analyst.


Data analyst juga memiliki jenjang karir yang cukup cemerlang. Tidak hanya berhenti sebagai data analyst, dengan peningkatan kemampuan baik secara hard skill maupun soft skill, kalian juga akan dapat menapaki jenjang karir data analyst lainnya. Bagaimana cara mempercepat jenjang karir data analyst? Apa saja yang perlu dipersiapkan? Nah berikut tips yang bisa kalian lakukan agar menapaki jenjang data analyst dalam waktu singkat.


1. Apa Saja Jenjang Karir Data Analyst?

Data Analyst

Tingkatan dalam data analyst antara lain data analyst entry level, data analyst junior, data analyst senior, data scientist sampai head of data. Tentunya menapaki jenjang untuk menjadi seorang Data analyst memerlukan kompetensi dasar yang perlu dipersiapkan. Kamu harus memiliki hard skill dan soft skill tertentu yang dapat membantu kamu dalam mengerjakan tugas-tugas yang diberikan. Berikut pembahasan masing-masing posisi data analyst.

  • Data analyst entry level.  Bertanggung jawab untuk mengumpulkan data yang akurat, reliabel dan didapatkan dari sumber yang terpercaya. Selain itu pada posisi ini data analyst perlu melakukan cleaning data untuk menghindari adanya kesalahan dalam interpretasi, analisis dan pengambilan keputusan yang terdapat pada data.

  • Junior data analyst. Tanggung jawabnya antara lain membantu perusahaan untuk menetapkan kebijakan dan pengambilan keputusan berdasarkan data dan informasi yang baik, mengidentifikasi pola, membuat visualisasi data dan dashboard, melakukan analisis bisnis, forecasting dan prediktif untuk melihat tren dan perkiraan suatu data.

  • Senior data analyst. Senior data analyst sebagai penghubung antara team manajer ataupun kepala divisi terkait dengan stakeholder untuk pengambilan keputusan proses bisnis. Sebagai seorang senior data analyst maka dia akan bertanggung jawab untuk menghasilkan solusi bisnis yang efisien sebagai masukan dalam meningkatkan alur kerja organisasi.

  • Data analyst manager. Adapun tugas-tugasnya yaitu membangun dan mengembangkan model data, sistem otomatisasi data, metrik kinerja dan sistem pelaporan, merancang proses teknis untuk menangani masalah bisnis, mengawasi penyampaian wawasan dan laporan yang digunakan untuk menganalisis fungsi bisnis dan metrik kinerja, dan mengkomunikasikan dampak dan hasil bisnis dari wawasan kepada pemangku kepentingan internal dan eksternal.


2. Tips Pertama: Peka Terhadap Isu Terkini Di Perusahaan

Data Analyst

Langkah pertama yang bisa kalian lakukan untuk mempercepat jenjang karir adalah memiliki kemampuan berpikir kritis dan peka terhadap kondisi perusahaan. Ada kalanya membantu di luar tanggung jawab yang dimiliki akan menambah nilai atau pandangan perusahaan atas kinerjamu. Jika memang terdapat permasalahan yang bisa diselesaikan secara data analitik, maka kalian bisa menginisiasi solusi. Misal, perusahaan belum memiliki dashboard untuk melihat kondisi penjualan. 


Jika kalian memiliki pemahaman yang kuat tentang visualisasi data, kalian bisa mengajukan solusi pembuatan dashboard sederhana. Contoh lainnya, jika kalian memiliki solusi lain untuk meningkatkan penjualan produk, kalian bisa sampaikan dengan alasan yang kuat. Semakin kalian berperan dan mengambil inisiatif dalam sebuah perusahaan, besar kemungkinan kalian akan menjadi kandidat untuk menduduki posisi yang lebih tinggi dan menjanjikan.


Baca juga : Kenali Perbedaan Data Scientist, Data Analyst dan Data Engineer


3. Tips Kedua: Meningkatkan Hard Skill Data Analyst

Data Analyst

Ini sudah pasti dibutuhkan untuk mempercepat jenjang karir seorang data analyst. Jika kalian di posisi junior data analyst, tanggung jawab yang diberikan tentunya masih terbatas dan mendasar. Jika kalian meningkatkan hard skill, tentunya akan membantu untuk mendapatkan posisi yang lebih tinggi dalam waktu singkat. 


Biasanya pada posisi senior data analyst, kalian akan lebih banyak berkolaborasi dengan tim data lain. Sehingga dibutuhkan pemahaman yang lebih mendalam dalam pengolahan data dan cara menyajikannya menjadi informasi yang bermakna. Bahkan karena ilmu data berkembang secara pesat, kalian juga perlu update terhadap tools yang semakin canggih. Ini akan mempermudah dan mengefisienkan waktu kalian untuk mengolah data. 


Selain itu, jika kalian ingin menempati posisi data scientist, kemampuan kalian terkait machine learning juga sangat penting. Beragam algoritma digunakan untuk kasus-kasus tertentu. Jika tidak memiliki pemahaman yang kuat, ini akan berpengaruh pada hasil analisis yang bisa jadi keliru. Dimana dampaknya akan mempengaruhi pada informasi yang kurang valid sehingga keputusan yang dibuat kurang tepat.


4. Tips Ketiga: Mengasah Kemampuan Berkomunikasi dan Manajemen

Data Analyst

Seorang data analyst akan bekerja sama dengan tim lainnya di perusahaan seperti data engineer dan data scientist. Tidak hanya tim yang masih dalam satu rumpun ilmu, data analyst juga akan berhadapan dengan divisi lain seperti marketing, purchasing, strategi bisnis, dan lainnya. 


Keputusan-keputusan yang diambil oleh perusahaan tentu harus berdasarkan data agar berpengaruh dalam bisnis untuk semakin maju dan mampu bersaing dengan kompetitornya. Kemampuan komunikasi yang baik harus dimiliki oleh data analyst karena akan bertugas menganalisis untuk menemukan informasi yang berguna. Data analyst harus mampu memaparkan hasil analisisnya agar mudah dipahami oleh pihak lain serta dapat menyampaikan insight yang dapat menjadi pertimbangan perusahaan. 


Baca juga : Data Analyst vs Data Scientist, Yuk Kenali Perbedaannya 


5. Tips Keempat: Meningkatkan Pemahaman Bisnis

Data Analyst

Pada dasarnya, ini bukan merupakan skill yang wajib dimiliki data analyst. Namun dengan memiliki wawasan yang luas tentang ilmu bisnis, data analyst dapat lebih mudah menggali data yang relevan terkait kebutuhan bisnis. Pemahaman terkait ilmu bisnis bisa mempermudah komunikasi antara data analyst dengan pihak manajer saat membahas relevansi hasil analisis dengan tujuan bisnis.


Pemahaman kalian terhadap ilmu bisnis akan membantu mendapatkan lebih banyak solusi dengan sudut pandang yang berbeda berkaitan dengan permasalahan yang sedang dihadapi. Dengan meningkatkan pemahaman bisnis, akan memperbesar peluang kalian untuk mendapatkan jenjang karir yang lebih tinggi karena umumnya posisi manajerial tidak lagi berhadapan dengan pengolahan data, namun aktif memberikan inisiatif dan solusi berkaitan dengan tujuan bisnis. Kalian akan lebih banyak diskusi untuk mempertahankan perusahaan di pasar dan untuk menghadirkan inovasi baru yang diterima oleh pelanggan.


Ternyata jenjang karir data analyst cukup cemerlang untuk ke depannya ya Sahabat DQ? Pekerjaan ini memang menjanjikan terlebih transformasi era digital semakin berkembang dengan pesat. Sehingga tidak ada alasan lain bagi kalian untuk menunda keinginan menjadi seorang data analyst. Kalian perlu menyiapkan diri dari sekarang. DQLab dapat menjadi solusi untuk platform belajar kalian. Banyak keunggulan yang DQLab miliki sehingga menjadikan proses pembelajaran kalian menyenangkan.

  • Modul pembelajaran yang lengkap dan mudah dipahami.

  • Terdiri dari materi dasar sampai beragam kasus untuk diselesaikan.

  • Dilengkapi Live Code Editor sehingga praktis untuk belajar coding tanpa aplikasi bantuan.

  • Ada modul gratis yang bisa dicoba untuk mengetahui metode pembelajaran di DQLab.

  • Belajar bersama dengan komunitas dan mentor yang suportif.


Yuk segera daftarkan diri kalian dengan Sign Up di DQLab. Siapkan diri kalian menjadi data analyst yang sukses di masa depan!


Penulis : Dita Feby 

Editor : Annissa Widya 




Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login