Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, dan Excel GRATIS
 SIGN UP  

Tips Memulai Karirmu di Bidang Data Science Versi Praktisi Data Industri

Belajar Data Science di Rumah 07-September-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/6688e02bdbcb2a48a8a3d3198ad5d709_x_Thumbnail800.jpg

Memiliki profesi di bidang data science adalah mimpi banyak orang saat ini. Era transformasi digital yang memudahkan penyebaran informasi, membuat banyak data tersebar luas di jagat maya. Dalam lingkup bisnis, data sangat berpengaruh terhadap kemajuan bisnis perusahaan. Tak heran kini perusahaan mencari bibit unggul untuk dapat mengelola data sebaik mungkin untuk kemudian dijadikan sebuah informasi atau insight baru yang berguna. Apalagi saat ini jumlah sumber daya manusia yang ada belum mencukupi kebutuhan. Artinya, kesempatan untuk bisa berkarir di industri data masih terbilang besar.

 

Memulai karir di bidang data science memang memerlukan tekad dan keseriusan belajar yang tinggi. Terlebih, jika kamu belum pernah memiliki bekal ilmu data science sebelumnya di pendidikan formal. Tapi tidak perlu khawatir, sebab data science dapat dipelajari oleh siapa pun dengan ragam latar belakang pendidikan yang dimiliki. Kali ini, DQLab akan memberikan sejumlah tips sukses memulai karir industri data. Tak main-main, tips berikut langsung diberikan oleh member DQLab yang kini memiliki karir cemerlang di dunia data science. Yuk, kita simak selengkapnya! 


1. Data Scientist

Rony Fahrudin yang merupakan Data Scientist Innovats Solutions, mengatakan ada beberapa hal yang perlu ditanamkan di dalam diri kamu untuk bisa memulai karir di bidang data. Hal pertama yang dibutuhkan adalah membangun perasaan kepo dalam hal positif. Artinya, jangan pernah puas terhadap apa yang sudah kamu pelajari. Dengan rasa ingin tahu yang tinggi akan memancingmu untuk selalu mencari tahu informasi terbaru dan tidak ingin ketinggalan segala informasi. Lalu, imbangkan perasaan ingin tahu itu dengan mulai membangun sejumlah portofolio data sesuai dengan posisi yang kamu inginkan. Melalui portofolio, perusahaan bisa melihat kemampuanmu secara garis besar. Yang terakhir adalah terus melatih kemampuanmu dengan membuat narasi atau rangkuman, agar skill komunikasimu semakin terasah.


Baca juga : Belajar Data Science Tapi Tidak Berasal dari Background STEM, Kenapa Tidak?


2. Data Engineer 

Bagi Jeffry August, Data Engineer Xeratic memiliki kepercayaan diri adalah modal utama untuk bisa sukses dalam meraih karirmu. Pria yang kini berprofesi sebagai data enggineer ini menganggap dengan kepercayaan diri, seseorang bisa dengan leluasa untuk mengembangkan kemampuan di dalam dirinya. Selain itu, dengan rasa percaya diri yang kamu miliki juga bisa membuatmu tampil elegan di depan banyak orang. Dengan kata lain, kamu percaya dan yakin terhadap kemampuanmu di bidang data science. Sebaliknya, dengan tingkat percaya diri yang rendah akan membuatmu merasa tidak memiliki apa-apa. Hal ini tentu akan membatasi dirimu untuk bisa bergerak bebas.


3. Data Analyst 

Jika Jeffry mengatakan rasa kepercayaan diri adalah modal utama untuk memulai karir di bidang data science, lain halnya dengan apa yang dikatakan perempuan yang satu ini. Yunika Laurensia, Data Analyst E-commerce mengungkapkan, dalam proses belajar jangan pernah untuk takut salah. Sebab baginya kesalahan adalah salah satu bentuk pembelajaran yang baik. Dengan kesalahan, kamu bisa mengetahui apa yang seharusnya tidak dilakukan di kemudian hari. Dengan begitu, kamu akan lebih berhati-hati lagi dalam mengambil suatu langkah. Bahkan, trial and error adalah hal yang wajar dalam dunia data science. Jadi, semangat terus ya, Sobat Data!


Baca juga : Bermodal Kompetensi Data Cleansing, Rahmat Buktikan Dirinya Berhasil Berkarir sebagai Data Analyst di Era Pandemi


4. Business Analyst 

Satu lagi nih, Sahabat Data DQLab, pesan dari member DQLab yang kini berprofesi di Anabatic sebagai business analyst. Nurul mengatakan untuk tetap fokus dan jangan pernah menyerah apapun yang kamu alami. Sebab, untuk bisa mencapai apa yang kamu inginkan memerlukan sebuah proses. Dan dalam perjalanannya tentu kamu akan menghadapi segala rintangan. Tak jarang, godaan untuk berhenti di tengah jalan mengahampirimu. Untuk itu agar selalu fokus dan jangan pernah terganggu.


“Mempelajari data science tidak melulu harus langsung ke hal yang besar. Fokuskan dirimu untuk mulai belajar dari dasar dan jangan menyerah di tengah proses. Data science akan terus berkembang dan kita harus siap menghadapi perubahan tersebut,” kata Nurul.


5. Kini, Waktunya Kamu Ikuti Tipsnya dan Mulai Belajar Data Science bersama DQLab!

Gimana, kamu sudah tahu kan tips apa saja yang perlu kamu lakukan untuk memulai karir di bidang data science? Dari beragam profesi yang ada, kira-kira apa yang kamu pilih? Apapun itu, yang terpenting adalah kemauanmu untuk terus belajar. Bersama DQLab, kamu bisa mulai belajar data science secara bertahap, mulai dari yang dasar hingga ke tingkat lanjut. Metode kursus online yang dilengkapi dengan fitur Live Code Editor akan memudahkanmu dalam proses pembelajaran. Materi yang disampaikan akan dikemas dalam bentuk modul yang bisa kamu akses secara gratis di sini. Nantinya, juga akan ada para mentor yang siap melayanimu selama proses pembelajaran, baik dalam tanya jawab atau sharing pengalaman di industri data. Yuk, saatnya kamu bergabung di DQLab!

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!