GEBYAR DISKON 95%+10%! KEJUTAN SPESIAL KEMERDEKAAN
Belajar Data Science 6 Bulan Bareng Ahli Bersertifikat hanya Rp. 170K 
BURUAN AMBIL
Pendaftaran ditutup dalam 2 Hari 7 Jam 39 Menit 35 Detik 

Tips Memilih Metode Statistik yang Tepat

Belajar Data Science di Rumah 02-November-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/9ce778e07bbd2536d211ab65da5b29d3_x_Thumbnail800.png

Halo Sahabat Data DQLab! Kalian pernah mendengar istilah statistik bukan? Mungkin sebagian besar dari kita sudah tidak asing lagi dengan istilah ini ya. Statistik merupakan kumpulan angka serta data atau informasi. Ilmu yang mempelajari tentang statistik disebut dengan statistika. Saat ini secara sadar dan tidak sadar statistik ada dimana mana dan telah diterapkan di berbagai bidang menggunakan metode statistik yang sesuai. Kenapa harus sesuai? Jawabannya tentu saja kita harus menggunakan metode statistik yang sesuai agar hasil analisis kita bisa valid dan akurat sehingga mendapatkan kesimpulan sesuai dengan tujuan penelitian kita.


Metode statistik merupakan salah satu bagian penting dalam penelitian. Hal ini dikarenakan jika penggunaan metode tidak sesuai dengan jenis data maka hasil analisis bisa jauh dari yang diinginkan bahkan bisa sampai tidak dapat dianalisis. Terdapat beberapa hal terkait metode statistik serta alasan diperlukannya metode statistik dalam penelitian. Selain itu kita juga perlu mengetahui tips memilih metode statistik yang tepat. Mau tau semua itu? Yuk, kita cari tahu bersama DQLab!


1. Pengertian Metode Statistik

Setelah beberapa bagian di atas kita sering mendengar istilah metode statistik, kita perlu mengetahui terlebih dahulu pengertian dari metode statistik. Metode statistik merupakan suatu langkah atau prosedur yang dilakukan secara bertahap mulai dari pengumpulan data, penggabungan data, pembersihan data, penerapan metode statistik dan sampai interpretasi data. Hal ini lah yang menjadi dasar bahwa metode statistik merupakan bagian penting dari penelitian dikarenakan inti pemecahan masalah data menggunakan metode tersebut.


Baca juga : Pengolahan Data Statistik Parametrik dan Non-Parametrik


2. Macam Metode Statistik

Sesuai dengan yang dijelaskan sebelumnya bahwa diperlukan metode statistik yang tepat untuk hasil yang maksimal. Metode statistik yang akan digunakan harus disesuaikan dengan jenis data yang digunakan Jika jenis data kuantitatif, maka metode yang digunakan adalah metode kuantitatif seperti analisis regresi, analisis deskriptif, dan masih banyak lainnya. Begitu pula halnya jika yang digunakan adalah jenis data kualitatif maka metode yang digunakan adalah metode kualitatif seperti analisis konten, analisis wacana, dll.


3. Tips Memilih Metode Statistik

Berdasarkan pembagian metode statistik yang sesuai dengan jenis data, kita perlu memilih kembali apa metode statistik yang tepat untuk data. Terdapat beberapa tips untuk membantu kita dalam memilih metode statistik, antara lain:

  1. Memperhatikan kata kunci atau keyword. Untuk memudahkan proses analisis maka diperlukan keyword dalam penelitian, antara lain seperti œhubungan, œanalisis, œpengaruh, œperbandingan, dll.

  2. Memperhatikan jumlah variabel. Untuk menentukan metode yang digunakan kita perlu mengetahui jumlah variabel terikat dan variabel bebasnya.

  3. Memperhatikan skala pengukuran


4. Manfaat Metode Statistik

Jika sebelumnya kita telah mengetahui beberapa tips atau hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan sebelum memilih metode yang tepat, maka kita juga akan mengenali beberapa manfaat metode statistik yang telah dirasakan oleh para peneliti, yaitu:

  1. Dapat melakukan generalisasi terhadap hasil penelitian sehingga dapat diambil kesimpulan secara luas

  2. Dapat dilihat secara visual

  3. Proses identifikasi lebih andal

  4. Hasil analisis dapat memberikan insight baru kepada peneliti

  5. Dapat membantu penyelesaian masalah data, dll


Baca juga : Yuk Pelajari Macam-Macam Metode Analisis Statistika


5. Coba Yuk, Belajar Statistik di DQLab!

Statistik dapat kita pelajari dimana saja baik itu secara teori maupun praktik. Tapi, di DQLab , kita bisa mencoba keduanya sekaligus. Selain mendapatkan teori kita juga belajar secara live code serta memecahkan beberapa contoh kasus. Selain itu kita juga bisa membuat portofolio dan mendapatkan sertifikat dari hasil belajar kita. Mau tau caranya? Langsung aja coba DQLab.id/signup dan tentunya ada modul gratis loh di DQLab serta dilengkapi dengan bahasa pemrograman penunjang lainnya seperti Python, R, dan SQL.


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :