Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, dan Excel GRATIS
 SIGN UP  

Tips Memilih Kursus Data Science Sesuai Passion

Belajar Data Science di Rumah 08-September-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/08769736ea10e7656eec27a322c6727f_x_Thumbnail800.jpg

Data science adalah kombinasi dari tiga bidang utama, yaitu statistik, pemrograman komputer, dan matematika yang digunakan untuk berbagai bidang, salah satunya adalah untuk melakukan perhitungan matematis dan analisis data untuk tujuan tertentu. Saat ini istilah data science sangat booming karena dianggap menjadi ‘masa depan’ ilmu pengetahuan yang dapat memberikan solusi yang efektif di berbagai bidang industri. Selain itu, data science juga dianggap memiliki prospek karir yang baik karena diprediksi ilmu pengetahuan ini akan terus dikembangkan dan akan banyak dibutuhkan di masa mendatang. Tak heran jika saat ini minat belajar data science terus meningkat secara signifikan. Salah satu cara belajar yang banyak dipilih adalah dengan mengikuti kursus data science.


Namun, sebelum mengikuti kursus apapun, penting bagi kita untuk banyak membaca dan mencari informasi mengenai berbagai kursus data science. Apa tujuan kita mengikuti kursus data science, apa kelebihan dan kekurangan setiap kursus data science, hasil akhir apa yang ingin kita capai, dan lain sebagainya. Informasi ini bisa kita peroleh dari website kursus data science atau dari testimoni orang lain. Di Indonesia sendiri, kursus data science sudah mulai menjamur dan menawarkan berbagai program sesuai profesi yang diinginkan, mulai dari data scientist, data analyst, data engineer, bahkan business analyst. Oleh karena itu, kita harus tahu kursus mana yang cocok sesuai passion kita. Pada artikel kali ini DQLab akan memberikan beberapa tips yang bisa membantu kita dalam menentukan kursus data science sesuai minat dan passion kita. Jadi tunggu apa lagi? Yuk simak artikel ini sampai akhir!


1. Mengidentifikasi Alasan Belajar Data Science

Pertama, kita harus tahu apa alasan kita dalam mempelajari data science. Misalnya, apakah tujuan kita belajar data science untuk menjadi data scientist, ataukah untuk memaksimalkan analisis data agar pekerjaan lebih efisien. Dengan mengetahui alasan tersebut kita akan lebih mudah untuk memutuskan kursus data science yang cocok seperti metode belajar online atau offline, tools yang perlu kita dalami, serta keterampilan apa yang harus kita pelajari sesuai kebutuhan kita.


Baca juga : Belajar Data Science Secara Otodidak? Berikut langkah-langkahnya!


2. Mengidentifikasi Apa yang Ingin Dicapai

Belajar tanpa arah dan tujuan adalah belajar yang keliru karena motivasi belajar yang dibangun akan lebih mudah runtuh. Oleh karena itu, sebelum mendalami data science, kita harus mengetahui masalah apa yang sedang akan kita selesaikan atau bidang apa yang ingin kita tekuni. Apakah masalah tersebut dapat diselesaikan dengan data science?. Setelah memahami capaian yang ingin diraih, kita dapat memutuskan bagian data science mana yang harus kita pelajari karena pada dasarnya cakupan data science sangat luas. Dengan begitu, kita akan lebih mudah untuk memutuskan program belajar dan materi apa yang sesuai untuk mendukung capaian yang akan kita raih.


3. Jangan Bosan untuk Mengeksplorasi

Platform belajar yang tepat akan membantu kita dalam proses belajar. Oleh karena itu, kita harus banyak-banyak mencari informasi mengenai berbagai platform belajar data science. Setelah mengetahui tujuan kita dalam belajar data science, maka kita harus mulai menyeleksi platform belajar yang cocok untuk kita. Pencarian platform belajar ini cukup tricky karena ada berbagai pertimbangan seperti waktu belajar, benefit, program, hingga biaya. Semakin banyak informasi yang kita dapat, maka aspek pembandingnya akan semakin spesifik.


4. Baca Penjelasan Kursus Data Science secara Detail

Terakhir, sebelum kita mengikuti kursus data science, kita harus membaca dengan seksama deskripsi kursus data science untuk mencocokan personal kita dengan program belajar yang akan kita ikuti. Beberapa aspek yang harus diperhatikan adalah sumber daya pengajar, sumber buku panduan yang digunakan, fasilitas pendukung, waktu belajar, hingga biaya belajar. Aspek tersebut harus dipertimbangkan karena akan sangat berpengaruh pada program belajar kita.


Baca juga : Mulai Belajar Data Science GRATIS bersama DQLab selama 1 Bulan Sekarang!


5. Belajar Data Science Bersama DQLab

DQLab merupakan kursus data science yang banyak direkomendasikan oleh profesional di bidang data. DQLab memiliki berbagai program belajar yang affordable dan ramah di kantong. Dengan modul interaktif yang dilengkapi dengan live code, kita tidak perlu menginstall software tambahan sehingga kita bisa fokus pada materi yang sedang dipelajari. Semua modul disusun oleh profesional di bidang data science dan terstruktur sesuai level pemahaman kita. DQLab juga menawarkan berbagai fasilitas pendukung seperti challenge, sharing session, hingga job connector yang akan menghubungkan kita dengan recruiter. Yuk bergabung dengan DQLab! Klik button di bawah ini dan nikmati modul ‘Introduce to Data Science’ sebagai langkah awal untuk belajar data science.


Penulis: Galuh Nurvinda K

Editor: Annissa Widya Davita


Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!